Membicarakan tentang persahabatan tentu akan lebih menarik apabila mengubungkannya dengan beberapa hal, termasuk fakta ilmiah di baliknya. Oleh sebab itu yuk mari simak ulasan berikut ini tentang, 4 Fakta Ilmiah Yang Perlu Diketahui Tentang Persahabatan.

1. MEDSOS MEMPERLUAS PERTEMANAN

4 FAKTA ILMIAH YANG PERLU KAMU TAHU TENTANG PERSAHABATAN

Pada tahun 1993, antropolog Robin Dunbar dari Universitas Oxford menemukan bahwa setiap individu hanya dapat memiliki teman paling banyak 150 hubungan yang signifikan pada waktu yang sama.

Dunbar tidak mempertimbangkan ledakan jaringan sosial yang terjadi hari ini, tapi ia mengakui bahwa teknologi dapat meningkatkan kapasitas memori dan meningkatkan jumlah teman pada waktu yang sama.

Reader, seorang Dokter Psikologi di Sheffield Hallam University di Inggris, mencatat bahwa, meskipun mayoritas persahabatan dapat terbentuk di luar internet, medsos juga dapat membantu menjaga hubungan, terutama bagi sahabat yang terpisahkan jarak dan kurangnya waktu. Namun demikian, mayoritas orang dewasa ditemukan hanya memiliki dua teman terbaik.

2. PERSAHABATAN BISA LANGGENG KETIKA …

4 FAKTA ILMIAH YANG PERLU KAMU TAHU TENTANG PERSAHABATAN

Kita tahu hal apa yang bisa mengganggu atau tidak disenangi oleh teman. Hal ini bisa membuat hubungan Anda lebih stabil. Inilah kesimpulan Dr. A. Friesen dari Universitas Wilfrid Laurier di Kanada. Friesen menyebut penelitian ini dengan profil “jika-maka”. Dia menyimpulkan bahwa mengetahui reaksi teman saat menghadapi situasi yang berbeda sama pentingnya dengan mengetahui selera mereka.

Karakteristik yang paling menjengkelkan subyek penelitian adalah memiliki teman yang skeptis, mudah menipu, malu, perfeksionis, dan pelupa.

3. PRIA DAN WANITA YANG BERBEDA DALAM BERSAHABAT

4 FAKTA ILMIAH YANG PERLU KAMU TAHU TENTANG PERSAHABATAN

Persahabatan adalah hal yang penting, terutama bagi perempuan. Untuk pria, menurut sebuah penelitian tahun 2012 di Departemen Epidemiologi dan Kesehatan Masyarakat di Universitas London, ikatan keluarga lebih penting.

Para ilmuwan mempelajari 6,500 pria berkebangsaan Inggris yang lahir pada tahun 1958 dan menemukan bahwa pernikahan adalah yang lebih bermanfaat bagi kesehatan mental laki-laki daripada persahabatan, karena memaksa mereka membentuk ikatan keluarga. Namun, berlaku sebaliknya untuk wanita, karena mereka cenderung kehilangan teman ketika akan menikah.

Persahabatan bagi perempuan juga dapat sangat mempengaruhi tipe karakternya dan bagaimana mengatsasi masalah

Memulai atau mempertahankan hubungan sangat dipengaruhi oleh hormon oksitoksin yang mengurangi tingkat ketegangan dan menghasilkan efek menenangkan.

4. PERSAHABATAN BAIK UNTUK KESEHATAN

4 FAKTA ILMIAH YANG PERLU KAMU TAHU TENTANG PERSAHABATANTidak masalah jika Anda perempuan atau laki-laki, memiliki teman-teman adalah hal yang baik. Orang yang memiliki  jaringan teman yang luas cenderung lebih bebas dari ketegangan, stres, serta memiliki pertahanan diri yang kuat dan hidup lebih lama.

Teman mendorong kebiasaan yang baik dapat mengusir depresi, membantu Anda mengatasi penyakit dan menyebabkan kesenangan dan kebahagiaan.

Tidak memiliki jaringan dukungan sosial dapat mengakibatkan risiko kematian yang lebih tinggi dari obesitas atau menjalani hidup berpindah-pindah tanpa olahraga, begitu kesimpulan J. Holt-Lunstad, profesor psikologi dan kepala penelitian di Universitas Brigham Young. By: Mirza Miranti