3 Hal Ini Dapat Menjadikan Anda Gagal Dalam BerusahaGagal dalam berusaha. Pernah suatu kali mungkin Anda bekerja keras membanting tulang, belajar setiap hari hingga larut malam, mencintai seseorang dengan sangat tulus, dan mencoba untuk berusaha apapun yang bisa Anda lakukan. Namun, hasilnya ternyata belum membuat Anda sukses menurut versi Anda bahkan Anda dapat dikatakan mengalami kegagalan yang membuat Anda terpuruk dan merasa tidak lagi bisa melakukan apapun, pasrah.

Gagal jika diartikan adalah keadaan di mana Anda tidak berhasil mewujudkan dan tidak tercapainya tujuan atau cita-cita yang telah Anda buat. Gagal membawa sebuah risiko seperti patah hati, kerugian secara materil atau mungkin kehilangan apa yang Anda miliki.

Kebanyakan dari kita atau mungkin Anda, ketika mengalami kegagalan akan mulai menyalahkan keadaan dan mencari kambing hitam dari kegagalan yang Anda alami. Namun, apa yang sebenarnya membuat gagal menghampiri kita? Berikut ada beberapa hal yang semoga dapat membuat kita belajar lagi.

  1. Tidak Menyadari Potensi

Seringnya Anda memaksakan untuk melakukan berbagai hal yang sebenarnya Anda tidak mampu melakukannya. Hal itu justru akan membuat Anda dengan mudah mengalami kegagalan. Sebaiknya, berterus teranglah pada diri Anda sendiri tentang potensi yang Anda miliki agar Anda tahu apa yang tepat yang bisa Anda lakukan secara maksimal. Memaksakan mengerjakan apa yang Anda tidak mampu Anda lakukan akan menghasilkan sesuatu yang tidak maksimal oleh karena itu Anda akan mudah gagal.

  1. Terlalu Cepat Menyerah

Anda cepat mengatakan bahwa saya tidak bisa, saya tidak mampu padahal sebenarnya Anda belum berusaha jauh lebih keras dan tekun lagi atau bahkan Anda sebenarnya belum mencobanya? Bertekunlah dalam belajar dan mulailah segala sesuatu dengan hati, karena apapun yang dilakukan dengan hati dan mampu bertekun, mau terus belajar akan menjauhkan Anda dari kegagalan yang barangkali akan Anda alami.

  1. Angkuh

Mungkin anda akan menyangkal ketika membaca kata di atas. Anda merasa tidak pernah melakukan hal tersebut, tapi apakah benar? Sifat angkuh sebenarnya dimiliki oleh semua orang namun semua bergantung pada pribadi masing-masing untuk menahan setiap tingkah laku dan ucapan.

Mungkin, Anda pernah suatu kali berkata tentang banyak hal yang sudah Anda lakukan, sudah Anda miliki, dan dengan tidak sengaja merendahkan orang lain melalui ucapan atau tidakan Anda. Hal itu dapat membuat orang lain sakit hati. Hal tersebut akan memicu kegagalan apapun yang Anda lakukan.

Hal yang paling mudah dilakukan ketika mengalami kegagalan adalah mencari siapa-siapa saja yang membuat usaha kita hancur dan akhirnya mengalami kegagalan. Kita sering melakukan hal tersebut dan jarang bahkan tidak mau duduk diam dan melihat ke dalam diri kita sendiri.

Menyadari apapun kesalahan kecil yang pernah kita lakukan dan memberbaikinya akan mengantarkan kita pada kesuksesan dibanding terus menerus mencari kambing hitam. Berlakulah dengan baik agar mendapatkan hal yang baik juga. (Tri Indarti)