3 Tanda Kamu Termasuk Sosok yang Percaya Diri

Tanda Percaya diri yakni kemampuan bagi setiap individu dalam memupuk dan mengembangkan penilaian yang positif dalam diri maupun lingkungan sekitar. Untuk itu, tentunya, orang yang mempunyai tingkat kepercayaan diri akan melakukan segala hal tanpa disertai kekhawatiran maupun ketakutan terhadap reaksi disekitarnya. Satu fakta yang harus kita ketahui yakni keperrcayaan diri bukanlah suatu hal yang berasal dari bawaan lahir atau bakat, namun tingkat kepercayaan diri perlu ditumbuhkan dan terus dilatih.

Meskipun percaya diri atau kita biasa menyebutnya dengan istilah Pede ini berdampak positif bagi individu serta lingkungan sekitar, namun tetap saja ada beberapa hal yang sebaiknya disesuaikan supaya tidak berlebihan. Untuk mengetahui apakah kamu termasuk sosok yang percaya diri, berikut kriterianya :

  1. Untuk Percaya Diri, Kamu Tidak Butuh Pujian ataupun Rasa Hormat

Mayoritas orang tentunya akan semakin bertambah tanda percaya diri ketika banyak pujian bahkan rasa hormat datang ketika ia melakukan suatu hal. Sangat manusiawi sekali, bagi orang yang telah berhasil menyelesaikan suatu hal dengan baik untuk semakin merasa percaya diri dengan kemampuannya. Namun perlu kita fahami lagi bahwa orang yang percaya diri tidak membutuhkan pujian untuk menumbuhkan kepercayaan terhadap kompetensi diri yang dimiliki. Apapun dan bagaimanapun kondisinya, seorang yang percaya diri tidak akan menunggu pujian datang terlebih dahulu untuk meyakinkan bahwa dirinya memang betul – batul mampu.

  1. Kamu Tidak Perlu Takut Ditolak Karena Kamu Berbeda

Seseorang yang sedang melakukan sebuah penyesuaian atau beradaptasi tentunya bisa mengimbangi kondisi lingkungan disekitarnya tanpa meninggalkan karakteristik positif yang sudah dimiliki sebelumnya. Seseorang yang percaya terhadap dirinya akan selalu berpikir positif, sehingga untuk bisa diterima dilingkungan barunya, ia tidak perlu berubah menjadi orang lain.

Be Your Self! Karna orang yang percaya diri tidak akan pernah takut ditolak oleh lingkungan sekitar karna berbeda, justru perbedaan inilah yang akan menjadikan dirimu unik serta menarik. Asalkan perbedaan yang kamu bangun merupakan hal yang positif serta tidak melanggar norma sekitar, tentunya kamu bukan hanya diterima oleh lingkungan baru, namun kamu akan semakin tumbuh menjadi pribadi yang menarik.

  1. Bijak Menghadapi Penolakan Ketika Kamu Berbeda

Hidup adalah proses belaja tiada henti, itulah mengapa setiap individu akan selalu dihadapkan pada tantangan baru yang lebih rumit dibandingkan tantangan sebelumnya yang telah terselesaikan. Hikmahnya, ketika kita bisa mengendalikan emosi negatif dalam diri tentunya kita akan semakin tumbuh menadi pribadi yang berkaakter kuat. Tidak selamanya kita selalu diterima oleh lingkungan sekitar, ada kalanya sebuah penolakan datang untuk menguji seberapa tinggi tingkat kepercayaan dirimu.

Kita tidak harus menjadi merah ketika lingkungan sekitar kita berwarna merah. Kuncinya, yakni tetap menjadi diri sendiri selama hal tersebut tidak menyalahi aturan atau norma yang berlaku. Jika ditolak, maka bijaklah dalam menyingkapinya karena semua ini akan proses yang akan menentukan tingkat kekuatan karakter yang terbentuk nantinya. By: Nurus Syarifatul Ngaeni