7 Hal Mendasar Penyebab Jomblo Dan Solusi Tepat MenanganinyaPenyebab Jomblo. Jomblo?? Adalah istilah yang membuat mental dan kepercayaan diri bagi sebagian orang menjadi down. Bahkan kata “jomblo” saja bisa membuat mood seseorang berubah drastis dan merasa dirinya adalah makhluk yang selalu diselimuti dengan kesendirian. Beberapa orang sering bertanya dalam hati, kenapa saya tidak punya pacar?? Apakah ini kutukan?? Apakah ini karma?? dan berjuta-juta pertanyaan dan spekulasi negatif terus bermunculan di fikiran.

Kita sebut saja istilah bagi orang yang menyandang status jomblo menjadi jomblowers. Banyak dari sebagian jomblowers tidak menyadari akan hal – hal apa saja yang membuat dirinya tidak bisa mendapatkan pasangan, tetapi juga ada loh jomblowers yang sudah menyadarinya tetapi tetap saja tidak bisa mendapatkan pasangan. Sebenarnya apa saja sih hal yang paling mendasar yang membuat status jomblo itu akan terus melekat pada diri kita? Yuk kita perhatikan penyebab jomblo itu awet:

  1. Kurang Percaya Diri

7 Hal Mendasar Penyebab Jomblo Dan Solusi Tepat Menanganinya

Poin ini adalah poin paling wahid mengapa status jomblo anda masih melekat. Setiap pikiran yang ada pada dirinya adalah tentang kekurangan – kekurangan yang dia miliki. Setiap bertemu dengan lawan jenis akan merasa malu yang berlebihan, bahkan tidak berani untuk berbicara dan menatap wajah secara langsung. Melihat orang yang disuka dari kejauhan, dan mencintainya dalam diam. Lawan jenis yang berinteraksi dengan anda akan merasa bahwa anda itu adalah orang yang aneh dan tidak bisa di ajak berbicara secara santai dan nyaman. Padahal untuk mendapatkan pasangan yang baik adalah dengan merasakan kenyamanan baik dalam berbicara dan berbagi cerita. Jangan terlalu merendahkan diri sendiri dalam artian hanya melihat kekurangan diri dan melupakan berjuta – juta kelebihan yang dimiliki. Terkadang kita hanya melihat kekurangan yang ada dalam diri kita, padahal ada banyak kelebihan yang bisa kita manfaatkan dan tonjolkan untuk menumbuhkan kepercayaan diri kita.

  1. Menutup Diri

7 Hal Mendasar Penyebab Jomblo Dan Solusi Tepat Menanganinya

Bagi anda yang sibuk dan hanya ingin hidup di dunianya sendiri, maka anda akan tetap menyandang status jomblo sampai anda benar – benar sadar bahwa sendiri itu melelahkan. Hidup dan berpasangan adalah bagaimana cara untuk saling berbagi dunia dan mewarnainya bersama – sama. Jika anda ingin menghapus status jomblo itu, maka cobalah untuk membuka dunia anda dan ajak untuk membuat dunia berdua.

  1. Terlalu Pemilih

7 Hal Mendasar Penyebab Jomblo Dan Solusi Tepat Menanganinya

Memang benar dalam mencari pasangan itu kita harus memilih dan memilah mulai dari bibit, bebet dan bobotnya. Memilih sifat yang baik, fisik yang baik, karir bagus, dari keluarga terpandang dan bermacam bla bla bla lainnya. Apa anda yakin jika semua kriteria yang anda cari itu semua ada di dalam diri 1 manusia? Jikalau ada, apakah dia akan memilih anda sebagai pasangan hidupnya? mari kita luruskan hal yang satu ini. Banyak yang sudah bilang bahwa manusia itu tidak sempurnah, pasti ada kekurangan – kekurangan yang dimiliki. Mengapa tidak kita coba untuk saling menyempurnakan satu sama lain? Mengapa tidak kita coba untuk meng-upgrade diri kita dan pasangan ke hal – hal positif yang bisa membuat kalian berdua menjadi hebat?. Pilihlah yang bisa membuat anda nyaman dan hebat bersama.

  1. Trauma yang mendalam

7 Hal Mendasar Penyebab Jomblo Dan Solusi Tepat Menanganinya

Permasalahan seperti ini bisa terjadi pada diri sendiri atau melihat kejadian dari orang lain. Terdapat kenangan pahit yang melukai psikis maupun fisiknya dimasa lalu yang membuat takut untuk memulai cinta yang baru seperti; dicampakkan, dimanfaatkan, dibohongi, disakiti dan bahkan tak dianggap. Pernah melihat keluarga atau teman dekat yang mengalami akan kepahitan cinta sehingga takut atau bahkan tidak mau berpacaran karena tidak mau menyakiti pasangannya. Silahkan jika anda trauma dengan pengalaman yang menghantui diri anda, tetapi jangan terlalu lama dan terpaku akan kenangan tersebut. Jika anda takut menyakiti pasangan anda, maka jangan sakti dia sedikitpun. Ubahlah penyataan negative anda menjadi positif sehingga anda berani dan berkomitmen untuk membahagiakan pasangan anda.

  1. Mempunyai Keyakinan Teguh

7 Hal Mendasar Penyebab Jomblo Dan Solusi Tepat Menanganinya

Memiliki janji terhadap diri sendiri untuk tidak berpacaran karena beberapa hal seperti ; tidak mau berpacaran sebelum kakak menikah, tidak ingin berpacaran sebelum bekerja dan sukses, atau saya tidak akan berpacaran dengan siapapun sampai usia saya 27 tahun. Janji yang mereka pegang dan taati adalah sebagai perisai sekaligus perekat status jomblo anda. Boleh saja anda melakukan hal tersebut, tetapi cinta tak bisa dipaksakan dan perasaanpun tak boleh terkekang. Pikirkan juga dengan diri anda, masa depan anda, dan keluarga kecil yang akan anda bangun kedepannya. Semua bisa dibicarakan dan diselesaikan tanpa harus menyiksa diri sendiri dengan janji yang ekstrim seperti itu. Apakah anda yakin jika kakak anda sudah menikah anda bisa mendapatkan pasangan? Atau jika anda bekerja dan sukses bisa sempat mencari pasangan yang bisa mengerti anda? Dan juga apa anda masih diberi kesempatan bisa mencapai usia 27 tahun? Mari kita pikirkan baik – baik dan jangan membuat pendirian yang menyiksa diri anda.

  1. Terlalu Percaya Diri

7 Hal Mendasar Penyebab Jomblo Dan Solusi Tepat Menanganinya

Jika kurang percaya diri adalah penyebab munculnya status kejombloan begitupun dengan terlalu pecaya diri. Bagaimana bisa percaya diri menjadi penyebab jomblo?? Baik laki – laki maupun perempuan, akan merasa tidak nyaman kepada lawan jenis apabila mereka terlalu percaya diri dan sombong. Banyak orang akan menghindari orang yang terlalu percaya diri dan sombong dikarenakan perilaku tersebut akan membuat orang merasa tersakiti atau bahkan illfeel kepada orang tersebut. Percaya diri boleh, tetapi jangan sampai terlalu percaya diri maka kita akan mempermalukan diri kita sendiri dan bahkan orang atau pasangan kita akan menjauhi kita.

  1. Lingkungan

7 Hal Mendasar Penyebab Jomblo Dan Solusi Tepat Menanganinya

Terakhir adalah faktor lingkungan seperti keluarga, lingkungan sosial dan adat istiadat. Point ini adalah point yang tidak bisa kita selesaikan sendiri, melainkan dari restu keluarga dan adat istiadat setempat. Semua lingkungan memiliki kebijakan dan aturan – aturan yang berbeda sehingga kita harus menaati dan patuh akan aturan tersebut. Mencintai dan berkeluarga bukan hanya mempersatukan dua manusia, tetapi juga dua keluarga bahkan dua budaya sekaligus. Maka dari itu coba untuk bermusyawarah dan mencari solusi bersama dengan mempertemukan dua keluarga untuk menyatukan dua hati.

Penyebab Jomblo

Yups, demikian adalah beberapa hal penyebab mengapa JOMBLO terus menghantui hidup kita. Semoga bagi jomblowers yang belum menyadari penyebab jomblo dan yang sudah menyadarinya menjadi pribadi yang terbuka, tidak egois dan mampu menghapus status jomblo yang melekat. Ingat!!! Sendiri bukanlah hidup dan hidup tak bisa sendiri, mau bagaimanapun kita memiliki kewajiban untuk berkeluarga dan memiliki keturunan. So, mulailah bergerak dan keluar dari duniamu …. Karena Dunia KITA Lebih Indah Dari Duniaku….. By: Muhamad Fadhol Tamimy