4 Fakta Menarik Tentang Kepribadian Manusia Yang Sering Muncul 4 temperamen ini banyak juga diartikan sebagai 4 kepribadian manusia, yang membentuk perilaku serta sikap seseorang dalam menghadapi situasi atau masalah tertentu. Bisa dikatakan, teori mengenai 4 kepribadian ini adalah salah satu teori kepribadian yang paling kuno dan sudah ada sejak jaman Yunani, dimana salah satu fisikawan dari Yunani bernama Hippocrates mengembangkan teori ini untuk kepentingan medis.

Seiring dengan perkembangan dan juga berjalannya waktu, teori medis ini berkembang menjadi bentuk-bentuk kepribadian, dan sudah banyak dikembangkan atau digunakan, bahkan sebelum ilmu psikologi dan teori-teori mengenai kepribadian dikembangkan.

Apa saja 4 kepribadian yang sering muncul pada manusia?

Kepribadian Manusia

 

Berikut ini adalah 4 jenis kepribadian pada manusia yang sering muncul:

  1. Sanguinis

Kepribadaian pertama adalah kepribadian sanguinis. Kepribadian ini, pada perkembangannya dikaitkan dengan elemen udara, dimana mereka yang memiliki tipe kepribadian atau temperamen sanguinis ini cenderung lebih fleksibel, seprti layaknya istilah “gone with the wind”.

Mereka yang memiliki ciri kepribadian ini, biasanya cenderung banyak berbicara, mudah dalam melakukan sosialisasi, optimistis, dan juga merupakan pribadi yang hangat. Mereka sangat mudah dalam menemukan teman-teman baru, dan juga mampu mengembangkan berbagai macam ide, pikiran, dan juga solusi dalam memecahkan masalah dengan baik dan variatif. Bisa dibilang, mereka yang memiliki kepribadian ini, adalah orang yang kreatif.

  1. Koleris

Kepribadian yang kedua dari 4 macam kepribadian kuno ini adalah tipe koleris. Dalam perkembangannya, tipe kepribadian koleris ini diasosiasikan dengan elemen api.

Mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung mudah marah, impulsif, dan juga cenderung emosional. Mereka mampu meluapkan emosi dengan mudah, dan terkadang mengganggu dan seringkali membuat orang lain merasa tidak nyaman. Mereka banyak melakukan tindakan agresi, serta memiliki energi tubuh yang cukup kuat.

Apabila dikaitkan dengan kehidupan dan aktivitas sehari-hari, mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung fokus dalam tugas-tugas, dan berusaha sebaik mungkin agar tugas yang dilakukan bisa selesai dengan efektif dan juga tepat waktu. Mereka baik dalam memimpin dan juga merencanakan sesuatu, dan merupakan salah satu contoh atau panutan yang bisa diandalkan.

  1. Melankolis

Tipe kepribadian berikutnya adalah tipe kepribadian melankolis. Tipe kepribadian ini diasosiasikan dengan elemen tanah atau bumi.

Mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung terlihat sebagai orang yang serius dan juga berhati-hati. Banyak juga dari mereka yang memiliki kepribadian ini yang cenderung introvert dan dan juga sering terkesan “moody”. Mereka lebih senang menyendiri, atau melakukan segala sesuatu sendirian, karena merasa tidak cocok dengan berbagai macam tipe orang.

  1. Plegmatis

Tipe kepribadian berikutnya adalah plegmatis. Plegmatis diasosiasikan dengan elemen air. Mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung penuh pertimbangan, tenang, sabar, toleran, dan juga cenderung perhatian terhadap siapapun.

Mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung memiliki aura atau atmosfer yang tenang dan membuat nyaman. Banyak dari mereka yang memiliki kepribadian plegmatis ini, yang sering dijadikan sebagai sahabat dan juga teman dekat.

Nah, itulah 4 macam kepribadian manusia, menurut salah satu teori kepribadian yang bisa dibilang tertua yang ada di dalam ilmu mengenai kepribadian manusia. Kira-kira, anda masuk ke dalam tipe kepribadian yang mana yah?

By: Eduardus Pambudi