6 Langkah Sukses Memulai Peluang Usaha Bisnis Online Masa KiniBisnis Online – Perubahan dalam hidup adalah gambaran cita-cita dan impian setiap insan di dunia. Tidak membedakan usia, jenis kelamin, ruang dan waktu semua makhluk ciptaan sang khalik tentu mengharapkan sebuah perubahan. tentu perubahan menuju keadaan yang baik adalah penetapan utama impian itu sendiri. Kesuksesan memang sulit untuk di ukur, karena hal tersebut adalah tolak ukru subjektif yang belum tentu sama antara satu orang dengan orang yang lainnya. Salah satu kesuksesan yang dapat menjadi tolak ukur kesuksesan tersebut adalah kesuksesan di bidang bisnis.

Jalan untuk meraih kesuksesan dalam bidang bisnis pun tak bisa di dapatkan secara instan. Khususnya bagi anda yang berfokus pada bidang jenis bisnis online. Perlu perubahan yang menyeluruh dalam membangun paradigma dan etos kerja yang baik agar anda dapat sukses di bidang bisnis online tersebut.

Melakukan perubahan dalam bisnis juga adalah bagian dari memperbaiki kualitas kehidupan kita. Tentu bisnis yang berkembang dengan baik akan sebanding dengan hasil income yang didapatkan. Melalui bisnis pula ada value non materi, yaitu akses berbuat kebaikan terhadap sesama umat manusia. Karena manusia dapat dikatakan bernilai dan bahagia jika mereka memiliki kebermanfaat dalam hidup bagi sesamanya.

Ada pribahasa yang mengatakan “banyak jalan menuju roma” begitupun juga dalam dunia bisnis. Ada banyak jalan untuk memulai ataupun mengembangkan bisnis. Satu peluang tertutup masih banyak pintu peluang yang terbuka. Bagi para pemula tentu banyak tantangan yang akan dihadapi. Mulai dari cara untuk memulai, rasa kekhawatiran atas kegagalan yang menghantui, hingga apa yang harus dilakukan ketika bisnis itu dimulai.

Menghadapi itu semua ada beberapa langkah yang harus di lakukan oleh mereka yang ingin memulai bisnis, khususnya bisnis online yang tengah popular di era kebangkitan digital. 6 langkah tersebut seperti berikut ini;

  1. Melihat peluang

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah dengan melihat peluang yang ada. Karena mengenali peluang merupakan bagian dari investasi informasi. Melihat peluang dibutuhkan setiap pelaku bisnis berpengalaman ataupun pemula termasuk bisnis online. Bisnis online meskipun terlihat mudah dan berbiaya murah, namun terjun dalam bisnis online sama dengan berhadapan dengan ketidak pastian.

Ada banyak sekali persaingan di dalamnya, dan ceruk potensi keuntungan berlimpah yang dapat di ambil jika kita jeli dalam melihat peluang. Dengan melihat peluang kita dapat menentukan bisnis mana dan siapa target yang akan di sasar. Hal ini pula merupakan langka awal untuk meminimalkan kesalahan. Lihatlah pangsa pasar yang belum memiliki persaingan tinggi namun di situ banyak dibutuhkan akan ketersediaannya.

Pun jika anda nekat untuk bersaing dengan pemain yang telah mapan, maka anda harus jeli melihat peluang dari kekurangan yang belum tersedia  oleh calon pesaing anda.

  1. Belajar dari pengalaman para ahli

Mereka yang lebih dulu terjun di dunia bisnis tentu sudah merasakan jatuh dan terjerembab di medan bisnis online. Oleh karena itu tentulah mereka memiliki kiat-kiat sukses yang mengantarkan mereka bertahan di situasi sulit. Tidak malu untuk berguru kepada yang lebih ahli adalah bentuk kesiapan kita menghadapi tantangan di dunia bisnis kelak.

Anda bisa belajar dari biograpi tokoh-tokoh yang sukses dalam membangun bisnis online, seperti biographi mark zuckenberg founder facebook, neil pattel seorang internet marketer, atau biographi pengusaha bisnis online yang telah sukses di dalam negeri seperti Nadim Makarim pendiri gojek, Zaki Pendiri Bukalapak dan lain sebagainya.

Dari merekalah kita dapat mengaplikasikan budaya kerja atau tips menghadapi beragam gejolak dan dinamika di ranah bisnis online.

  1. Internet

Di era milinium aspke internet tentu tidak akan terhindarkan dengan hal ini, dimana arus digitalisasi kian menguat kesegala lini kehidupan  terutama bisnis. Melalui internet kita mampu membuka jendela informasi aneka trik dan tips berbisnis hingga tutorial. Menjalin relasi bisnis pun semakin mudah dengan jejaring sosial yang terkoneksi dengan internet. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk memanfaatkan internet.

Ada banyak sekali platform yang dapat di manfaatkan, salah satunya adalah sosial media seperti facebook, twitter, instagram, dan juga linkedlin. Terutama memanfaatkan linkedlin karena sosial media ini merupakan sosial media yang banyak digunakan oleh para professional dunia kerja. Dari mereka barangkali anda dapat terhubung dan menjalin komunikasi ke tingkat bisnis. Facebook, twitter pun masih bermanfaat untuk digunakan, selain sebagai media promosi, facebook dan twitter juga bermanfaat untuk melihat trend yang sedang banyak di bicarakan.

  1. Fokus

Fokus terhadap satu bidang ketika sudah terjun ke dalam bisnis. Menekuni apa yang menjadi minat dan keahlian adalah langkah efektif dalam dunia bisnis, dikarenakan kita tidak akan maksimal ketika kita menekuni banyak bidang. Ibarat mengejar pujaan hati kita dituntut fokus dengan tujuan kita agar usaha yang kita lakukan mendapatkan hasil yang memuaskan hingga berujujng pada pernikahan. Begitu juga dengan bisnis, harus fokus terhadap apa yang akan kita kembangkan, agar bisnis tersebut berkembang secara signifikan.

  1. Relasi Pendanaan

Tak bisa di pungkiri bahwa memulai bisnis termasuk bisnis online membutuhkan bantuan pendanaan. Mungkin anda bisa melakukan bootstrapping, namun akan sulit untuk berkembang secara signifikan. Hal tersebut di karenakan anda harus banyak mengeluarkan modal dan biaya, namun keuntungan yang diharapkan sulit di prediksi untuk didapatkan. Jika terlalu lama membiayai sendiri pun anda akan kehabisan modal.

Oleh sebab itulah pendanaan ini di butuhkan. Anda dapat menjalin kerjasama dengan beberapa angle investor, atau ventura yang menyediakan pembiayaan bisnis online anda. Namun penting untuk di ingat, tidak semua angle investor atau ventura yang akan memberikan anda biaya secara cuma-cuma jika model bisnis yang anda tawarkan masih sekedar awing-awang dan mimpi. Mereka butuh kepastian dengan sudah atau tidaknya bisnsis anda berjalan dan mendatangkan keuntungan.

  1. Tekad dan Optimis

Yang terakhir adalah tekad dan keoptimisan kita dalam bertindak. Secara psikologis orang yang memiliki tekad yang kuat dan keoptimisan yang tinggi akan mampu menghadapi tekanan di berbagai situasi dan kondisi. Dengan tekad yang kuat dan keoptimisan mengaktifkan sensor otak dan diteruskan pada respon tubuh secara alami untuk tak kenal lelah dalam bekerja. Tekad yang kuat dan keoptimisan juga membangkitkan insting alamiah mencari jalan keluar dalam setiap kesulitan yang dihadapi.

Beberapa langkah dalam memulai berbisnis tersebut akan berguna jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan jangan lupa untuk disempurnakan dengan doa menurut keyakinan dan kepercayaan masing-masing, karena doa adalah simbol kekuatan semesta yang terlihat.

Itulah 6 Langkah Sukses Memulai Bisnis Online Masa Kini yang bisa menjadi refernsi anda. Menjadi pebisnis bukan soal keuntungan semata, namun dengan membangun bisnis kita juga berkontribusi mengurangi pengangguran dan kemandirian bangsa di mata dunia. By: Muhamad Fadhol Tamimy