5 Cara Menghilangkan Stres Yang Mudah Untuk Dilakukan Sendiri

5 Cara Menghilangkan Stres Yang Mudah Untuk Dilakukan Sendiri

February 22, 2017 Off By admin

5 Cara Menghilangkan Stres Yang Mudah Untuk Dilakukan SendiriCara Menghilangkan Stres – Stres adalah masalah yang paling umum dan sering dialami oleh manusia. Baik anak – anak sampai dengan manula pasti pernah mengalami stres. Misal karena masalah hutang piutang yang tak kunjung dibayar. Bukan penghutang yang merasa stres. Justru yang dihutangi merasa stres. Sebab penghutang tidak segera membayar hutang tersebut, padahal sudah jatuh tempo.

Ada lagi masalah stres yang menimpa pelajar. Apalagi bagi mereka yang hendak mendekati ujian nasional. Karena merasa belum mampu menguasai semua materi, akhirnya merasa sangat takut. Ketakutan yang berlebihan mengenai soal ujian yang kelewat sulit, lantas tidak bisa mengerjakan. Kemudian tidak lulus. Maka ia akan menjadi bahan bullyan teman – teman yang lain. Semua ini adalah bayangan siswa tersebut.

Sumber stres berbeda – beda setiap orang. Mungkin menurut anda, sumber stres saya tampak lucu dan konyol. Namun bagi saya, hal ini membuat saya takut jika berhadapan langsung. Atau sumber stres anda adalah sesuatu yang menyenangkan bagi saya. Namun bagi diri anda yang mengalami, hal ini adalah sesuatu yang sangat berat.

Cara Menghilangkan Stres

Selain itu, setiap orang juga memiliki cara tersendiri untuk mengatasi stresnya. Hal ini terletak dari mana ia memandang sudut kenyamanannya. Menurut beberapa penelitian, ada beberapa hal yang bisa meredakan rasa stres tersebut. Seperti apa sajakah ?

  1. Lakukan apa yang anda senangi

Cara menghilangkan stres yang pertama adalah melakukan apa yang di senangi. Tips utama yang paling jitu dilakukan ketika rasa stres menyerang adalah melakukan apa yang anda senangi. Ketika stres anda mulai datang, anda bisa menangkisnya. Misal dengan mendengarkan musik, menyanyi dengan sekeras – kerasnya, memasak, membersihkan rumah, makan, dan lain sebagainya. Lakukan apa yang anda senangi ketika rasa stres itu muncul. Setelah mood anda kembali baik, cobalah untuk menghadapi kembali rasa stres tadi. Pasti hasilnya berbeda.

  1. Coba berkomunikasi dengan orang lain

Cara menghilangkan stres selanjutnya adalah dengan mencari teman berkomunikasi. Mengapa  seorang wanita menyukai aktifitas curhat ? ketahuilah bahwa, di dalam aktivitas curhat, perasaan seorang wanita menjadi lebih baik. Meskipun dengan curhat tersebut, semua masalah wanita juga tak kunjung selesai secara tiba-tiba. Akan tetapi dengan melakukan hal ini tersebut akan membuat perasaannya menjadi lebih lega. Bahkan beberapa wanita yang usai melakukan curhat, justru menemukan cara untuk menghadapi masalahnya. Oleh sebab itu jangan sungkan untuk mencoba melakukan hal ini. Yang terpenting anda mendapatkan teman curhat yang pas dan mampu untuk menjaga rahasia anda.

  1. Melakukan relaksasi

Cara lain yang dapat anda lakukan di saat stres adalah dengan melakukan relaksasi. Relaksasi yakni adalah membuat pikiran Anda menjadi tenang dan rileks. Cara mudah, yang dapat anda lakukan salah satunya adalah cukup dengan merenggangkan seluruh otot – otot anda. Hirup udara yang ada di sekitar dalam – dalam. Tariklah napas dalam-dalam, kemudian keluarkan secara perlahan melalui mulut Anda. Hal ini akan dapat membantu untuk melancarkan sirkulasi darah menuju otak. Sehingga hal tersebut dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih fresh.

  1. Jalan – jalan sebentar

Ketika sedang merasakan stres pada pekerjaan yang sedang dilakukan, maka dengan jalan-jalan adalah trobosan jitu rehat sejenak dari pekerjaan yang sedang anda hadapi. Tak perlu jauh – jauh untuk pergi kemana. Cukup hanya dengan keluar dari ruang kerja menuju ruang makan, lantas pergi ke bagian depan, atau kemana saja itu pun sudah cukup. Yang jelas bukan selalu berada di kursi kerja. Hal ini akan membantu menjernihkan pikiran Anda.

  1. Makan sebanyak – banyaknya

Cara ini adalah cara yang menurut ssebagian orang ampuh adalah dengan makan sebanyak-banyaknya. Namun beberapa wanita cenderung menghindarinya.

Melampiaskan rasa stres dengan makan cukup bekerja, asal makanan ini dilahap sebanyak – banyaknya. Itulah mengapa wanita yang sedang dalam program diet atau mereka yang memperhatika penampilan cenderung menghindari hal ini.

 Cara menghindari stress tersebut akan optimal jika di barengi dengan niat dalam diri. Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress yang melanda. Selamat mencoba. By: zzatur RosyidaI