4 Panduan Dalam Menuntun Anda Menemukan Cara Bahagia

4 Panduan Dalam Menuntun Anda Menemukan Cara Bahagia

February 24, 2017 Off By admin

4 Panduan Dalam Menuntun Anda Menemukan Cara Bahagia Menemukan Cara Bahagia – Bahagia adalah puncak kesenangan paling tinggi bagi manusia. Perasaan ini memiliki dampak yang sangat baik bagi tubuh dan kesehatan anda. Bahagia adalah perasaan dimana anda sudah tidak lagi merasa tersakiti, luka, lara, dendam, benci, dan sedih. Bahagia adalah keadaan dimana anda merasa sangat nyaman dengan kondisi anda saat ini. Tidak merasa lebih dan tidak merasa kurang.

Tentu saja bahagiaku dan bahagiamu berbeda. Setiap orang memiliki parameter pengukuran bahagia sendiri. Misal orang yang miskin, setiap hari untuk makan saja kurang akan merasa bahagia dengan orang kaya. Menurut pandangan orang miskin, memiliki uang banyak itu adalah hal yang membahagiakan. Akhirnya beliau berpendapat bahwa orang kaya pasti bahagia.

Berbeda dengan orang kaya. Mereka yang sudah berkecukupan masih merasa kurang bahagia. Sebab anak – anak mereka tidak ada yang mau menurut dengan perkatan orang tuanya. Baik anak dan istri hanya mau menuntut uang dan harta. Bahkan saat orang tua sakit, anak tidak peka. Ketika orang tua sedang merasa bingung, tidak ada anak – anak yang tahu.

Seperti itulah manusia. Ketika sudah dicari kelebihan, masih mencari – cari kekurangan. Lantas ia melirik kelebihan yang ada pada orang lain. Jika anda bersikap seperti ini, baik kondisi anda kaya maupun miskipun sama – sama tak pernah merasa bahagia. Kebencian, kedengkian, iri dan penyakit hati lainya inilah yang membuat anda tak bisa merasa bahagia.

Siapapun anda berhak bahagia

Benar, siapapun anda berhak bahagia. Baik anda adalah tukang becak, penjual sayur, guru, dokter, insinyur, direktur, mentri, ataupun presiden sama – sama memiliki hak untuk merasa bahagia. Tidak ada satu orangpun yang melarang anda untuk merasa bahagia. Karena rasa bahagia itu berada pada hati masing – masing.

Bahagia bukanlah milik orang kaya yang memiliki banyak harta. Bahagia juga bukan milik orang miskin yang memiliki anak – anak penurut. Bahagia adalah milik semua orang. Karena semua orang berhak bahagia. Tidak memandang siapa anda.

Bahkan ada juga orang yang miskin merasa bahagia. Ada juga orang yang kaya bahagia. Ada juga tukang sapu yang merasa bahagia. Ada pula mentri yang merasa bahagia. Semua orang – orang yang ada di dunia berhak bahagia.

Karena bahagia adalah perasaan subyektifitas. Bahagia adalah cara orang untuk memaknai kehidupannya. Berusaha menerima keadaan, terutama kekurangannya. Bersyukur dengan semua kelebihan yang ada. Ketika seseorang sudah bisa menelaah arti kehidupan ini, ia akan bahagia.

Jika anda mengamati, anak – anak malah cenderung lebih bahagia dari pada orang dewasa. Mengapa ? Mereka bisa memahami dirinya sendiri. Mereka bisa menerima kekurangannya dan menutupi dengan kelebihannya. Anak bisa bersyukur dengan keadaanya.

Bagaimana dengan diri anda ?

Cara berbahagia dengan benar

Mungkin anda masih mawas diri, mengenai kelebihan dan kekurangan anda. Sebenarnya anda sudah menerima kekurangan anda. Sudah bersyukur dengan kelebihan anda. Namun mengapa masih merasa kurang bahagia ?

Cara pertama untuk menjadi bahagia adalah selalu mengingat Tuhan. Dia lah yang menciptakanmu dan menjadikanmu seperti sekarang ini. Semakin sering anda mengingat Tuhan, semakin mudah juga anda mendapatkan ketentraman batiniah. Semakin sering anda mendapatkan ketentraman batiniah, semakin mudah pula anda bahagia.

Cara kedua yang membantu anda bahagia adalah dengan melihat orang – orang yang ada di bawah anda. Maka anda akan merasa bahwa kondisi anda sekarang lebih beruntung. Misal jika anda orang miskin merasa kurang bahagia, maka lihatlah orang – orang yang hidupnya lebih miskin dari pada anda. Atau pengusaha kaya yang anaknya susah diatur. Maka lihatlah rekan rekan anda yang keluarganya berantakan. Anda bisa berusaha untuk mendidik anak lebih baik dengan cara mendekatinya pelan – pelan.

Cara ketiga menemukan cara bahagia yaitu dengan membantu orang yang sedang mengalami kesulitan. Dengan membantu orang yang sedang mengalami kesulitan, dan orang yang anda bantu berterima kasih dengan anda, rasa terima kasih mereka yang disertai senyum bahkan diiringi dengan doa, akan memberikan kebahagiaan yang tak ternilai dengan gelimangan materi. Belum lagi saat kebaikan yang anda lakukan terahadapnya, tanpa anda ketahui, di sebarkan kepada orang di sekitar anda. Tentu hal tersebut akan membuat anda mendapat tanggapan positif bagi orang lain.

Cara keempat cara bahagia yang dapat dilakukan agar anda merasakan kebahagiaan adalah dengan bersabar dan menerima segala yang anda dapatkan saat ini. dengan kata lain dengan melatih bersyukur anda akan mensyukuri sekecil apapun nikmat yang anda miliki. Dengan mencoba 4 cara bahagia tersebut semoga anda selalu dimudahkan dalam segala urusan. By: Izzatur Rosyida