5 Teknik Sukses Membangun Komunikasi yang BaikSukses membangun komunikasi – Kemampuan dalam melakukan komunikasi merupakan hal yang dapat selalu dilatih dengan terus melakukan interaksi dengan orang lain. Cara komunikasi yang kurang baik akan menyebabkan penerima informasi kurang bisa menangkap apa yang disampaikan sehingga maksud dan tujuan dari sebuah komunikasi tidak tercapai. Kemampuan membangun komunikasi yang baik merupakan kunci utama dalam membina hubungan yang baik pula dengan orang lain. Untuk dapat membangun sebuah komunikasi yang baik, berikut beberapa teknik yang bisa anda coba terapkan :

  1. Meski Membosankan, Anda Harus Tetap Antusias

Tidak dapat dipungkiri bahwa didalam sebuah komunikasi, anda tidak selalu menemukan lawan bicara yang menyenangkan. Hal ini tentunya akan semakin menyulitkan anda yang sedang melatih diri untuk menjadi komunikator yang baik. Apapun situasi dan kondisinya, anda harus tetap memasang tampilan fisik antusias dengan segala hal yang disampaikan oleh lawan bicara anda. Meski komunikasi jenis ini kurang mendukung proses belajar anda dalam membangun komunikasi, setidaknya anda bisa belajar untuk tidak bersikap sama dengan gaya komunikasi yang anda anggap membosankan.

  1. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Untuk memulai percakapan tentunya anda harus menumbuhkan rasa percaya diri supaya kalimat yang terlontar nantinya benar – benar tersampaikan dengan baik. Hal buruk yang terjadi ketika membangun komunikasi tanpa rasa percaya diri yakni suara yang begitu rendah sehingga menyulitkan penerima informasi untuk menangkap maksud pembicaraan melalui pendengaran. Seberapapun tinggi pangkat lawan bicara anda, langkah utama kesuksesan membangun komunikasi yakni dengan menumbuhkan rasa pecaya diri terlebih dahulu. Untuk membangun interaksi sebaiknya anda menyalami dengan mantap lawan bicara anda sebelum membuka pembicaraan.

  1. Memberikan Respon Positif

Lawan bicara yang baik akan selalu memberikan respon yang baik pula. Salah satu indikatornya yakni dengan melihat sejauh apa lawan bicara anda menghargai gagasan – gagasan yang anda sampaikan tanpa menginterupsi atau memotong dengan sanggahan lain. Anda bisa berlatih membangun komunikasi yang baik dengan memberikan respon sederhana seperti anggukan atau tersenyum ketika lawan bicara anda menangggapi apa yang anda sampaikan. Hal ini akan membuat lawan bicara anda merasa dihargai dan tentunya tujuan dari pembicaraan atau komunikasi dapat berjalan lancer.

  1. Amati dan Tiru Gestur Tubuh Lawan Bicara

Dari sisi psikologi, orang akan merasa lebih dekat dengan lawan bicara yang mempunyai gestur sama dengannya. Hal ini akan menciptakan rasa nyaman sehingga lawan bicara akan lebih mudah menerima apa yang anda sampaikan.

  1. Pujilah dengan Tulus

Fakta telah membuktikan bahwa pujiaan dapat menciptakan rasa bahagia bagi seseorang. Namun untuk memuji lawan bicara sebaiknya anda tidak perlu melakukan kebohongan yang terlalu dilebihkan. Anda cukup melihat secara sekilas untuk melihat kelebihan yang dimiliki oleh lawan bicara anda lalu selanjutnya sampaikan pujian tersebut dengan gaya bicara anda sehingga tampak natural. By: Nurus Syarifatul ‘aini