6 Cara Mengenali Potensi Diri Dengan Tepat

6 Cara Mengenali Potensi Diri Dengan Tepat

December 24, 2016 Off By admin

6 Cara Mengenali Potensi Diri Dengan TepatCara Mengenali Potensi diri – Setiap manusia memiliki potensinya masing-masing, namun tidak semua orang menyadari tentang potensi yang ada di dirinya. Padahal jika ia mengetahui apa potensi yang ia miliki, maka potensi tersebut bisa dikembangkan. Apa itu pontensi? Potensi ialah kemampuan terpendam, baik yang belum terwujud ataupun yang sudah berkembang dengan maksimal, dan potensi ada dalam diri seseorang.

Cara Mengenali Potensi Diri

Banyak orang yang kebingungan potensi yang ada dalam diri mereka, bahkan ada yang mengikuti semua kegiatan namun tidak menemukan apa yang ia bisa. Untuk  itu akan kita bahas tentang cara mengenali potensi diri agar membantu anda untuk mengetahui apa sebenarnya yang ada dalam diri kalian masing-masing.berikut ulasan tentang cara mengenali potensi diri :

  1. Kenali Potensi Diri

Cara mengenali potensi diri yang pertama ialah mengenali diri sendiri. Hal ini yang sangat penting untuk anda lakukan. Kenalilah diri anda sendiri dengan membuat sebuah pertanyaan seprti minat dan bakat yang anda miliki atau anda sukai.jawablah dengan jujur bukan sekedar ikut-ikutan teman. Hal ini agar anda mengetahui apa saja yang anda sukai dan anda berminat melakukannya. Kemudian jika diperlukan mintalah keluarga atau teman untuk menilai anda.

  1. Jangan Menghakimi Diri Anda Dahulu

Cara mengenali potensi yang kedua ialah jangan mengadili diri sendiri. Jangan menyesali diri anda sendiri ketika anda mendapatkan kegagalan dalam hidup. Ketika anda mencoba kegiatan yang sudah anda tulis tadi, namun ternyata tidak tepat jangan menghakimi diri anda dengan kata-kata yang negatif,k arena apa yang anda sukai belum tentu itu adalah potensi anda. Lakukan lagi nikmati prosesnya, karena dengan begini anda tau mana yang bisa anda lakukan dan mana yang sekedar anda sukai.

  1. Apa Visi Anda?

Perluaslah visi anda, jangan terlalu bangga denga hasil yang telah anda raih. Tantanglah diri anda sendiri untuk mengetahui apa saja potensi yang ada diri anda. Bukan hanya sekedar tahu namun melakukannya dengan maksimal agar semakin berkembang dikemudian hari.

Jika anda sudah menemukan potensi yang anda miliki, lakukan lagi sehingga anda dapat menemukan banyak potensi yang ternyata anda miliki.

  1. Mengikuti Setiap Kegiatan

Setelah anda membuat daftar potensi anda, yang anda lakukan ialah praktek secara langsung. Lakukanlah kegiatan yang mendukung potensi-potensimu. Dengan begini anda tau sebatas mana potensi tersebut, hanya  hobi atau memang anda berbakat di bidang tertentu.

  1. Tes Bakat

Cara mengenali potensi diri adalah mengujinya atau mengukur kemampuan dan bakat kita kepada para ahli yang berkompeten di bidang ini. sekarang sudah banyak yang menawarkan jasa tes bakat ini, bisa dengan sidik jari dan sebagainya. Tidak ada salahnya anda mencoba, agar anda mengetahui potensi anda.

  1. Berdoa

Apapun yang sedang anda lakukan anda jangan mengabaikan tentang ibadah. Ketika anda belum memengetahui potensimu, makan berdoalah dan terus berusaha untuk menggapai cita-citamu. By: Nurus Syarifatul ‘Aini