18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknyaGangguan Kesehatan Mental – Berbicara mengenai kesehatan mental tentu kita tak akan lepas dengan permasalahan kesehatan yang di miliki baik itu sebuah kondisi ketika batin berada dalam kondisi tentram dan tenang, sehingga hal tersebut memungkinkan kita dalam menikmati kehidupan sehari-hari dan juga menghargai orang di sekitarnya.

Namun terlepas dari masalah kesehatan mental tersebut, kita juga tak dapat abai terhadap beberapa kondisi yang mengganggu daripada kesehatan mental itu sendiri.

Dalam tulisan ini kita akan memfokuskan mengenal beberapa jenis gangguan dari kesehatan mental itu sendiri. Psikoma telah merangkum 18 Jenis gangguan kesehatan mental yang dapat kita ketahui. Harapannya dengan mengetahui 18 jenis kesehatan mental ini, kita mampu sedikit banyaknya mengenal beberapa tanda-tanda, sehingga kita mampu dalam melakukan sebuah pencegahan.

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental

  1. Bipolar

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Mungkin anda pernah mendengar istilah yang satu ini, namun belum paham betul tentang apa itu bipolar disorder. Bipolar disorder atau bisa disebut sebagai gangguan bipolar merupakan sebuah gangguan yang disertai dengan dua episode mood yang berbeda yang seringkali muncul pada diri individu. Perlu diingat, bahwa bipolar masuk ke dalam masalah atau gangguan mood, dan bukan merupakan gangguan kepribadian. Dalam bipolar ini, terdapat dua episode utama, yaitu episode manik atau hipomanik, dan episode depresif yang muncul secara bergantian dalam jangka waktu tertentu.

  1. Narcism

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Mungkin saat ini narsis banyak dikategorikan sebagai perilaku mempercantik dirinya sendiri, atau menganggap dirinya cantik. Namun gangguan kepribadian narsistik ini merupakan suatu kondisi dimana individu merasa bahwa dirinya memiliki rasa kepentingan yang besar. Gangguan kepribadian ini ditunjukkan dengan beberapa ciri, yaitu :

  • Rasa kepentingan diri yang besar, seperti misalnya melebih – lebihkan bakat, dan berusaha terlihat superior di mata orang lain
  • Memiliki preokupasi terhadap khayalan akan keberhasilan, kekeuatan, kecerdasan yang tidak terbatas
  • Merasa yakin bahwa dirinya adalah satu – satunya, unik, dan membtuhkan perlakuan khusus
  • Memiliki kebutuhan akan rasa bangga yang besar
  • Eksploitatif, mengambil keuntungan dari orang lain untuk dirinya sendiri
  • Tidak memiliki empati
  • Sering iri dengan orang lain, atau merasa yakin bahwa orang lain iri kepada dirinya
  • Memperlihatkan perilaku sombong
  1. Depresion

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Depresion atau depresi merupakan suatu kondisi suasana hati yang sangat buruk dan telah berlangsung dalam sebuah kurun waktu tertentu. Pada saat mengalami depresi, para penderita akan merasakan suasana hati sedih berkepanjangan, tidak memiliki motivasi untuk beraktivitas, putus dari harapan, menyalahkan diri sendiri, hingga kehilangan ketertarikan pada hal hal yang dahulunya menghibur.

Mereka yang mengalami depresi dalam taraf level parah, tak jarang yang memiliki keinginan bunuh diri, dikarenakan kondisi kognitifnya menganggap bahwa kehidupan yang di jalaninya tidaklah memiliki arti.

  1. ADHD

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

ADHD atau Attention Deficit and Hyperactivity Disorder merupakan sebuah gangguan psikologis yang muncul pada usia anak anak. ADHD biasanya sudah mulai dapat terlihat pada saat anak anak mulai duduk di bangku sekolah, dan mulai dapat bersosialisasi dengan orang lain, serta sudah memiliki suatu kewajiban untuk menjalankan tugas tugas tertentu, seperti tugas sekolah, tugas rumah, dan juga sebagainya.

ADHD itu sendiri adalah sebuah gangguan psikologis yang mana ia memiliki dua gejala utamanya, yaitu terdapat ciri – cri hiperaktif dan ciri-ciri seperti sulit fokus pada situasi ataupun tugas tertentu yang terlihat pada anak – anak. ADHD juga bukan merupakan gangguan kepribadian, ataupun bagian daripada kepribadian, namun gangguan ini termasuk ke-dalam gangguan perkembangan anak.

  1. Graphomania

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Seperti di lansir dalam psychologytoday Graphomania merujuk pada kondisi mental yang abnormal dimana hal ini ditunjukkan dengan sebuah tulisan yang tidak teratur dan pernyataan yang membingungkan. Kebanyakan isi dari tulisan tidak bermakna dan tidak masuk akal dan juga menyerupai seperti graphorrhea.

Graphomania dalam konteks non-psikiatri fokus terhadap dorongan atau desakan atau kebutuhan untuk menulis dan melakukan sebuah tindakan yang melampaui batas (dan tidak seharusnya dalam konteks yang professional).

Dalam bukunya di tahun 1979 berjudul Laughter and Forgetting seorang novelis bernama Milan Kundera mencatatkan bahwa: Graphomania (sebuah obsesi dalam menulis buku) mengambil tingkat dalam wabah massa ketika masyarakat mengembangkan pada poin dimana hal ini akan memberikan 3 kondisi dasar. (1) Tingkat yang cukup tinggi dari kesejahteraan general ke masyarakat yang memungkinkan untuk mencurahkan energinya untuk hal-hal yang tidak berguna; (2) Sebuah negara maju dengan atomisasi sosial dan perasaan general yang individual; (3) Ketiadaan radikal perubahan sosial yang signifikan dalam pengembangan internal dalam sebuah negara. (dalam hubungannya, penulis menemukan symptomatic itu I perancis, sebuah negara dimana tidak ada yang benar-benar terjadi, presentasi dari penulis adalah 21 kali lebih tinggi daripada di Israel) (psychologytoday).

  1. Dysgraphia

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Dysgraphia merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan para penderitanya mengalami kesulitan dalam mengekspresikan sesuatu dalamm sebuah tulisan. Istilah ini mengacu pada bahasa yunani dys (gangguan) dan Graphia (membuat bentuk surat dengan tulisan tangan). Dysgraphia merupakan sebuah permasalhan yang basisnya berada pada otak. Hal ini bukan berarti dikarenakan anak malas. Mereka yang mengalaminya biasanya akan mengalami kesulitan dalam menulis, walaupun hanya satu baris saja.

  1. Stage Fright

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Stage Fright yang mana juga dapat diartikan sebagai demam panggung merupakan sebuah kondisi kecemasan yang di alami oleh seseorang manakala ia hendak tampil di depan umum.

Demam panggung ini merupakan sebuah gangguan psikis yang mana seseorang yang mengalami stage fright ini akan muncu perasaan takut, khawatir, dan cemas yang berhubungan dengan penampilan di depan khalayak ramai. Biasanya demam panggung akan muncul pada saat seseorang hendak tampil di depan orang banyak (umum). Gangguan psikis ini dapat menimpa siapa saja, entah itu laki-laki ataupun perempuan.

Mereka yang mengalaminya akan merasakan kecemasan dan kekhawatiran, jika saja apa yang di tampilkan tidak sesuai dengan harapan orang banyak. Atau dapat pula disebabkan oleh rasa kecemasan dalam penampilannya jika apa yang ditampilkan justru mempermalukan diri sendiri di hadapan orang banyak.

  1. Insomnia

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Insomnia merupakan sebuah kondisi ketidakmampuan seseorang untuk tidur selama periode yang seharusnya, di saat orang orang normal tidur dengan lelap di malam hari. Penyebab dari gangguan insomnia beberapa di antaranya adalah depresi, teman tidur mendengkur, hingga gangguan kejiwaan. Sepuluh persen daripada jumlah penderita insomnia mengatasi gangguan ini dengan penggunaan obat-obat tidur.

  1. Paranoid

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Gangguan kepribadian paranoid adalah salah satu bentuk gangguan daripada kepribadian yang tergolong ke dalam golongan bizarre (aneh). Gangguan kepribadian paranoid ini adalah gangguan kepribadian yang menyebabkan para penderitanya mengalami sebuah kondisi kecurigaan berlebihan yang berlangsung sangat lama dan cenderung menetap. Walaupun paranoid itu sendiri adalah salah satu simptom ataupun ciri yang akan muncul pada penderita gangguan psikosis seperti pada skizofrenia, namun mereka yang mengalami gangguan kepribadian paranoid ini bukanlah orang yang mengalami skizofrenia.

  1. Addiction

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Adiction atau adiksi merupakan sebuah istilah “kecanduan” yang mana para penderita berada dalam kondisi yang sudah tidak lagi memiliki kendali kepada perilaku kecanduannya. Sejak tahun 1964, WHO tak lagi menggunakan istilah ini (Addiction), namun telah digantikan dengan “dependence” guna menyebut ketergantungan pada zat.

  1. OCD (Obsessive Complusive Disorder)

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Obsessive compulsive disorder adalah salah satu gangguan psikologis yang mana termasuk ke dalam sebuah gangguan kecemasan. Hal ini pun berarti, OCD adalah salah satu gangguan psikologis yang mana muncul dalam diri seorang individu yang disebabkan oleh kecemasan tertentu. Kecemasan yang sangat berlebihan ini akhirnya akan membuat individu sangat obsesif pada suatu hal maupun situasi. Sedangkan kompulsif itu sendiri merupakan perilaku berulang yang dilakukan oleh individu sebagai cara untuk menghadapi daripada obsesinya.

  1. Bulimia

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Bulimia memiliki artian dalam bahasa Yunani seperti “lapar seperti sapi jantan”. Gangguan ini pun memiliki cakupan episode, dalam mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar secara cepat, lalu diikuti dengan perilaku kompensatori seperti halnya muntah, puasa dan olahraga secara berlebihan dalam mencegah bertambahnya bobot dari tubuh. Bulimia nervosa tak didiagnosis jika makan secara berlebihan dan juga pengurasan hanya terjadi di dalamm konteks anoreksia nervosa dan juga penurunan berat badan ekstrim terkait dengannya.

  1. Megalomania

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Megalomania berasal daripada bahasa Yunani “Megalo” yang memiliki artian: sangat besar, sangat hebat. Kata Megalomania itu sendiri jika diistilahkan, sebagai sebuah sindrom kejiwaan pada diri manusia yang mana ia merupakan salah satu bentuk ketidak normalan (abnormal). Dalam istilah bahasa indonesia itu sendiri, megalomania memiliki artian kelainan jiwa yang ditandai oleh adanya sebuah khayalan kekuasaan dan kebesaran dalam dirinya.

Secara medis, megalomania itu sendiri di artikan sebagai kondisi mental yang mana pada penderitanya mengalami delusi tentang kebesaran diri secara berlebihan dan juga perasaan kebesaran atas dirinya sendiri.

Megalomania ini merupakan salah satu dari gejala gangguan jiwa yang ditandai oleh fantasi hebat maupun perilaku gaya hebat (namun secara realita tidaklah benar), selalu ingin di puja, dan si penderita mengalami sebuah gangguan empati. Biasanya hal ini ditandai dengan fantasi bahwasanya dirinya telah sukses tanpa dapat melihat batasan dan realita, kuat, pandai, hebat, dan lain sebagainya. Memiliki kecenderungan untuk membodoh-bodohkan orang lain, merasa cantik, dan paling ideal.

Tokoh psikoanalisa Sigmun Freud berpendapat bahwa megalomania merupakan suatu bentuk narsisme ataupun perasaan mencintai pada diri sendiri secara berlebihan dalam diri seorang manusia.

  1. Alzehime

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Alzehime atau gangguan Alzheimer merupakan sebuah penyakit atau kondisi kelainan yang ditandai oleh penurunan daya ingat, kemampuan berbicara dan berpikir, serta perubahan terhadap perilaku si penderita yang diakibatkan oleh gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif ataupun perlahan lahan.

  1. Schizophrenia

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Gangguan kesehatan mental yang ke 15 adalah skizorenia. Skizofrenia merupakan sebuah gangguan mental kronis yang mana para penderitanya akan mengalami sebuah delusi, pikiran kacau, halusinasi, dan juga perubahan pada perilaku. Kondisi ini pun biasanya berlangsung sangat lama dan juga seringkali diartikan sebagai gangguan mental yang membuat penderita sulit untuk mengingat, membedakan antara kenyataan dengan yang ada dalam pikirannya sendiri.

  1. Phobia

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Gangguan Kesehatan Mental selanjutnya adalah phobia. Phobia adalah rasa takut yang berlebihan pada objek ataupun situasi tertentu. Ketakutan yang dimiliki para penderita adalah sangat berlebihan dan tak jarang menyebabkan kecemasan, kepanikan parah, hingga depresi.

  1. Anorexy

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Anorexia merupakan sebuah gangguan makan yang memiliki gejala utama berupa puasa secara berlebihan, tidak makan dalam waktu tertentu, dan memaksa untuk tidak makan meskipun lapar. Hal ini membuat tubuh dari mereka yang mengalami anorexia terlihat sangat kurus dan juga kering, bahkan hingga terlihat tulang – tulangnya. Anehnya, meskipun sudah memiliki bentuk tubuh yang sangat kurus dan “tipis” mereka yang mengalami anorexia ini tetap saja merasa bahwa berat badan mereka tidak ideal, dan merasa terlalu gemuk.

  1. Parkinson

18 Jenis Gangguan Kesehatan Mental Dan Pernak-perniknya

Parkinson adalah sebuah penyakit yang mana para penderitanya mengalami degenerasi sel saraf secara bertahap di otak bagian tengah yang mana fungsi dari otak ini adalah untuk mengatur pergerakan dari tubuh. Gejala Parkinson yang diketahui adalah terjadinya gemetar, atau tremor.

Gangguan Kesehatan Mental

Itulah beberapa ha yang dapat kita ketahui tentang jenis gangguan kesehatan mental dan pernak-perniknya. Semoga dengan mengetahui beberapa gangguan kesehatan mental di atas, kita dapat lebih perhatian pada kondisi diri kita sendiri khususnya dan orang lain pada umumnya. Menjadi sehat adalah sebuah kenikmatan yang hanya dapat kita dapatkan jika kita bersyukur dan berusaha untuk menjaganya. By: Muhamad Fadhol Tamimy


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia

1 Komentar

Komentar ditutup.