27 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Wajib Diketahui Pelamar Kerja

27 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Wajib Diketahui Pelamar Kerja

December 30, 2016 Off By admin

27 Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Wajib Diketahui Pelamar KerjaContoh Pertanyaan Wawancara Kerja – Wancara kerja adalah sebuah tahapan yang memang harus dilalui oleh siapa saja yang sedang mencari suatu pekerjaan ataupun dalam pada saat mereka menginginkan untuk mendapatkan pekerjaan baru. Maka tak mengherankan, jika tahapan ini seringkali membuat seseorang deg-degan ataupun stress. Untuk anda yang akan menghadapi wawancara kerja maka anda harus banyak mencari referensi guna mempersiapkan wawancara kerja nantinya.

Banyak sekali persiapan yang dapat dilakukan salah satunya adalah mencari sumber referensi contoh pertanyaan wawancara kerja di berbagai sumber. Salah satu usaha dan ikhtiar dalam mempersiapkan diri untuk melakukan wawancara kerja adalah dengan membaca beberapa artikel psikoma tentang karir.

Berikut ini akan di bahas mengenai 27 contoh pertanyaan wawancara kerja yang wajib anda ketahui sebagai bekal dan referensi.

Contoh pertanyaan wawancara kerja di awal biasanya pertanyaan seputar data pribadi

Pertanyaan seputar data pribadi ini biasanya dipergunakan guna membuka percakapan dan juga untuk mencairkan suasana wawancara kerja yang memang biasanya di awal kaku dan tegang. Meskipun sebagai pertanyaan yang umum sebaiknya anda harus antusias dalam menjawabnya.

  1. Ceritakanlah Diri Anda?

Jika anda adalah Profesional

Kandidat: Nama saya Tamimy, saya merupakan alumni Jurusan Psikologi Universitas Mulawarman. Sekarang saya bekerja di PT Sehat Sejahtera sebagai Manager HRD. Saya telah bekerja di perusahaan tersebut semenjak Febuari 2011.

Jika anda adalah FreshGraduate

Kandidat: Perkenalkan nama saya tamimy, saya merupakan alumni jurusan psikologi Universitas Diponegoro. Saya merupakan anak ke 2 dari 6 bersaudara. Selain kuliah saya juga merupakan aktif di aktivitas kemahasiswaan di mana saya berhasil menjadi Presiden BEM universitas Diponegoro dan di tahun berikutnya saya dipercayai oleh teman-teman sebagai Ketua BEM Seluruh Indonesia yang mengkoordinatori gerakan Mahasiswa di seluruh NKRI.

  1. Mengapa Anda Memilih Jurusan Psikologi

Kandidat: Saya menyadari bahwa saya memiliki minat dan antusias dalam berkomunikasi, memahami, dan mengamati setiap perilaku orang-orang di sekitar saya. Dengan kuliah di jurusan psikologi, selain saya dapat menekuni apa yang menjadi minat saya, saya juga dapat lebih terarah dalam mengembangkan kemampuan saya di bidang keilmuan psikologi, maupun penerapan psikologi. Selain itu saya mengambil peminatan konsentrasi di bidang Industri, sehingga dengan apa yang telah saya pelajari maka penerapan ilmu yang saya miliki dapat berkontribusi dalam industri dunia kerja yang akan saya masuki nantinya.

  1. Selama Kuliah, Bagaimana Anda Membiayai Kuliah Anda?

Kandidat: Selama masa perkuliahan selain mendapatkan beasiswa mahasiswa berprestasi yang di berikan oleh lembaga pemberi jasa seperti Bank, dan Yayasan saya pun nyambi sebagai penulis di beberapa media cetak dan elektronik. Karena saya  paham, sebagaimana saudara saya masih belia yang membutuhkan biaya, maka saya berusaha untuk tidak membebani orang tua dengan biaya kuliah saya.

  1. Apakah Anda Memiliki Rencana Untuk Melanjutkan Pendidikan?

Kandidat: Ya, rencana 4 tahun yang akan datang. Hal ini dikarenakan dengan melanjutkan pedidikan ke strata 2 jurusan psikologi, selain mendapat wawasan dan meningkatkan ilmu pengetahuan saya, hal tersebut juga dapat meningkatkan karir saya di masa yang akan datang.

  1. Selain Pendidikan Formal, Apakah Saat Ini anda Memiliki Keterampilan Lain?

Kandidat: Ya. Selama masa perkuliahan saya aktif di bidang olahraga karate. Di cabang olahraga karate saya pernah medapatkan sertifikasi kepelatihan dan juga pernah menjuarai beberapa event kejuaraan tingkat kota maupun Provinsi. Selain itu saya juga beberapa kali mengikuti kepelatihan kepemimpinan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia sebagai salah satu perwakian organisasi beasiswa binaan Bank Indonesia yang di adakan di IPC Bogor. Keterampilan saya yang lain adalah dapat melakukan hypnotis, dan juga standup comendy.

  1. Menurut Anda, Apa Makna Pekerjaan Untuk Anda?

Kandidat: bagi saya, pekerjaan tak semata hanya mencari uang dan penghasilan. Namun di situ saya dapat menyalurkan eksistensi, kontribusi, dan memberikan manfaat bagi kemajuan perusahaan yang menjadi tempat bernaung saya nantinya.

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja Tentang Pengalaman dan Juga Keterampilan

Pertanyaan tentang pengalaman dan juga keterampilan biasanya ditujukan guna mengtahui tujuan karir anda, bagaimanakan anda bekerja, kontribusi anda, dan juga loyalitas anda saat anda menghadapi suatu permasalahan dalam pekerjaan. Dari jawaban yang telah anda berikan, pewawancara dapat menilai, seberapa baik kah anda daripada pelamar yang lain di posisi yang tengah di perebutkan.

  1. Apa Kelebihan Dan Kekurangan Anda

Kandidat: Kelebihan yang saya miliki adalah dapat dengan cepat menyesuaikan dengan lingkungan, jujur, pekerja keras, mudah mengerti instruksi, memiliki selera humor yang baik. Sementara itu kelemahan yang saya miliki adalah terkait dengan hal-hal  detail terkait dengan pencatatan buku saku.

  1. Apakah Anda mempunyai Hubungan Yang Baik Dengan Rekan Anda Bekerja?

Kandidat: “Ya. Saya pikir hubungan yang saya miliki dengan beberapa teman kerja berjalan dengan sangat baik. Pun jika ada permasalahan terkait dengan pembagian tugas dan tanggung jawab dalam bekerja, kami menyelesaikan dengan baik dengan berdiskusi di waktu senggang. Sehingga sumber permasalahan dalam hubungan dengan rekan kerja tetap terjalin dengan baik dan jelas.

  1. Anda Lebih senang Bekerja Sendirian ataukah Dalam Tim?

Kandidat: Hal tersebut bergantung pada jenis pekerjaan yang mana harus saya selesaikan. Meskipun pada dasarnya saya cenderung lebih senang bekerja seorang diri, namun saya dapat menyesuaikan jika harus bekerja dalam sebuah tim.

  1. Jika Anda Bekerja Dalam Tim, Maka Posisi Apa Yang Anda Pilih?

Kandidat: “ Saya lebih senang menjadi seorang pemimpin dalam tim. Yang mana saya dapat memberikan arahan sesuai dengan pengalaman yang saya miliki, dan memberikan gambaran konsep secara umum mengenai projek yang akan di kerjakan, demi kesuksesan bersama.

  1. Bisakah Anda Bekerja Dalam Kondisi Di Bawah Tekanan

Kandidat: “ Selama ini saya mampu mengatasi tekanan dalam pekerjaan yang saya kerjakan. Selain itu saya pikir adanya sebuah tekanan adalah hal yang biasa dalam sebuah pekerjaan, dan tekanan yang muncul justru berdampak positif bagi diri saya, dikarenakan saya akan mengeluarkan potensi terbaik yang saya miliki, dan membuat saya lebih terampil dan inisiatif dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

  1. Bagaimana Sikap Anda Jika Muncul Kritik Pada Diri Anda?

Kandidat: “ menurut hemat saya, setiap manusia adalah makhluk yang cenderung tidak senang dalam menerima kritikan. Namun jika kita tak mendengarkan kritik dari orang lain, tentu kesalahan dan kekurangan yang kita perbuat tidak akan dapat terdeteksi dengan baik. Oleh sebab itulah saya membiasakan diri untuk selalu mendengar kritikan, untuk menjadi bahan evaluasi diri agar, kekurangan yang kita miliki dapat di perbaiki menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

  1. Menurut Anda, Orang Yang Bagaimanakan yang akan Sulit Untuk Diajak Kerjasama?

Kandidat: “ Menurut saya, orang yang sulit di ajak bekerjasama adalah orang yang sulit untuk menerima kritikan, dan terlalu percaya diri dengan apa yang tengah di kerjakan. Selain itu orang yang banyak mengeluh, dan bermalas-malasan dalam bekerja adalah orang yang sulit untuk di ajak dalam bekerjasama.

  1. Jika Bawahan Anda Melakukan Suatu Kesalahan, Maka Apa Yang Akan Anda Lakukan?

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja yang selanjutnya adalah pertanyaan seputar penyikapan anda terhadap sebuah masalah yang tengah di hadapi dalam lingkungan pekerjaan.

Kandidat: “ Sebagai sebuah alamiah atau fitrah jika manusia adalah makhluk yang tidak sempurna. Oleh sebab itu, jika bawahan saya melakukan kesalahan, maka terlebih dahulu langkah awal yang saya lakukan adalah mencari penyebab daripada munculnya kesalahan yang di perbuat oleh bawahan saya. Setelah itu, maka saya akan menentukan tindakan yang adil demi perbaikan dan meningkatkan kepercayaan diri bawahan saya kelak. Hal itu demi sebuah meningkatkan produktifitas.

  1. Jika Mengalami Masalah Besar Dalam Pekerjaan, Apa Yang Akan Anda Lakukan?

Kandidat: “ jika hal demikian saya alami, maka langkah pertama adalah mencari sumbr permasalahan. Setelah itu saya akan konsultasi dan bertanya pada mereka yang senior dan lebih banyak pengalaman. Dari beberapa solusi yang saya dapatkan, maka saya akan menyusun langkah perbaikan kedepan. Sejalan dengan perbaikan yang sedang saya lakukan, saya akan menetapkan langkah dan tindakan guna menegah agar saya tidak mengalami permasalahan yang sama.

  1. Apa Yang Menjadi Penyebab Anda Pindah Dari Pekerjaan Sebelumnya?

Kandidat: “ Saya pindah pekerjaan karena, saya ingin melakukan hal yang lebih menanting, dan memaksimalkan potensi yang saya miliki. Dan hal itu saya pikir perusahaan ini adalah tempat yang tepat untuk melakukan hal itu semua.

  1. Apa Yang Menjadi Halangan Tersulit Di Pekerjaan Sebelumnya

Kandidat: “ Halangan tersulit adalah jam kerja yang tak teratur. Terkadang saya harus bekerja di pagi hari dan di satu waktu saya harus bekerja di malam hari.

  1. Apakah Anda Pernah Absen Bekerja?

Kandidat: “ Sepanjang yang saya ingat, saya tak pernah melakukan hal yang demikian. Terkecuali dalam kondisi darurat, saat istri saya tengah melahirkan dan saya harus menjaganya. Disamping itu pada saat saya sakit saya mengkonfirmasi pada atasan saya jika memang saya tidak dapat masuk bekerja.

  1. Apakah Anda Bersedia Jika Dituntut Untuk Bekerja Lembur?

Kandidat: “ Bersedia, dan hal tersebut tidaklah menjadi masalah bagi saya.

  1. Apa Yang Membuat Anda Mau Bekerja Di Tempat Kami?

Kandidat: “ Perusahaan ini menawarkan pekerjaan yang mana hal tersebut sesuai dengan pengalaman dan juga pendidikan yang menjadi background saya. Dengan demikian, maka saya akan dapat berkontribusi dalam memberikan hal terbaik dalam kemajuan perusahaan ini.

  1. Seberapa Baikkah Anda Dalam Mengenal Perusahaan Kami?

Kandidat: “ Saya telah mengenal perusahaan ini dan juga banyak teman saya di group diskusi membicarakan pencapaian dan produk perusahaan ini. Bahkan saya pun menggunakan produk daripada perusahaan ini.

  1. Jelaskan Rencana Anda dalam 5 Tahun yang Akan Datang?

Kandidat: “Apabila saya diterima untuk bekerja di sini, maka dalam 5 thn kedepan saya ingin menjadi seorang Manager bagian HR. Oleh sebab itulah, saya telah mempelajari dan memahami ruang lingkup daripada pekerjaan dan juga tanggung jawab di posisi tersebut.

  1. Apakah Anda Siap Untuk Menerima Tanggung Jawab Yang jauh Lebih Besar?

Kandidat: Saya siap. Dan dalam pandangan saya, apapun yang akan saya terima terkait dengan pekerjaan, saya telah mempertimbangkan dan menerima segala konsekuensi dari hal tersebut.

  1. Apakah Anda Bersiap Untuk Ditempatkan Di Luar Kota?

Kandidat: Ya, saya bersedia. Bekerja di perusahaan ini, maka saya pun harus siap menerima segala konsekuensi dari segala kebijakan yang berlaku.

Pertanyaan Seputar Permasalahan Gaji

Contoh pertanyaan wawancara kerja selanjutnya adalah hal gaji. Dalam wawancara, tentu informasi seputar gaji ini adalah pamungkas yang seringkali menjadi interest para calon pelamar kerja. Karena memang, sadar ataupun tidak sadar, walaupun alasan anda dalam bekerja tidak semata soal uang, namun uang adalah magnet bagi para pelamar kerja di samping kepuasan pribadi.

  1. Berapa Gaji Anda Saat Ini?

Kandidat: “Gaji pokok di pekerjaan saya sekarang adalah 8 juta. Ditambah beberapa tunjangan bonus maka total bulanan, saya menerima gaji adalah 10 Juta.

  1. Berapa Gaji Yang Anda Harapkan Untuk Posisi Anda ini?

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja yang ke duapuluh enam adalah seputar gaji yang di harapkan kandidat. Kandidat: “Saya berharap gaji yang akan saya peroleh adalah 11 Juta,”

  1. Kami Tak Dapat Memenuhi Daripada Permintaan Gaji Anda. Seberapa Banyak Anda Dapat Menurukna Permintaan tersebut?

Kandidat: Bagaimana Jika 10 Juta, tentu perusahaan ini tidak ingin kehilangan talenta terbaik di bidang ini bukan?

Itulah beberapa contoh pertanyaan daripada wawancara kerja yang biasanya berlangsung. Tidak mesti harus menjawabnya sesuai dengan jawaban di atas, namun dengan mengetahui rancangan di atas, setidaknya anda dapat memikirkan jawaban terbaik guna meyakinkan para recruiter/pewaawancara agar memilih anda. Semoga berhasil wawancara kerjanya. By: Muhamad Fadhol Tamimy