3 Cara Membuat Anak Semangat Sekolah

3 Cara Membuat Anak Semangat Sekolah

September 28, 2016 Off By admin

3 Cara Membuat Anak Semangat SekolahCara Membuat Anak Semangat Sekolah. Pernahkah Anda mengamati anak-anak yang sedang dalam perjalanan menuju ke sekolah? Jika pernah, apa yang Anda lihat dari wajah anak-anak tersebut? Semangat atau sedih? Atau mungkin Anda sedang melihat anak kecil dengan bekas lelehan air mata yang belum kering? Ya semua hal tersebut sering kita lihat, tidak jarang sebelum pergi ke sekolah anak-anak menangis karena mungkin masih ngantuk namun tidak jarang pula kita melihat anak-anak yang begitu semangat berangkat ke sekolah bahkan mereka berani berangkat sendiri ke sekolah.

Sebagai tenaga pendidik, tentu hal tersebut menjadi tugas yang cukup berat bukan untuk membuat anak-anak menjadi gemar ke sekolah? Tenaga pendidik diharuskan membuat anak-anak tersebut percaya pada Anda dan membuat mereka yakin bahwa sekolah adalah tempat yang sangat menyenangkan dan nyaman untuk mereka. Lalu, bagaimana cara membuat anak-anak gemar pergi ke sekolah? Berikut beberapa tips untuk Anda.

Cara Membuat Anak Semangat Sekolah

  1. Reward

 

Anak-anak mudah sekali mengalami perubahan mood. Oleh karena itu, coba ubah mood mereka dengan menyambut peserta didik Anda di pintu gerbang atau pintu kelas. Mereka akan merasa nyaman dengan kehadiran Anda. Mereka akan merasa bahwa sekolah adalah rumah mereka di mana mereka menemukan sosok “Ibu” di sana. Berikan satu bungkus permen atau satu buah pensil atau penghapus dengan bentuk yang lucu kepada anak-anak yang pada hari itu kurang semangat ketika masuk sekolah, dengan begitu mereka akan merasa bahwa Anda sangat senang dengan kehadiran mereka.

  1. Pahami Anak Murid

 

Perhatikan anak-anak peserta didik Anda baik-baik. Cobalah untuk memahami apa yang mereka rasakan hari itu dan coba untuk mengerti apa yang membuat mereka tidak minat sekolah hari itu. Mengantuk dan takut biasanya mendominasi pikiran mereka hingga membuat mereka enggan pergi ke sekolah. Dekati mereka pelan-pelan lalu ajak mereka berkomunikasi dengan lembut dan jangan memaksa untuk tahu apa yang terjadi. Berikan mereka waktu untuk siap bercerita pada Anda. Tidak jarang hal tersebut akan membuat anak-anak menangis tanpa sempat bercerita pada Anda. Oleh karena itu, peluklah anak tersebut dengan erat dan katakan bahwa ia tidak sendirian.

  1. Mengajar yang Menyenangkan

 

Anak-anak memiliki sifat cepat sekali bosan jika masuk dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu, carilah metode yang menyenangkan untuk mereka seperti belajar budi pekerti lewat dongeng yang diperagakan dengan boneka. Teruslah menggali metode belajar yang ringan dan menyenangkan untuk mereka, sebab hal itu akan membantu mereka untuk terus semangat ke sekolah.

Peserta didik memang bukanlah anak Anda sendiri. Mereka adalah anak orang lain yang harus Anda ambil alih untuk sementara waktu. Ya, memang hanya sementara waktu namun Anda harus menyadari bahwa dalam waktu yang sedikit tersebut sebenarnya Anda sedang membekali mereka untuk melangkah di masa depannya. Jadi, sayangi mereka dan lindungi mereka.

By Tri Indarti