3 Langkah Hadapi Anak Yang Mulai Beranjak DewasaMempunyai seorang buah hati merupakan suatu anugerah yang tidak bisa dijabarkan dengan kata-kata. Kehadirannya mampu membawa warna baru dalam sebuah kehidupan keluarga dan tentu saja dalam kehidupan rumah tangga. Membesarkan mereka dengan penuh cinta dan kasih sayang adalah suatu pekerjaan yang akan selalu Anda emban sepanjang hidup. Akan tetapi, membesarkan anak bukanlah hal yang mudah karena sebagai orang tua harus selalu ada untuk mereka dan selalu siap jika mereka membutuhkan orang tua. Mengetahui langkah untuk meng- hadapi anak yang mulai beranjak dewasa adalah hal yang sangat penting untuk di lakukan.

Langkah Hadapi Anak Yang Mulai Beranjak Dewasa

Membesarkan anak memang tidak mudah terlebih jika mereka sudah mulai memasuki usia-usia remaja di mana mereka akan mulai mencari jati diri, mulai memberontak ketika Anda mencoba menasehati tentang apa yang mereka kerjakan. Lalu, bagaimana seharusnya yang dilakukan orangtua untuk membimbing anak agar dapat tumbuh menjadi pribadi yang positif? Berikut 3 hal yang bisa Anda lakukan untuk membimbing anak menjadi pribadi yang positif.

  1. Dukung Mereka untuk Mandiri

Belajarlah melepas anak Anda sendirian. Biarkan mereka memilih apa yang mereka sukai dan buatlah mereka percaya pada kekuatannnya sendiri. Terkadang, sebagai orangtua banyak sekali ketakutan ketika melihat anak ingin melakukan hal bersama teman-temannya atau mengerjakan sesuatu yang dapat membuat mereka terluka.

Namun, sebagai orangtua juga harus belajar untuk membiarkan mereka untuk merasakan apa itu terluka dan apa itu kehilangan agar mereka mampu untuk bangkit dan berjuang. Membuat mereka mengerti cara bangkit dan berjuang merupakan cara membantu mereka untuk mandiri.

  1. Mencintai Diri

Ketika beranjak dewasa, anak akan mengalami perubahan, baik secara fisik atau pola pikiran mereka. Lalu, apa yang bisa Anda lakukan? Ketika anak mengalami perubahan, terkadang mereka merasa risih atau tidak nyaman. Jika dibiarkan terus menerus, mereka akan membanding-bandingkan dirinya sendiri dengan orang lain.

Ajari anak untuk menerima apa yang terjadi dalam kehidupannya. Ajari mereka untuk menerima diri mereka. Ajari mereka untuk mencintai dirinya sendiri sebagai karunia dari Tuhan yang wajib untuk dirawat dan dijaga. Dari mencintai diri, anak akan berhenti untuk membuat perbandingan dengan orang lain dan justru akan menghargai sekelilingnya.

  1. Mendengarkan Kata Hati

Anak-anak akan selalu bertanya pada Anda tentang apa yang akan mereka kerjakan, bagaimana jika nanti hasilnya jelek, bagaimana jika nanti hasilnya mengecewakan, atau mereka mengeluh tentang sebenarnya mereka ingin melakukan suatu hal namun takut. Hal-hal tersebut sangat wajar karena mereka belum sepenuhnya dewasa.

Tugas Anda adalah untuk membuat mereka yakin dengan dirinya sendiri dan mendengarkan kata hati mereka sendiri. Dengan begitu anak akan tumbuh menjadi dirinya sendiri dan memiliki prinsip yang kuat untuk menjalani hidup.

Itulah beberapa hal yang bisa kita cermati untuk meng- hadapi Anak Yang Mulai Beranjak Dewasa, Sebagai orangtua pastilah akan tumbuh sesuai dengan masa-masa anak, mulai ketika mereka bayi, anak-anak, remaja, hingga dewasa. Dengan berkembangnya masa pertumbuhan mereka, tentu orang tua memiliki peran berbeda-beda. Ketika Anda harus menjalani peran tersebut dengan baik, jangan pernah memaksakan kehendak Anda pada anak. By: Tri Indarti


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia