4 Cara Mengatasi Demam Panggung Akut

4 Cara Mengatasi Demam Panggung Akut

February 23, 2017 Off By admin

4 Cara Mengatasi Demam Panggung AkutCara Mengatasi demam panggung – Tampil di depan banyak orang bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Seolah – olah semua mata bukan hanya memperhatikan apa yang sedang kita lakukan, namun juga penampilan dari atas sampai bawah yang sedang kita kenakan.

Malu, takut, khawatir jika salah, khawatir jika tampilan kita jelek, atau perasaan mengganjal pasti di alami oleh semua orang yang mengalami demam panggung.

Anda tahu, hal ini bukanlah sifat dan perilaku yang baik. Rasanya ingin merubahnya. Namun setiap kali anda berusaha untuk tampil, maka perasaan demam panggung pun kembali muncul jika kita tidak terbiasa. Bahkan anda melakukan beberapa hal yang bisa disebut ‘memalukan’ untuk dikenang. Setelah kejadian itu, anda berniat untuk tidak lagi berhadapan dengan panggung atau ruang publik untuk menampilkan ketrampilan anda. Harapannya, kejadian memalukan tersebut tidak lagi terulang di masa datang.

Sayang, menolak untuk tidak tampil di atas panggung bukan hal yang mudah. Karier anda tidak akan meningkat, justru stagnan atau malah mundur. Karena anda tidak berani tampil di depan umum. Anda menyadari kekurangan ini. Sebenarnya, anda ingin mencoba kembali menampilkan ketrampilan di muka umum. Hanya saja, demam panggung ini belum hilang.

Lantas, apa yang sebaiknya anda lakukan ?

Seperti apa demam panggung ?

Percayalah, bahwa semua orang pernah mengalami demam panggung. Artis – artis ternama yang sering tampil, para orator, penyanyi, mc, moderator, semua orang yang menampilkan ketrampilan diri pernah mengalami demam panggung. Hanya saja, mereka berhasil menaklukan demam panggung tersebut. Karena mereka yakin, tetap terbelenggu dalam demam panggung tidak akan membuatnya sukses.

Begitu pula dengan anda. Jika anda mengalami demam panggung, ini adalah hal yang biasa. Wajar dirasakan oleh orang yang mau tampil. Beberapa gejala yang anda alami seperti tangan jadi dingin, keluar keringat dingin, tangan basah, tubuh rasanya panas, kaki gemetaran, kadang pusing, terasa pingin buang air kecil atau buang air besar, tangan gemetar, suara mendadak parau sampai hilang.

Dalam keilmuan psikologi, demam panggung atau perasaan nerveos saat hendak tampil adalah hal yang wajar. Bahkan jika anda mengalami beberapa gejala diatas, juga masih dianggap normal. Hal ini di sebut psikosomatis. Anda hanya perlu rileks dan tenang agar beberapa gejala di atas bisa reda dan hilang.

Cara mengatasi demam panggung

Semua orang pasti mengalami demam panggung. Termasuk artis terkenal sekalipun. Hanya saja, mereka memiliki cara untuk mengatasi demam panggung tersebut. Tentu saja antara satu orang dengan orang lain berbeda – beda. Tergantung pada kenyamanan dan ketenangan masing – masing orang.

Namun ada beberapa hal atau tips yang bisa membuatmu lebih santai. Sehingga demam panggung bisa teratasi. Seperti apa sajakah ? Simak ulasan berikut ini :

  1. Tarik napas dalam dan lepaskan

Untuk mengatasinya, coba anda melakukan pernapasan dalam. Coba tarik napas dalam dan lepaskan pelan – pelan. Hal ini berguna untuk mengatur sirkulasi darah anda agar lancar. Jantung anda yang berdegup kencang lama – lama akan pelan ritmenya. Kepala yang terasa panas akan sedikit dingin. Anda bisa mengulangi beberapa kali melakukan pernapasan dalam agar lebih lega.

  1. Jika kebelet BAB atau BAK, segera ke toilet

Termasuk juga saya, apabila mengalami demam panggung terasa perut mules dan ingin kencing. Oleh sebab itu, saya membiasakan untuk melancarkan hal tersebut dengan segera pergi ke toilet. Tujuannya agar semuanya lega. Setelah dari toilet biasanya saya menjadi lebih tenang. Mungkin hal ini juga berlaku untuk anda.

  1. Kuasai materi yang akan anda tampilkan

Penting untuk anda menguasai materi yang hendak ditampilkan. Tentu saja bukan sehari semalam waktu menghapal atau menguasainya. Perlu waktu yang lama agar anda bisa memahami hal tersebut. Usahakan di lokasi panggung, anda tidak perlu untuk belajar lagi. Karena anda yakin sebelum-sebelumnya sudah latihan dengan baik.

  1. Berdoa

Ini adalah hal yang paling penting dan pokok. Selalu berdoa agar diberikan yang terbaik kepada Allah. Dengan berdoa, biasanya hati menjadi lebih tenang. Pikiran juga semakin optimis bahwa anda bisa melakukan.

Baca juga 10 TIPS PERCAYA DIRI BERBICARA DI DEPAN UMUM

Cobalah 4 cara mengatasi demam panggung di atas dengan konsisten. Dan ingat tidak ada segala sesuatu yang instan dan cepat didapatkan. Berproses adalah langkah terbaik dalam menjalani itu semua. Raihlah panggungmu dan raihlah kesuksesanmu. By: Izzatur Rosyida