3 Cara Mudah Dan Sederhana Mendeteksi Bakat Dan Minat yang Anda MilikiBakat dan minat merupakan salah satu hal yang penting untuk dikembangkan agar anda bisa menjalani kehidupan dengan lebih bermakna. Dengan mengembangkan bakat dan minat, maka anda akan lebih mudah mengarahkan kehidupan anda menjadi lebih optimal. Namun demikian, masalah yang sering muncul adalah anda bahkan tidak tahu bakat dan minat apa yang anda miliki.

Cara Mendeteksi Bakat dan Minat

Banyak yang sulit melihat minat dan bakat yang dimiliki, dan akhirnya hanya menebak-nebak saja. Nah, berikut ini adalah beberapa hal dan cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mendeteksi bakat dan juga minat yang anda miliki :

  1. Ingat kembali pelajaran sekolah yang paling menyenangkan untuk anda

Apabila saat ini anda sudah berusia dewasa, atau baru akan menginjak masa dewasa, maka anda bisa mengingat kembali mata pelajaran di sekolah dulu yang anda rasa menyenangkan. Metode belajar di Indonesia memiliki banyak sekali pilihan mata pelajaran, dan biasanya salah satu dari mata pelajaran tersebut terasa sangat menyenangkan bagi anda. Anda merasa tidak ingin melewatkan mata pelajaran tersebut, atau anda memiliki nilai paling tinggi dalam mata pelajaran tersebut. Bisa jadi, hal yang berhubungan dengan mata pelajaran tersebut menjadi bakat dan minat anda.

  1. Rasakan emosi yang muncul ketika anda melakukan sesuatu

Ketika melakukan suatu hal, kita akan merasakan emosi yang muncul. Mulai dari bangga, senang, sedih, kecewa, kesal dan sebagainya. Nah, cara sederhana dan mudah untuk mendeteksi bakat dan minat anda adalah melihat situasi atau hal apa yang memunculkan emosi positif ketika anda lakukan.

Misalnya saja anda merasa senang, bahagia dan bangga ketika berhasil membuat sebuah karya seni. Maka hal itu bisa jadi suatu pertanda bahwa bakat dan minat anda adalah di dunia seni. Yang terpenting adalah anda selalu merasakan munculnya emosi positif ketika melakukan sesuatu.

  1. Coba lihat silsilah keluarga anda

Nah, berhubung bakat dan juga minat dapat terbentuk karena faktor keturunan dan gen, maka tidak ada salahnya anda melihat dan mengamati silsilah keluarga anda. lihatlah orangtua, kakek, nenek, om, tante, atau siapapun di dalam keluarga anda. Apakah ada satu bakat dan minat unik yang mungkin saja bisa anda warisi? Meskipun tidak selalu berhasil, namun cara ini paling tidak bisa menstimulasi anda dalam mencari dan menemukan bakat dan minat yang anda miliki.

Itulah 3 cara mudah dan sederhana yang bisa anda lakukan untuk mendeteksi bakat dan juga minat yang anda miliki. Jadi, anda tidak perlu repot-repot mencari tahu menggunakan tes minat bakat, ataupun menggunakan metode rumit lainnya. Cukup dengan menggunakan 3 cara sederhana tersebut, anda sudah bisa menemukan, kira-kira anda memiliki bakat dan minat yang kuat di bidang seperti apa.

Tahap selanjutnya hanyalah dengan menyadari dan mengembangkan minat dan bakat yang anda miliki, supaya menjadi optimal dan mampu mengarahkan tujuan hidup anda dengan baik. Selamat mengeksplor dan mendeteksi bakat dan minat anda. Psikologi Mania