16 Situs Yang Akan Membantumu Menemukan Info Lowongan Kerja

16 Situs Yang Akan Membantumu Menemukan Info Lowongan Kerja

October 1, 2018 Off By admin

16 Situs Yang Akan Membantumu Menemukan Info Lowongan KerjaMencari info lowongan kerja saat ini semakin mudah. Terlebih di era digital saat ini. Dahulu mungkin kita diharuskan untuk mencari info lowongan kerja di beberapa media cetak seperti Koran, maupun majalah. Atau mencari info lowongan kerja di beberapa dinding informasi instansi-instansi terkait hingga menunggu di bukanya bursa lowongan pekerjaan.

Namun hambatan-hambatan tersebut saat ini telah luntur, manakala sejumlah portal informasi yang menyediakan info lowongan kerja telah lahir. Berikut ini kita akan memberikan informasi seputar situs yang menyediakann info lowongan kerja yang dapat memudahkan anda dalam mencari infor lowongan kerja saat ini.

16 Situs Info Lowongan Kerja

  1. Karir

Karir merupakan situs penyedia lowongan kerja lokal asal Indonesia yang didirikan pada tahun 1999 di bawah naungan PT. Trinet Pacific Internasional, karir menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anda para fresh graduate yang ingin mencari informasi seputar lowongan pekerjaan.

  1. JobIndo

Ia berdiri sejak tahun 2005 yang tepatnya di Jakarta. Jobindo adalah situs penyedia lowongan pekerjaan buatan lokal Indonesia. Telah beroerasi semenjak 12 tahun silam di bawah naungan PT Jobindo Indonesia, yang tujuannya untuk memudahkan para pencari kerja dengan menyediakan beragam menu lowongan kerja teratas, perusahaan teratas, lowongan terbaru, lowongan paling popular, lokasi kerja popular, dan perusahaan terbaru.

  1. Zelos

Zelos adalah platform yang berguna untuk melakukan pencocokan pekerjaa yang mampu dalam mempertemukan para pelajar dan juga lulusan prospektif pada para pemilik bisnis dan perusahaan berdasarkan pada minat dan juga keahlian. Para penggunanya didominasi oleh para mahasiswa atau pemilik pekerjaan. Disini anda akan menemukan banyak sekali pilihan pekerjaan, mulai dari pekerjaan paruh waktu hingga purnawaktu. Informasi magang pun anda akan dapatkan di sini. Zelos sendiri didirikan oleh Markus L. Rahardja sejak 1 september 2015.

  1. JobStreet

Ia telah berdiri semenjak 1995, Jobstreet seringkali mengklaim dirinya sebagai salah situs rekrutment online paling terkemuka di tingkat asia pasifik. Sekalipun ia berasal dari negara Malaysia, jobstreet pun menyediakan beberapa informasi lowongan pekerjaan dari beberapa negara lainnya di asia tenggara seperti Singapura, Fillipina, Vietnam, jepang dan tentu saja di Indonesia.

  1. KapanKerja

Kapan kerja telah mengudara semenjak akhir bulan desember 2015 lalu. KapanKerja dibentuk untuk meewadahi para pelaku usaha dan juga pencari kerja yang terus berevolusi mengikuti era transformasi dunia digital saat ini. Mereka consen terhadap para pelaku UMKM.

Startup yang didirikan oleh Willian Salim ini pun dibentuk berdasarkan pada keprihatinan terhadap tinggat pengangguran yang tinggi di Indonesia, di sisi lain para pelaku usaha di Indonesia pun kesulitan untuk mencari karyawan. Oleh sebab itulah harapannya dengan hadirnya Kapankerja ia mampu menghadirkan platform lapangan pekerjaan yang mudah dan gratis bagi para pemasang iklan lowongan pekerjaan, ataupun user.

  1. Urbanhire

Urbanhire tadinya hanya akan menampilkan beberapa informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan yang telah menjadi patner mereka. Akan tetapi baru-baru ini Urbanhire meluncurkan sebuah layanan baru yang mereka beri nama Urbanhire Search. Urbanhire search merupakan aggregator yang dapat menampilkan beberapa info lowongan kerja dari beragam situs. Tak hanya lowongan kerja yang mereka sediakan sendiri saja. Dengan menyatukan informasi tersebut, maka anda tak perlu lagi membuka situs – situs lowongan kerja satu persatu.

  1. JobsDB

JobsDB hadir setelah 3 tahun kemunculan Jobstreet, yang tepatnya lahir di Hongkong pada tahun 1998. JobsDB mengklaim dirinya sebagai portal lowongan kerja yang paling favorit di seantero Asia bagi para pencari kerja khususnya di China, Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Yang paling menariknya adalah, bagi anda pengguna asal Indonesia yang mendambakan lowongan kerja sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil), secra terkhusus JobsDB menyediakan pula informasi lowongan kerja terkait PNS tersebut.

  1. StudentJob

StudentJob adalah adalah portal kerja khusus untuk para pelajar SMA/ SMK, Mahasiswa dan juga par fresh graduate yang memberikan beragam informasi seputar lowongan kerja part time, magang, volunteer, dan juga full time jobs. Student Job memiliki beragam jaringan komunitas yang kuat dan juga solid se-Indonesia. Student job memberikan beragam tips, serta informasi seputar event dan quiz.

  1. Loker

Loker merupakan salah satu platform penyedia informasi lowongan kerja yang mengklaim dirinya sebagai pionir lokal dalam ranah ini. Loker sendiri berdiri pada 20 Maret 2007 di bawah naungan CV. Jemari. Loker pun memiliki jaminan keabsahan yang akurat, karena di setiap informasi lowongan pekerjaan yang telah masuk di meja redaksi selalu diperiksa secara manual, sebelum ia di publikasikan secara online. Meskipun klaim sebagai pioneer penyedia informasi lowongan kerja di Indonesia namun hal tersebut terbantahkan oleh situs Karir yang lebih dahulu hadir di tahun 1999. Walaupun begitu, anda masih dapat menggunakannya dengan nyaman kok.

  1. JobSmart

JobSmart adalah salah satu satrup berbasis di Jakarta yang didirikan Tiffany Effendy dan Juga Peter Wijaya. Didirikan JobSmart didasarkan pada pengalaman sering kali perusahaan yang dikecewakan pada saat mengiklankan lowongan pekerjaan dari segi masukan lamaran. Perusahaan banyak menerima CV yang tak cukup untuk memenuhi persyaratan dari perusahaan, hal ini pun menjadi perhatian dari JobSmart dalam menyuguhkan layanannya.

Di layanan ini mereka menggunakan sebuah sistem yang dinamakan dengan Smart Hunter yang akan secara otomatis mencocokkan dengan apa yang diinginkan perusahaan dari para calon pekerja. Fitur ini pun dinilai efisien dan juga akan memberikan kesempatan bagi para perusahaan untuk mendapatkan filtering secara otomatis. Informasi yang diberikan pun bukan hanya infrmasi dasar, seprti latar belakang pendidikan ataupun pengalaman kerja yang dimiliki saja, melainkan juga tipe kepribadian dan karakteristik daripada kandidat. Smart huter dikembangkan dengan menggunakan algoritma yang menjadikan Jobsmart memungkinkan untuk merinci para calon dan mampu menyaring jutaan kandidat.

  1. Qerja

Qerja adalah “Glassdoor versi indonesia” yang mana mereka memberikan informasi dari gaji dan juga tempat kerja beragam perusahaan di Indonesia. Qerja juga pernah meluncurkan layanan Jobs.id yang berfokus pada situs lowongan pekerjaan. Qerja pun akhirnya resmi di luncurkan pada tanggal 8 Maret 2014 oleh  Veronika Linardi dan Rinaldo Augusta.

Ide membuat situs Qerja berawal daripada hasil dari lembaga riset Gallup yang telah mengeluarkan fakta bahwa hanya dari 8% orang indonesia saja yang benar-benar puas dengan pekerjaannya. Hasil riset lain yang menguatkan, menurutnya adalah dari Accenture yang telah melakukan riset di lebih 30 negara. Dari hasil riset tersebut, karyawan Indonesia justru paling tak bahagia. Hanya 18 persen saja yang puas dengan pekerjaan mereka saat ini.

  1. Rekruta

Rekruta didirikan oleh Silvia Pratama dan juga yanuar Wibiso. Rekruta diklaim sebagai startup pertama bidang SaaS yang digunakan oleh human resources applicant tracing system di Indonesia. Rekruta memberikan solusi yang mana mereka dapat meringankan pekerjaan perusahaan dalam proses perekrutan SDM dan membuat sebuah keputusan berdasarkan data yang telah terintegrasi.

Secara sederhana, solusi yang ditawarkan oleh Rekruta adalah mempercepat proses perekrutan SDM yang telah terintegrasi berdasarkan data yang telah di set secara otomatis.

  1. Karirpad

Layanan ini didirikan guna memudahan perusahaan di Indonesia agar dapat melakukan proses perekrutan secara otomatis (tidak manual). Karirpad menawarkan RMS, sebuah piranti lunak yang telah diklaim dapat memenuhi kebutuhan perusahaan di saat mencari kandidat terbaik.

RMS sendiri memungkinkan setiap lowongan kerja yang telah dipasang di situs perusahaan secara otomatis juga dapat dipublikasikan di situs Karirpad. Fitur tersebut seperti export dan juga import yang telah tersedia guna memudahkan perpindahan data dari sistem RMS ke sistem HRIS (Human Resource Information System) yang telah dimiliki oleh masing – masing perusahaan.

Karirpad juga mengklaim dirinya sebagai, satu – satunya penyedia layanan e-recrutment lokal Indonesia, dengan pesaing yang berbasis di luar negeri. Hal ini pun memudahkan karirpad untuk melakukan beberapa pelatihan dan juga troubleshooting bagi para kliennya.

  1. KerjaDulu

KerjaDulu adalah startup media sosial karir dan juga platform pencari kerja yang mana ia menghadirkan sebuah layanan integrasi layaknya situs di media sosial lainnya. KerjaDulu juga menghadirkan pengalaman layaknya berselancar di media sosial dari kalangan professional. Penggunapun dapat menemukan keunggulan seperti kemampuan dalam berbagi informasi pekerjaan, menjalin relasi bisnis, professional, dan juga menemukan sebuah peluang karir yang berguna untuk siapa saja yang ingin mengembangkan karir. Karir ini sebenarnya lebih mirip layanan yang telah ada seperti Linkedln, namun KerjaDulu bercita rasa lokal indonesia yang kental.

  1. Glints

Glints hadir di tanah air di awal tahun 2016 yang mana memiliki tujuan anak muda untuk menemukan passion mereka. Startup pencari kerja ini merupakan startup pencari kerja asal negeri singapura. Glints menglaim memiliki sedikitnya 20 ribu nama yang terdaftar menjadi user dan beberapa di antaranya dari kalangan muda. Sedikitnya ada 2 ribu perusahaan yang telah memberikan listing lowongan kerj di dalamnya.

Meskipun begitu Glints masih kurang mentereng di bandingkan startup lokal indonesia serupa yang telah lebih dulu eksis di indonesia. bahkan glints pun belum mampu menandingin eksistensi Jobstreet situs pencari kerja asal Malaysia di ranah indonesia. kita tunggu perkembangan selanjutnya.

  1. CariJob.com

CariJob.com merupakan portal Iklan lowongan kerja online yang memiliki tujuan sebagai sebuah media tempat bertemunya para pencari kerja dan pelamar kerja. CariJob.com didirikan semenjak tahun 2007 dengan niat dan juga cita-cita untuk mengentaskan pengangguran dan juga memberikan solusi atas kebutuhan dari lapangan kerja di Indonesia.

Itulah 16  Situs yang dapat membantu anda dalam menemukan infor lowongan kerja terkini. Tak perlu risau dan tak perlu galau di era digital saat ini, karena informasi mudah sekali untuk didapatkan dengan murah dan mudah. Namun ingat, karena kemudahan yang ditawarkan, tak jarang jika kita tidak cermat kita akan menjadi korban penipuan. Selamat membranding diri dan mencari informasi. Anda juga dapat mengiklankan lowongan kerja yang anda miliki dengan tarif yang terjangkau bersama psikoma.com, situs terlengkap informasi psikologi dan terapannya di Indonesia. By: Muhamad Fadhol Tamimy