6 Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu (Bagi yang Sering Menunda Pekerjaan)

6 Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu (Bagi yang Sering Menunda Pekerjaan)

March 19, 2017 Off By admin

6 Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu (Bagi yang Sering Menunda Pekerjaan) Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu – Mungkin kamu adalah orang yang santai. Saat mendapatkan pekerjaan, ‘alah nanti saja dikerjakannya.’ Lantas pekerjaan perlahan-lahan bertambah satu demi satu di setiap harinya. Hingga pada akhirnya banyak pekerjaan yang menumpuk dan belum terselesaikan.

Di satu sisi kamu masih saja dengan santainya mengatakan, ‘alah masih nanti deadline – nya.’ Jika terbiasa seperti itu, maka berhati-hatilah, bisa jadi pekerjaan yang anda kerjakan nantinya tidaklah maksimal karena kurangnya waktu dalam mengerjakannya.

Bagi sebagian orang yang sering menunda pekerjaan, biasanya mereka berpikir bahwa, masih memiliki banyak waktu untuk mengerjakan. Sehingga kemauan untuk mengerjakan hanya sedikit saja. Pada akhirnya, ia justru akan kelabakan dengan tugas yang segitu banyaknya. Al hasil, pekerjaan pun menjadi kurang optimal.

Jangan khawatir, masalah ini masih bisa teratasi. Bahkan totalitas bekerja masih tetap ada. Jadi tetap mempertahankan watak anda yang santai, tetapi pekerjaan maksimal tetap selesai pada waktunya. Seperti apakah bentu tips dan trick – nya ? Simak ulasan berikut ini :

Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu

  1. Melakukan struktur pekerjaan saat menunda

Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu yang pertama adalah dengan melakukan struktur pekerjaan. Jika kamu adalah seorang penunda pekerjaan, maka kamu akan menyadari bahwa anda adalah penunda. Maka yang perlu kamu lakukan adalah membuat struktur penundaan. Catatlah list pekerjaanmu satu persatu bersamaan dengan waktu yang diberikan untuk mengerjakan. Lantas perkirakan waktu yang kamu perlukan untuk mengerjakan hal tersebut. Setelah semuanya tersusun, maka kamu bisa menunda pekerjaan sampai batas waktu yang ditentukan.

2. Saat rasa malas datang ketika hendak mengerjakan sesuatu

Kamu tahu bahwa selain kamu adalah seorang penunda pekerjaan, rasa malas dan bad mood juga sering muncul. Dua hal ini yang menyebabkan anda mengalami masalah saat melakukan pekerjaan. Harus kamu lakukan adalah melakukan sesuatu hal yang bisa membangkitkan semangat. Misal dengan mendengarkan musik kesukaanmu, menyanyi, menonton film pendek, dan lain sebagainya.

3. Kerjakan tugas yang paling mendesak

Perlu kamu ingat, bahwa tugas pertama yang harus kamu selesaikan adalah tugas yang memiliki tenggang waktu paling singkat. Oleh sebab itu, kerjakan tugas yang memiliki deadline paling dekat. Bisa kamu bayangkan, bahwa usai mengerjakan tugas ini kamu bisa kembali untuk bermalas – malasan lagi, bisa santai dan mengerjakan semaumu. Asal setelah tugas ini selesai.

4. Kerjakan tugas yang paling kamu sukai

Mungkin kamu pernah merasakan saat tugas deadline masih lama, tetapi ada motivasi untuk mengerjakan. Meskipun sangat jarang ditemui oleh orang – orang yang suka menunda tugasnya. Ingat, jangan sia – siakan kesempatan ini. Kerjakan tugas yang menurutmu paling mudah dan paling kamu sukai. Biasanya, setelah selesai energi untuk mengerjakan masih ada. Sehingga bisa digunakan untuk mengerjakan yang lainnya.

5. Buat prioritas, pekerjaan termudah sampai tersulit

Setelah kamu buat skala priortas tenggang waktu pekerjaan sesuai deadline kamu juga harus membuat prioritas pekerjaan yang  lain. Salah satunya prioritas pekerjaan yang membutuhkan waktu termudah sampai tersulit. Tentu saja, pekerjaan dengan taraf mudah hanya membutuhkan waktu yang sebentar saja untuk mengerjakan. Sedangkan pekerjaan yang sulit membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya.

6. Tetap santai dan tenang saat deadline

Tips Agar Pekerjaanmu Selesai Tepat Waktu yang terakhir adalah tetap santai dan tenang. Tidak semua orang memiliki sifat tenang dan stay cool saat sudah mendekati deadline. Namun sifat ini harus mutlak dimiliki oleh orang yang suka menunda pekerjaanya. Sebab, ia memiliki kebiasaan untuk mengerjakan sesuatu diakhir waktu. Tetap tenang akan membuat pekerjaan mu baik dan stabil, sama dengan orang yang mengerjakan diawal waktu. Jadilah the last minute person. Yang terpenting adalah tetap mengerjakan tugas sesuai dengan apa yang telah menjadi tangung jawabnya. Janganlah menjadi orang yang melalaikan atau bahkan lari dari tanggung jawab pekerjaannya. Dengan begitu anda akan selalu menjadi orang yang di percaya oleh orang lain, khususnya dalam hal pekerjaan

Bagi kamu yang tidak suka menunda pekerjaan, pikirkanlah beberapa kata-kata berikut ini : ‘Saat kamu mendapatkan tugas, kamu harus berpikir seberapa penting tugas itu untukmu, seberapa besar usaha yang sudah kamu curahkan untuk mengerjakannya, dan seberapa lama waktu yang sudah kamu habiskan untuk menyelesaikannya. Setidaknya semua pengorbananmu harus setimpal dengan apa yang kamu dapatkan.’ By: Izzatur Rosyida