13 Fungsi Dan Peran Ibu Di Dalam Keluarga

13 Fungsi Dan Peran Ibu Di Dalam Keluarga. Ibu merupakan sosok yang sangat berperan di dalam rumah tangga. Begitu krusial peran yang di emban oleh seorang ibu, menjadikan ibu sosok yang tangguh dalam mengurus rumah tangganya. Disamping itu pula, sosok ibu menjadi orang yang luar biasa ajaib, dimana ia mampu menjalankan berbagai peran ganda sekaligus dalam satu waktu. Ia kadang menjadi seorang pengasuh bagi anaknya, namun di waktu yang sama ia pun menjadi seorang koki untuk kebutuhan makan keluarganya.

Berbeda dengan para suami, yang membutuhkan kefokusan dalam bekerja namun seorang ibu mampu mengerjakan sekaligus, dimana ia sebagai professional, namun tetap dapat menyesuaikan peran sebagai seorang istri dan ibu bagi anak-anaknya.

Berikut ini akan di ulas tentang 13 Fungsi dan Peran Ibu Di Dalam Keluarga yang menarik untuk di simak.

Fungsi Dan Peran Ibu Di Dala Keluarga

Manager

Menjadi seorang ibu akan selalu dituntut untuk mampu memanajemen kehidupan dalam berumah tangga. Ia harus mampu mengatur fungsi-fungsi manajemen keuangan, dapur, pendidikan, kesehatan, dan juga rencana jangka panjang keluarga.

Begitu besar peran yang diembannya, ia dituntut untuk cakap dalam mengatur berbagai kebutuhan keluarga dan juga dituntut untuk cakap dalam mengatur suasana rumah agar tetap kondusif.

Akuntan

Layaknya seorang akuntan, seorang ibu dituntut untuk mampu dalam mengola semua masalah keuangan yang ada di rumah, mulai dari pemasukan hingga pengeluaran untuk menyeimbangkan kebutuhan sehari-hari hingga akhir bulan. Tentu bagi para ibu yang tak cakap dalam hal akuntan, sebesar apapun pendapatan yang di dapatkan oleh suami, tak akan cukup untuk kebutuhan sebulan kemudian.

Perawat

Secara alamiah, seorang wanita adalah perawat ulung bagi orang-orang di sekitarnya. Begitu besar limpahan kasih sayang yang dimilikinya, menjadikann ia cocok menjadi seorang perawat bagi keluarganya. Kemampuannya menjdi perawat tak dapat diragukan lagi, bayangkan saja saat seluruh keluarga sakit dan ia sendiri pun sakit, namun ia masih saja mampu mengurusi anak, dan suami hingga mereka sembuh.

Penjaga

Saat sang ayah tidak ada, ibulah yang bertanggung jawab terhadap keselamatan anak di rumah. Menjaga ia supaya anaknya selalu dalam keadaan baik adalah naluri alamiah dari seorang ibu. Fungsi dan peran ibu di dalam rumah tangga sebagai penjaga inilah yang membuat ibu menjadi tempat ternyaman sang anak untuk mengadu segala keluh kesah yang di alami.

Koki

Seorang ibu juga bisa berperan menjadi koki yang handal, yang bisa memasak makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarganya di rumah. Masakan terenak dan membuat kangen bagi para anak di manapun adalah masakan dari seorang ibunya. BERIKUTNYA

Pengasuh

Semenjak kecil anda selalu di asuh dan juga di bimbing oleh seorang ibu. Merawat dan juga membesarkanmu dari kecil hingga menjadi orang yang bisa di banggakan. Kasih sayangnya tak dapat di ukur seperti mengukur jalan. Namun karena kasih sayangnya dalam mengasuh kitalah, yang membuat ia menjadi seorang pengasuh terbaik dalam perjalanan hidup kita.

Desain Interior

Tak hanya pandai dalam hal urusan dapur dan keuangan saja, namun terkadang ibu pun mampu dalam mengatur pembagian dan juga tata letak barang di rumah. Hal ini dilakukanya demi kenyamanan anggota keluarga dalam menjalankan segala aktivitasnya.

Motivator

Saat anak-anak merasakan momen terburuk dalam hidupnya, tentu hal pertama yang menjadi sandaran keluh kesahnya adalah sang ibu. Hal tersebut seperti saat anak membutuhkan teman curhat atau butuh solusi untuk masalahnya, biasanya ibulah yang akhirnya menjadi motivator pertama sang anak. Ia akan sangat piawai untuk memberikan semangat pada sang anak.

Sekretaris

Sebetulnya ibu pun dapat berperan layaknya seperti seorang sekretaris professional. Hal ini dikarenakan ibu begitu detail mengenai segala sesuatu mengenai kebutuhan di dalam rumah. Hal besar ataupun kecil tentang pernak-pernik kebutuhan rumah tangga sangat jeli sekali para ibu dalam mempersiapkan ataupun mendatanya.

Pengajar

Menjadi pengajar adalah kepiawaian seorang ibu secara alami. Bayangkan saja, dari mulai anda lahir hingga sampai pada saat ini, ialah yang membimbing anda mengenai kecakapan dasar dalam hidup. Berjalan, berbicara, hingga hal-hal tentang dewasa saat anda akan menikah pun di ajarkannya dengan ketulusan tiada tara.

Ibu dapat mengajari anak-anaknya pelajaran dasar seperti di sekolah. Selain itu, ibu juga mendidik anaknya bagaimana menjadi manusia yang baik.

Patner

Ibu adalah seorang patner dari ayah, yang mana ia akan selalu siap sedia untuk membantu bekerja bersama membangun kehidupan berkeluarga yang baik. Ia akan menjadi teman yang akan selalu menghadirkan senyum terindah bagi suami dikala ia tengah berada dalam kegundahan.

Sahabat

Anak-anak membutuhkan seorang ibu yang sekaligus bisa menjadi sahabat untuk mereka. Dengan begitu hubungan yang lekat bagai sahabat akan menumbuhkan ikatan emosional yang sangat kuat dan hal inilah yang saat ini kian terkikis di tengah arus dunia yang sibuk dengan diri sendiri.

Superhero

Dengan begitu banyak kemampuan yang dimiliki ibu, maka tak salah jika seorang ibu disebut sebagai superhero. Ia menjadi wanita yang super yang akan selalu berjuang demi keluarganya. Ia terkadang menyingkirkan segala keinginan dan mengorbankan apa yang ia sukai demi melihat kebahagiaan bagi para keluarganya.

Itulah beberapa hal yang dapat kita ketahui tentang fungsi dan peran ibu di dalam keluarga, semoga dengan ini semakin banyak ibu yang menyadari potensi dan lebih aware dengan perannya di dalam keluarga. Melalui media psikoma ini harapanya kita sama-sama belajar untuk saling berbagi pengetahuan dan kebermanfaatan. By: Muhamad Fadhol Tamimy

Share