4 Tips Parenting: Bagaimana Menghadapi Anak Yang Sulit BergaulTips Parenting – Kepribadian anak-anak pastinya berbeda-beda. Ada beberapa anak yang mudah bergaul, dan ada juga beberapa anak yang sulit untuk bergaul. Kebanyakan anak-anak memang memiliki pribadi yang unik. Slow to warm up child misalnya, adalah tipe anak-anak yang bisa bergaul, namun harus dipancing terlebih dahulu agar mau terlibat dalam suatu kegiatan. Berbeda dengan easy child, yang dalam kondisi apapun bisa dengan mudah terlibat dalam berbagai kegiatan, dan cenderung ekstrovert.

Nah, tips parenting kali ini ingin membahas mengenai tipe anak slow to warm up, alias anak yan cenderung sulit bergaul. Pergaulan pada anak-anak sangat penting, mengingat salah satu tugas perkembangan seorang anak adalah bagaimana mereka bisa beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungannya. Tips parenting ini bukan untuk merubah kepribadian anak yang sulit bergaul menjadi sangat mudah bergaul, tapi lebih mengarah kepada tips bagaimana anak yang sulit bergaul, bisa memiliki kesempatan yang sama untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungannya.

Tips parenting: Menghadapi Anak Yang Sulit Bergaul

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan sebagai orangtua untuk membantu agar si anak bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk bergaul dan beradaptasi dengan lingkungannya. Berikut ini adalah beberapa tips parenting yang bisa anda coba lakukan :

  1. Temani si anak selama beberapa waktu

Anak yang sulit bergaul akan membutuhkan pendampingan dari orangtuanya ketika akan terjun ke dalam lingkungan baru. Anda tidak perlu khawatir, karena dengan adanya pendampingan dari orangtua, maka secara perlahan si anak akan mulai terbiasa dan mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya.

  1. Jadilah orangtua yang aktif

Di saat anak anda kurang aktif dan sulit bergaul, disanalah anda harus menjadi orangtua yang aktif. Maksudnya adalah, anda harus menjadi orangtua yang aktif mencarikan teman untuk anak anda. Misalnya mengobrol dengan orangtua lain, dan mengajak anaknya untuk bermain bersama. Atau mengenalkan anak anda dengan anak lainnya untuk saling bersosialisasi satu sama lain.

  1. Jangan memberi label atau cap pemalu kepada anak anda

Salah satu kesalahan atau paling tidak hal yang berdampak negatif yang sering dilakukan oleh orangtua kepada anaknya adalah melakukan labeling. Kamu kok bodoh sih, kamu kok gak bisa sih, kamu kok payah sih, kamu kok pemalu sih, dan sebagainya. Inilah yang sebenarnya harus dihindari. Labeling hanya akan menyebabkan si anak merasa seperti itu. Misalnya anda melabel anak anda dengan sifat pemalu. “Anak saya tuh memang pemalu”, atau “kamu tuh kok orangnya pemalu banget sih” hal ini malahan akan menanamkan rasa malu tersebut di dalam alam bawah sadar si anak, dan malahan membuat si anak menjadi semakin pemalu.

  1. Beri dukungan dan semangat untuk beradaptasi

Hal lainnya yang bisa anda lakukan adalah tetap memberi dukungan dan semangat kepada anak anda yang sulit untuk bergaul. Hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan diri si anak, sehingga si anak nantinya bisa lebih percaya diri dan mampu untuk masuk dan beradaptasi ke dalam lingkungan sosial yang baru.

Itu adalah beberapa tips parenting yang bisa anda lakukan untuk menghadapi anak yang sulit bergaul. Ingat, tips parenting ini bukan ditujukan untuk merubah kepribadian si anak, melainkan untuk membantu si anak agar mendapatkan kesempatan yang sama dalam lingkungan sosial, dan membantu si anak agar lebih percaya diri. By: Eduardus Pambudi