6 Trik Jitu Cara Mempengaruhi Orang Lain Dan Aplikatif

6 Trik Jitu Cara Mempengaruhi Orang Lain Dan Aplikatif

February 13, 2017 Off By admin

6 Trik Jitu Cara Mempengaruhi Orang Lain Dan AplikatifCara Mempengaruhi Orang Lain – Mungkin anda adalah orang yang penutup. Jika tidak di ajak berbicara, maka tidak akan memulai pembicaraan. Atau, anda merasa bahwa diri anda adalah orang yang garing. Semua omongannya seperti tidak mengandung sensasi humor. Bahkan sedikit sekali orang yang merespon percakapan atau perkataan anda. Pernahkan mengalami hal semacam itu ?

Padahal tidak anda yang salah dengan diri anda. Anda baik, perhatian dengan orang lain. Hanya saja, kenapa banyak orang tidak bisa perhatian dengan anda. Apalagi dengan omongan anda. Tidak ada yang salah dengan penampilan anda. Bau tubuh anda juga masih wangi. Lantas, mengapa orang lain mengacuhkan diri anda ?

Ternyata setelah di selidiki, anda bukanlah orang yang komunikatif. Dalam bahasa psikologi, anda memiliki kemampuan atau skil yang rendah dalam mempengaruhi orang lain. Pengemasan cerita dan penyampaian yang di lakukan tidaklah maksimal. Bahkan sama sekali kemasan tidak menarik. Seperti anda yang membeli cokelat di toko. Dengan harga yang sama, tentu saja memilih cokelat dengan kemasan paling menarik, bukan ?

Cara Mempengaruhi Orang Lain

Lantas bagaimana caranya untuk mengatasi masalah ini ? Bagaimana caranya agar orang lain tetap keep in touch dengan pembicaraan kita ? Bagaimana orang lain bisa tertarik dengan obrolan dan pecakapan kita ? Inilah ketrampilan yang perlu di kembangkan. Seperti apa ? Simak ulasannya :

  1. Susun kalimat percakapan yang sopan

Cara mempengaruhi orang lain yang pertama adalah menyusun kalimat percakapan. Langkah awal untuk menarik orang lain adalah dengan menggunakan percakapan yang sopan. Bukalah kata pecakapan dengan kata tolong dan terima kasih ketika meminta bantuan. Ketika bercerita atau menceritakan pengalaman, maka susunlah kata dengan detail dan berbahasa sopan. Semakin anda sopan, maka orang lain akan segan.

Menyusun kalimat tak harus kaku ataupun formal. Karena kalimat kaku ataupun formal, hanya akan membuat orang lain bosan untuk mendengarkan anda. Bahkan semakin anda berbicara formal dan kaku, maka semakin sulitlah anda untuk membuat nyaman orang yang anda ajak bicara.

  1. Biasakan menjadi pendengar yang baik

Kemudian, untuk bisa mendapatkan penghargaan dari orang lain anda harus berusaha untuk menghargai orang lain pula. Sebenarnya ini adalah ketrampilan atau skill yang simpel, bahkan sangat mudah di pahami teorinya. Namun dalam prakteknya, tetap mendengarkan orang lain adalah proses yang sulit. Anda harus bersabar dan menahan diri untuk tidak memotong, menyanggah, dan mengkritik selama lawan anda sedang berbicara.

Agar anda mampu mengaplikasikan hal ini dengan baik, langkah satu-satunya adalah mencobanya langsung pada orang – orang di sekitar anda. Karena teori yang di lengkapi dengan penerapanlah yang akan membuahkan hasil efektif dalam kehidupan anda.

  1. Gunakan ekspresi wajah

Agar kemasan obrolan atau cerita anda menyenangkan, maka tambahkan ekspresi wajah yang baik. Bahasa yang sopan mungkin akan membuat orang lain segan. Namun ekspresi wajah gembira, bahagia, sedih, dan lain sebagainya akan menambah nikmat bumbu cerita anda. Bahkan hal yang di ingat bukan isi dari cerita. Namun bagaimana ana menceritakan kisahnya.

Jika anda menggunakan berbicara tanpa ekspresi, hanya akan membuat orang di sekitar anda memandang anda orang yang aneh dan dingin. Gunakanlah ekspresi agar anda dapat menarik dan mempengaruhi orang lain secara alami dan effektif. Belajarlah cara menggunakan ekspresi wajah dari para coach, atau motivator. Mereka dalam menjelaskan sesuatu, hingga dapat mempengaruhi audience adalah semata-mata cerdas menempatkan gesture tubuh saat berbicara, dan juga cerdik menggunakan ekspresi pada penekanan kata-kata tertentu yang mereka ucapkan.

  1. Gunakan senyuman dan tatapan wajah

Untuk mempercantik kemasan anda, gunakan 2 gestur tubuh ini. Pertama adalah senyuman di wajah untuk membuat orang lain sedap memandang diri anda. Ke dua adalah tatapan mata yang bisa meyakinkan orang lain. Dua hal ini akan sangat penting dan potensial  untuk meyakinkan dan membuat orang lain tetap bertahan dengan apa yang kita omongkan atau bicarakan.

Senyuman dan tatapan adalah senjata pelengkap yang sangat ampuh untuk mempengaruhi orang lain. Hal tersebut disebabkan oleh, senyuman yang mampu mengeluarkan aura positif dalam diri seseorang yang tersenyum. Untuk itulah, saat anda berinteraksi dengan orang lain, usahakan untuk tersenyum. Yang terpenting dari tersenyum adalah tidak berlebihan. Karena jika anda berlebihan tentu orang akan menganggap anda “pasien” bukan :p

  1. Memberikan perhatian ‘lebih’ pada orang lain

Cara mempengaruhi orang lain selanjutnya adalah adalah bagaimana diri kita bersikap pada orang lain. Semakin kita berbaik hati dan mau menolong kesusahan orang lain, maka orang lain juga akan respek dengan diri kita. Apapun yan kita lakukan, orang lain akan berusaha menghargai usaha yang kita lakukan. Mereka akan merasa ‘utang budi’ atas apa yang sudah pernah di lakukan.

Perhatian adalah kunci mengikat orang lain secara emosional. Jika kita mampu mengikat orang lain dengan ikatan emosional, maka untuk mengendalikan orang lain atau mempengaruhi orang lain akan mudah untuk di lakukan.

Kita dapat mengambil contoh, seperti wanita yang tengah di mabuk cinta. Apapun kondisi pria walaupun ia jelek, nakal, atau hal-hal buruk yang cukup membuat orang lain tidak menyukainya, justru akan di bela habis – habisan oleh sang wanita (kekasihnya). Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ya karena ada ikatan emosional yang telah melekat di antara keduanya.

  1. Berbuat Baik

Cara mempengaruhi orang lain yang terakhir adalah dengan berbuat baik. Perbuatan baik yang telah kita lakukan, tak akan menjadi kesia-siaan pada diri kita. Ia akan selalu memiliki feedback positif bagi diri kita. Berbuat baik dengan siapa saja, akan membentuk karakter seseorang dengan karakter yang penuh kharisma dan aura positif. Oleh sebab itulah berbuat baik adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan, untuk membuat kita mudah mempengaruhi orang lain.

Itulah beberapa cara mempengaruhi orang lain untuk mendapatkan perhatian orang lain. Bukan hanya berasal dari cara mengemas obrolan agar menarik, namun juga faktor lain. Seperti perhatian lebih dan cara kita menghormati orang lain. Ingatlah bahwa, apapun yang kita lakukan pada dasarnya dapat mempengaruhi secara langsung ataupun tidak langsung dalam kehidupan orang lain. Tinggal bagaimana efektifnya pengaruh tersebut dapat bekerja secara cepat ataukah lambat. By: Izzatur Rosyida