5 Penyebab Stress Kerja yang Sering Kita Rasakan

5 Penyebab Stress Kerja yang Sering Kita Rasakan

March 10, 2017 Off By admin

5 Penyebab Stress Kerja yang Sering Kita RasakanPenyebab Stress Kerja – Stres adalah gangguan psikis yang bisa sangat mungkin dialami oleh siapapun. Gejala stress ditandai dengan munculnya perasaan gelisah atau khawatir dalam kurun waktu yang lama. Sebagai seorang pekerja atau karyawan kita tentu sangat tidak asing dengan istilah stres bukan? Adanya beban pikiran yang terlalu menumpuk dan tidak segera menemui penyelesaian inilah yang menyebabkan para pekerja mengalami stress. Berikut ini ragam penyebab stress kerja yang sering kita rasakan :

  1. Selalu Bekerja di Bawah Tekanan

Kita tentunya sering mendengar bahwa seseorang yang berada pada kondisi terdesak bisa melakukan hal – hal luar biasa. Faktanya anggapan ini tidak sepenuhnya benar karena tidak semua orang bisa dikondisikan sesuai teori ini. Mungkin beberapa pekerja akan menjadi lebih produktif ketika mendapat tekanan dengan deadline yang ketat namun tidak jarang hal tersebut justru menjadi penyebab stress kerja bagi karyawan itu sendiri ketika tekanan terjadi secara terus menerus.

Tekanan yang dialami secara terus menerus mungkin bisa membuat banyak target terlaksana serta berdampak pada  kenaikan omset tapi pada kenyataannya karyawan yang berkerja dibawah tekanan tidak akan mempunyai loyalitas serta dedikasi yang tinggi terhadap perusahaannya.

  1. Jam Lembur Tambahan yang Tak Tentu

Sebagai seorang karyawan tentunya kita dituntut untuk siap sedia meluangkan waktu demi kemajuan perusahaan. Adanya jam kerja tambahan atau biasa disebut lembur ini ternyata sangat berpotensi menjadi salah satu sebab stress kerja yang sering kita rasakan. Terlepas dari adanya uang tambahan atau tidak, nyatanya perusahaan memperkejakan para manusia yang juga punya aktivitas lain diluar pekerjaan mereka. Pertambahan jam kerja tidak selamanya efektif dalam upaya penyelesaian target atau pencapaian kerja para karyawan terlebih apabila penambahan jam ini justru menjadi penyebab stress kerja bagi karyawan.

  1. Kurangnya Perencanaan Kerja

Setiap perusahaan tentunya sudah mempunyai sebuah sistem yang akan mengatur alur kerja secara detail. Adanya manajer yang memegang kendali kinerja sumber daya manusia berfungsi sebagai perencana program kerja atas tercapainya sebuah proyek tertentu. Jadi setiap bagian sudah mempunyai tugas masing – masing sesuai jabatannya. Perusahaan yang belum mempunyai sistem pada umumnya mempunyai permasalahan terkait tidak adanya kejelasan tugas yang harus diselesaikan serta progress proyek yang tidak kunjung menemui keberhasilan. Tidak jarang, kondisi ini menjadi penyebab stress kerja yang sering dirasakan oleh karyawan.

  1. Rekan Kerja Bermasalah

Kita tentu tidak bisa bekerja seorang diri saja bukan? Dalam dunia kerja, kita harus pandai – pandai beradaptasi dengan beragam kepribadian para rekan kerja. Pada umumnya permasalahan yang menyebabkan kita bermasalah dengan rekan kerja yakni karena adanya perselisihan atau perbedaan yang tidak kunjung terselesaikan.

 Langkah utama supaya kita tidak bermasalah dengan rekan kerja yakni kita jangan fokus pada perbedaan, dengan kata lain carilah kesamaan kita dengan rekan kerja. Disadari atau tidak, perbedaan bisa menciptakan batas antara satu orang dengan yang lainnya. Jangan sampai perbedaan menjadi sebuah perselisihan yang berujung menjadi alasan dari penyebab stress kerja yang sering kita rasakan.

  1. Kurang Nyamannya Lingkungan Kerja

Tentu kita sering mendengar banyaknya fasilitas bagi para karyawan untuk menunjang kenyamanan ketika bekerja bukan? Mulai dari desain kantor yang dibuat sedemikian rupa hingga tambahan fasilitas elite seperti ruang fitness serta ruang santai bagi karyawan ketika berada dalam jam istirahat. Perusahaan tentunya mempunyai misi besar dalam pengadaan fasilitas karyawannya, apalagi jika bukan untuk menunjang kenyamanan serta tumbuhnya kreativitas para karyawan.

Naik atau turunnya produktivitas karyawan tentunya akan berdampak secara langsung bagi perusahaan. Perasaan kurang nyaman dalam bekerja inilah yang biasanya menjadi cikal bakal penyebab stress kerja yang kita rasakan. Namun tidak semua perusahaan harus menjamin kenyamanan karyawan dengan beragam fasilitas mahal semata, memulai dari kebutuhan dasar karyawan seperti kondisi ruang kerja mendukung, adanya ventilasi udara yang memadai, serta situasi tenang tentunya juga bisa membuat para karyawan merasa nyaman ketika bekerja. Semoga anda mampu bekerja dengan hati yang lapang dan sukses di tempat pekerjaan. By : Nurus Syarifatul ‘Aini