4 Strategi Praktis Untuk Membantu Anak-Anak Dalam Menghadapi Stress

Strategi menghadapi stress untuk anak-anak sangat penting untuk diajarkan kepada anak–anak. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk anak– anak agar memiliki mental yang kuat dan juga lebih tahan terhadap stress. Ketika anak–anak sedang mengalami situasi yang membuat stres, maka strategi di bawah ini cukup efektif untuk membantu anak – anak dalam menghadapi stress.

  1. Deep Breathing atau Meniup Balon

Teknik ini sama seperti teknik deep breathing relaxation, dimana anak – anak diminta untuk melakukan pernapasan perut, yang menyebabkan udara akan masuk dan memenuhi bagian perut. Supaya lebih mudah, pengisian udara di bagian perut ini bisa dianalogikan sebagai sebuah balon. Ketika menarik napas, anak – anak akan diberitahu bahwa perutnya dianggap sebagai sebuah balon, dan harus terisi penuh ketika menarik napas.

Setelah balon mulai terisi penuh (perut sudah penuh dengan udara dari proses menarik napas), kemudian minta si anak untuk menghembuskan napas secara perlahan (mengempeskan balon). Lakukan hal ini beberapa dengan kondisi yang rileks dan juga nyaman, terutama ketika anak mengalami stress.

  1. Progressive Muscle Relaxation

Teknik lainnya yang bisa membantu anak – anak dalam menghadapi stress adalah progressive muscle relaxation, atau dengan nama lain meremas. Penguatan pada otot dan kemudian mengendurkannya akan efektif untuk membantu si anak dalam melepaskan stress yang dialami.

Pertama – tama, anak harus belajar untuk menegangkan ototnya, dengan cara :

  • Letakkan telapak tangan pada meja, dan tegangkan otot tangan
  • Sambil tetap menempel pada meja, naikkan jari telunjuk, dan paksakan jari tengah untuk turun.
  • Hal ini akan membuat otot menegang dan terasa tidak nyaman.
  • Setelah itu, lemaskan bagian tangan sehingga si anak merasakan rileks dan nyaman

Latihan ini bisa dilakukan selama beberapa saat, dan digabungkan dengan titik – titik otot tubuh lainnya, yaitu :

  • Kaki
  • Kepalan tangan
  • Bahu
  • Wajah

Cara melakukannya sama, penegangan pada masing – masing otot dilakukan selama beberapa saat, lalu kemudian lemaskan. Setiap kali “squeeze” selesai, dan diikuti dengan melemaskan otot, maka anak – anak akan menjadi semakin rileks dan juga merasa semakin nyaman, yang dapat membantu anak – anak dalam menghadapi stress.

Baca Selanjutnya Strategi menghadapi stress untuk anak – anak