6 Tanda-Tanda Orang Narsis Yang Dapat Kita Ketahui

6 Tanda-Tanda Orang Narsis Yang Dapat Kita Ketahui

October 10, 2016 Off By admin

6 Tanda-Tanda Orang Narsis Yang Dapat Kita KetahuiNarcissistic merupakan salah satu gangguan kepribadian yang muncul pada ilmu psikiatri. Namun terlepas dari konteks gangguan kepribadian, banyak orang yang tergolong “narsis” karena beberapa situasi tersebut. nah, berikut ini adalah tanda-tanda orang narsis yang dapat diketahui, seperti yang dilansir dalam psychologytoday :

Tanda-tanda Orang Narsis

  1. Sensitif dan peka terhadap kritik

Tanda-tanda orang yang narsis pertama adalah mereka cenderung sangat sensitif dan juga peka terhadap kritik. Mereka adalah tipe individu yang sangat sensitif ketika dikritik. Bahkan, mereka juga biasanya seringkali menanggapi kritikan dalam cara yang salah, bukannya membuat mereka menjadi termotivasi untuk lebih baik lagi, malahan mereka bisa merasa stress dan tertekan akibat kritik yang diberikan kepadanya. Selain kritik, mereka juga cenderung sensitif terhadap penolakan oleh orang lain

  1. Mengganggu orang lain

Mereka yang termasuk ke dalam orang narsis biasanya seringkali mengganggu, alias annoying. Mereka banyak mengungkapkan apa yang mereka rasakan, seperti misalnya menyombongkan diri, namun dengan cara yang menyebalkan, dan sangat mengganggu orang lain, termasuk mengganggu anda. Anda akan menganggap bahwa mereka adalah orang yang aneh dan mengganggu, karena hanya meninggikan dirinya saja secara berlebihan.

  1. Seringkali melanggar aturan

Tanda – tanda orang narsis berikutnya adalah, mereka selalu merasa bahwa aturan hanya akan membatasi mereka, sehingga mereka yang tergolong ke dalam orang yang narsis cenderung melanggar aturan – aturan yang ada, mulai dari aturan sederhana hingga aturan yang kompleks. Misalnya saja, mereka tidak mau mengikuti aturan did alam rumah, kantor, dan aturan lainnya yang tidak tertulis. Mereka juga cenderung mengabaikan instruksi sederhana dan secara sengaja “melupakan” instruksi yang diberikan kepada mereka.

  1. Sulit diatur

Tanda-tanda orang yang narsis berikutnya adalah cenderung sulit untuk diatur. Hal ini disebabkan karena mereka yang memiliki kecenderungan narsis biasanya merasa bahwa mereka adalah orang yang superior, tinggi, dan lebih baik dari orang lain. Hal ini membuat mereka menjadi orang yang cenderung sulit diatur, tidak mau diberitahu, dan juga sulit untuk diberikan pelatihan-pelatihan khusus, seperti seminar, dan sebagainya. Terkadang mereka juga seringkali meminta bantuan, atau minta untuk diajari, namun yang terjadi adalah mereka tidak akan mengikuti apa yang anda ajarkan kepada mereka.

  1. Seringkali merubah jadwal semuanya

Hal lainnya yang menjadi tanda-tanda dari orang yang narsis adalah seringkali merubah jadwal dan juga merubah janji tanpa alasan, dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Mereka seringkali merubah janji pada detik terakhir, dan waktu yang sangat mepet, sehingga akan membuat banyak orang lain merasa kesal.

  1. Sering menggunakan capslock

Orang yang narsis adalah orang yang ingin diperhatikan. Hal ini membuat mereka akan melakukan segala hal supaya mereka diperhatikan, tidak terkecuali dalam hal etika pengetikan. Banyak orang yang narsis mengetik email, ataupun surat menggunakan capslock yang menyala terus. Hal ini menunjukkan bahwa mereka ingin diperhatikan dan ingin supaya apa yang mereka tuliskan dilihat oleh orang lain.

Nah, itu adalah 6 tanda-tanda orang narsis yang dapat kita ketahui. Apakah anda pernah bertemu dengan orang-orang seperti ini? Bagaimana yang anda rasakan? By: Eduardus Pambudi