5 Permasalahan Remaja Yang Sering Terjadi DI Sekitar KitaPermasalahan Remaja Yang Sering Terjadi. Masa labil seseorang ialah saat remaja, peralihan dari anak-anak ke menjadi dewasa juga merupakan masa yang cukup sulit bagi orang tua untuk mengontrol ank-anaknya. Dan pada masa ini juga sering di sebut dengan stress and strom, mengapa demikian karena pada masa remaja ini mereka dihadapkan pada perubahan-perubahan yang membuat mereka bingung.

Permasalahan Remaja Yang Sering Terjadi

Bukan hanya secara fisik yang berubah, tapi perubahan pada lingkungan yang akan memaksa remaja tersebut untuk menjadi dewasa yang di harapkan oleh lingkungan. Padahal remaja itu sendiri belum mengetahui apa yang harus mereka lakukan. Memang masa remaja itu menyenangka, namun banyak juga masalah yang akan timbul saat remaja. Dan berikut 5 Permasalahan Remaja Yang Sering Terjadi, berikut ulasannya:

  1. Permasalahan dengan orang tua

Permasalahan yang pasti dialami oleh remaja yang pertama ialah dengan kedua orang tuanya sendiri.  Perubahan fisik dan emosional membuat remaja menjadi pribadi yang sensitif sangat mudah tersinggung dan marah. Hal inilah remaja merasa tidak ada seorang pun yang bisa memahami dirinya termasuk kedua orang tuanya sendiri. Serta ketidaktahuan orang tua itu sendiri tentang perubahan emosional anak yang sedang di alami, dan akhirnya menyebabkan konflik diantara remaja dan orang tua.

  1. Mengalami depresi

Permasalahan yang pasti dialami oleh remaja yang kedua ialah remaja juga rentan terhadap depresi. Biasanya sejak umur 13 tahun, remaja sudah mengalami depresi. Karena banyaknya tekanan yang  sedang dialami di masa-masa peralihan tersebut. Jika dibiarkan saja, depresi akan sangat berbahaya pasalnya akan muncul keinginan untuk bunuh diri atau melakukan tindakan yang berbau negatif lainnya. Jika anak anda sudah memiliki tanda bahwa diadepresi segera beri pertolongan. Atau anda bisa menjadi teman curhat utama untuknya, karena anda dapat memberikan solusi yang tepat.

  1. Remaja dengan teman sebayanya

Selanjutnya permasalahan remaja ialah dengan teman sebayanya sendiri. Pengaruh temen sebaya sangatlah besar terhadap remaja. Karena remaja beranggapan hanya teman yang mengerti mereka. Remaja akan mengikuti aturan-aturan pada kelompok. Teman sebaya bisa bersifat positif dan negatif. Namun secara umum remaja terlibat dalam prilaku konformitas negatif, contohnya saja menggunakan bahasa kasar atau jorok, mencuri, merusak, merasa hebat dan yang lainnya.

  1. Remaja dengan sang kekasih

Hal yang sudah menjadi wajar jika remaja sudah mulai tertarik oleh lawan jenis. Karena di pengaruhi oleh meningkatnya hormon dalam remaja. Untuk remaja yang tidak memiliki pacar karena sering adanya penolakan, mereka merasa tidak diinginkan dan merasa buruk. Perasaan diotolak bisa membawa remaja kepada hal yang berbau negatif. Bahkan remaja yang sudah memiliki pacarpun tidak akan luput dari permasalahan. Mereka mengalami perbedaan pendapat, tekanan baru dari sang pacar, rasa cemburu, curiga dan yang lebih bahayanya lagi jika sang pacar memiliki kebiasaan buruk bisa membawa pasangannya menjadi seperti dirinya.

  1. Permasalahan tentang sekolah

Yang terakhir ialah tuntutan orang tua agar anaknya memiliki preastasi di bidang akademi yang akan menyebabkan tekanan pada remaja, jika tidak mampu memebuhi tuntutan dari orang tuanya sendiri. Mereka akan menarik diri atau melakukan pemberontakan yang buruk.

BACA JUGA KARAKTERISTIK DAN PERMASALAHAN PSIKOLOGI REMAJA

Itulah beberapa hal yang dapat di ketahui tentang permasalahan remaja yang sering terjadi di sekitar kita, Semoga bermanfaat untuk dapat di cermati dan di berikan solusi terbaiknya dengan meningkatkan komunikasi di antara anak dengan orang tua, guru, dan menguatkan aspek pendidikan agama dan karakter di lingkungan sekitarnya.  By: Nurus Syarifatul ‘Aini