6 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada RemajaPercaya diri sangat penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri pada remaja? Meningkatkan rasa percaya diri adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan sifat rendah diri. Dan ketika kepercayaan diri sudah diperoleh maka dengan sendirinya sifat rendah diri itu akan hilang.

Rendah diri berbeda dengan rendah hati. Rendah diri adalah sifat buruk yang terjadi karena seseorang tidak memiliki rasa percaya diri yang  bagus. Sedangkan rendah hati adalah sifat baik di mana seseorang bisa lebih menghargai dirinya dan orang lain. Percaya diri sangat dibutuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dan ada cara untuk meningkatkan rasa percaya diri pada remaja ialah sebagai berikut :

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri

  1. Melakukan sesuatu

Cara meningkatkan rasa percaya diri pada remaja pertama ialah, melakukan sesuatu. Belajarlah untuk melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat untuk kehidupankamu. Kalau kamu hanya mengisi hari-harimu dengan berdiam diri saja,hanya menjadi penonton membuat seseorang tidakakan berkembang. Semakin sering anda melakukan sesuatu dan berinteraksi dengan banyak orang, tanpa disadari rasa percaya dirimu akan berkembang.

  1. Mengenal diri sendiri

Sudahkah kamu mengenal dirimu sendiri? lalu, seperti apa dirmu? Apa saja makanan kesukaanmu? Apa kelebihan dan kekuranganmu? Apa yang membuatmu menjadi semangat setiap hari? Jika kamu mengetahui dirimu sendiri kamu akan memiliki rasa percaya diri, karena kamu mengetahui bagaimana dirimu. Apa saja potensimu? Yuk, berteman dengan diri sendiri

  1. Fokus pada kelebihanmu

Setiap manusia memiliki kelebihan dari beberapa kekurangan  pada dirinya. Jangan terlalu sibuk untuk memikirkan kekurangan pada dirimu saja, tapi cari tau apa saja kelebihanmu. Dengan mengetahui  apa saja kelebihanmu, rasa percaya diri untuk melakukan aktivitas akan mudah.

  1. Belajar mengambil keputusan

Untuk mengambil kepurtusan saja membutukan kepercayaan diri. Karna keputusan yang di ambil pastilah memiliki pertimbangan sendiri. Orang yang tidak memiliki rasa percaya diri, tidak akan berani mengambil keputusan di dalam kehidupannya. Mereka selalu bertanya kepada orang lain dan meminta bantuan untuk mengambil keputusan.

  1. Berani untuk mencoba

Cara meningkatkan rasa percaya diri pada remaja yang selanjutnya ialah berani mencoba untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Walaupun gagal, hal itu yang akan membuat kita paham pada  sesuatu yang sedang dicoba. Ingat kegagalan yang sebenarnya ialah saat di mana kita berhenti untuk mencoba.

  1. Menambah wawasan

Dengan memiliki ilmu dan wawasan yangluas, kepercayaan diri akan timbul dengan sendirinya. Karena akan tahu bagaimana cara bersikap dan menyelesaikan masalah. Wawasan membuat seseorang berpikir dewasa dan bertindak. Namun ingat jauhkan dirimu dari sifat sombong karna memiliki ilmu yang luas.

By: Nurus Syarifatul Ngaeni