7 Cara Menghilangkan Stress dengan Cepat 7 Cara Menghilangkan Stress  – Stress disebabkan oleh ketegangan fisik, tekanan mental bahkan gangguan psikis yang dapat menyerang siapa saja. Baik remaja, dewasa bahkan manula sangat rentan mengalami gejala stress. Meskipun stress ini tidak termasuk daam kategori penyakit mematikan, namun apabila tidak segera ditangani akan menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat serius. Khususnya bagi seseorang yang sering merasakan gejala stress sebaiknya segera mencari tahu bagaimana cara menghilangkan stress dengan cepat yang sesuai apabila diterapkan terhadapnya.

7 Cara Menghilangkan Stress

Penelitian terbaru membuktikan bahwa daya tahan seseorang yang mengalami stress biasanya tergolong lemah. Hal ini karena hormon stress memakan sel darah putih dalam tubuh yang menyebabkan organ tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Siapapun berpotensi mengalami stress namun tidak setiap orang bisa mengatasi gejala stress dengan baik. Berikut ini langkah sederhana bagaimana cara menghilangkan stress hanya dengan mudah :

  1. Dengarkan Musik Relaksasi

Gelombang suara yang tepat diyakini dapat membuat manusia mendapatkan kedamaian diri. Dengan mendengarkan musik yang beraliran lembut akan membuat siapapun mudah menghilangkan stress yang dialami. Tentunya ini merupakan cara menghilangkan stress yang tergolong sangat mudah untuk di coba. Kita hanya perlu meluangkan waktu lima menit untuk mendengarkan musik relaksasi sembari memejamkan mata maka selanjutnya kita bisa merasakan bahwa diri kita semakin membaik. Disadari atau tidak, musik sangat berpengaruh terhadap kondisi perasaan seseorang.

  1. Lakukan Afirmasi Diri

Memposisikan alam bawah sadar kita untuk mengalami suatu peristiwa yang begitu kita inginkan. Mengasumsikan alam bawah sadar bahwa menghilangkan stress itu sangat mudah, semudah kita memejamkan mata. Afirmasi ini butuh konsentrasi yang tinggi untuk membayangkan betul bagaimana mudahnya menghilangkan stress dengan cepat dalam diri manusia. Namun metode ini kurang tepat untuk diterapkan bagi seseorang yang mempunyai kesulitan untuk fokus dan berkonsentrasi.

  1. Tertawalah Supaya Otak Tidak Tegang

Hal pertama yang seseorang rasakan ketika mengalami stress yakni ketegangan luar biasa pada pikiran serta perasaan yang begitu buruk. Pernahkah kita mencoba untuk tertawa ketika mengalami kondisi tersebut? Meskipun terdengar agak ganjil namun tertawa dapat mengendurkan otot saraf yang tegang akibat stress. Tertawa bukanlah rutinitas yang hanya boleh dilakukan ketika kondisi perasaan kita merasa bahagia namun mulailah berfikir bahwa bagaimanapun kondisi kita saat ini, kita berhak menghilangkan stress dengan mudah hanya dengan tertawa.

  1. Luangkan Waktu untuk Berolahraga

Cara menghilangkan stress dengan mudah selanjutnya yakni dengan berolahraga. Dengan meluangkan waktu 15 menit ketika pagi hari untuk berolah raga maka akan ada lebih banyak endorphin yang dilepaskan dalam darah. Seperti yang kita ketahui bahwa endorphin ini adalah senyawa kimia yang mampu membuat kondisi otak manusia menjadi lebih rileks. Tanpa kita sadari olah raga ternyata mampu menentukan kondisi tubuh manusia selama beraktivitas seharian nantinya.

  1. Menangis

Banyak dari orang yang mengaku akan merasa lebih nyaman saat ia telah menangis mengeluarkan air matanya. Entah itu dikarenakan putus cinta, frustasi, dan menghadapi permasalahan. Begitu juga halnya saat hati sedang terharu bahagia  saat mengalami sebuah peristiwa tertentu. Menurut para ahli dengan menangis tubuh anda akan melepaskan energy negative dan juga merupakan cara yang pas untuk mengatasi perasaan yang tidak diinginkan hingga tubuh pun merasakan rileks.

Selain itu dengan menangis akan memberikan manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa dengan menangis kita dapat menurunkan tingkat stress yang dirasakan, mencegah pilek dan flu, dan menangis dapat menguatkan hati kita dan membantu agar lebih tegar dalam menghadapi segala sesuatu yang menyakitkan.

Manfaat lain adalah, dengan menangis memiliki fungsi sebagai detox. Sudah kita ketahui bersama bahwa detox itu sendiri merupakan proses mengeluarkan zat yang bersifat memiliki racun dari dalam tubuh. Dan saat anda menangis air mata yang keluar itu akan membawa zat-zat racn dari dalam tubuh.

Manfaat yang terakhir saat anda menangis adalah sebagai fungsi utama untuk melumasi bola mata, sehingga dengan hal tersebut kita dapat melihat. Air mata juga akan melembabkan guna mencegah dehidrasi pada selaput mata. Tanpa adanya air mata, maka kita tak akan dapat melihat.

  1. Berdoa

Hal yang membantu kita agar menjadi tenang secara batin dan kondisi psikologis adalah dengan berdoa. Berdo’a adalah salah satu mekanisme manusia untuk curhat, mengadu, dan bersandar kepada sang penciptanya. Dengan berdoa, rasa tenang karena perlindungan dari yang maha kuasa akan dirasakan oleh setiap manusia yang berdoa. Sehingga ia merasa aman dalam menjalani kehidupannya. Ia tak akan khawatir dengann segala kesusahan yang ia rasakan. Karena pada hakikatnya ‘ Setelah kesusahan pasti ada kemudahan

  1. Tersenyum

Dan cara untuk menghilangkan stress dengan cepat yang terakhir adalah mencoba untuk selalu tersenyum. Tersenyumlah walaupun hati anda tengah dilanda gundah. Karena dengan tersenyum tulus, maka anda akan memancarkan aura positif. Bukankah tersenyum adalah sebagian dari ibadah termudah yang dapat di lakukan oleh manusia?

Oleh sebab itu jangan sungkan untuk tersenyum, dan memberikan kebahagiaan pada orang lain yang memandang senyum Anda. Ingatlah bahwa, tersenyum dapat membahagiakan orang lain. Terkadang kita melihat kebahagiaan bukan karena kita sedang merasakan kebahagiaan. Namun kebahagiaan yang kita rasakan adalah akibat dari melihat orang lain bahagia karena kita. By: Nurus Syarifatul ‘Aini

Artikel 7 Cara Menghilangkan Stress dengan Cepat ini di edit kembali oleh Muhamad Fadhol Tamimy dan sesuai standart Psikologi Mania


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia