11 Buku Wajib Psikologi Yang Harus Anda Miliki Untuk Menguasai Ilmu PsikologiBuku Wajib Psikologi – Psikologi adalah ilmu yang membahas tentang perilaku dan juga fungsi dari mental manusia secara ilmiah. Para psikolog juga mempelajari beberapa peran dan juga fungsi dari mental dalam perilaku seorang individu ataupun kelompok, selain daripada mempelajari tentang beragam proses fisiologis dan juga neurobiologis yang mendasari perilaku.

Sejarah daripada ilmu pengetahuan psikologi tersebut sangatlah panjang dalam perjalanannya. Menurut asal katanya sendiri psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno yang artinya adalah jiwa. Sehingga secara etimologi ilmu psikologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari jiwa.

Tentu kita sering melihat lambang trisula atau seperti gambar (Ψ) ini bukan? Banyak yang beranggapan bahwa lambang ini adalah lambang yang tidak-tidak. Padahal lambang itu adalah lambang dari keilmuan psikologi. Jadi jangan salah sangka ya guys.

Saat ini mempelajari ilmu psikologi adalah sebuah trend di beberapa kalangan. Hal ini tak lepas dari ilmu psikologi itu sendiri yang sangat aplikatif saat dikombinasikan dengan keilmuan yang lainnya dalam praktik di lapangan. Misalnya saja dalam proses peradilan, tentu kita masih ingat kasus mirna, dengan kasus kopi mautnya. Kasus kesehatan, masih segar di ingatan kita bagaimana kasus-kasus sakit yang setelah di periksa ternyata tidak sakit apa-apa. Hal tersebut dikarenakan penderitanya menderita psikosomatis.

Dan tentunya kasus kesehatan mental yang saat ini menjadi konsen terpanas abad ini, karena maraknya kasus bunuh diri di karenakan depresi yang tentunya membutuhkan penanganan secara psikologis di dalamnya. Dan menjadi seorang psikolog adalah salah satu profesi yang di prediksi akan banyak sekali permintaannya di lapangan. Toh kita bisa melihat di mana para psikolog saat ini banyak di undang di beberapa media-media.

Menjadi seorang psikolog tentu harus melewati beberapa tahap, dan tentunya pemahaman serta keilmuan yang mumpuni. Salah satu hal yang wajib adalah dengan mempelajari beberapa buku wajib yang harus dimiliki seorang psikolog.

11 Buku Wajib Psikologi Untuk Menguasai Ilmu Psikologi

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai 16 Buku Wajib Psikologi yang harus dimiliki oleh sesorang yang ingin Menguasai ilmu psikologi atau menjadi psikolog.

  1. Pengantar Psikologi

11 Buku Wajib Psikologi Yang Harus Anda Miliki Untuk Menguasai Ilmu Psikologi

Buku pengantar psikologi adalah buku yang akan memahamkan anda mengenai dasar-dasar dari keilmuan psikologi itu sendiri. Dala buku pengantar psikologi ini anda juga akan diajarkan untuk mengidentifikasi beberapa case mengenai ilmu psikologi yang berdasarkan keilmuan ilmiah dengan ilmu psikologi yang hanya sekedar mitos dan bahkan mitos yang di percayai oleh orang awam pada umumnya.

Pengaruh-pengaruh mengenai alam, lingkungan , dan keturunan sebagai pembentuk perilaku juga akan di bahas dalam pengantar psikologi. Begitu pula dengan persepsi, mengingat dan lain sebagainya. Untuk itulah bagi para mahasiswa psikologi di wajibkan untuk mempelajari dan memiliki buku ini. Buku ini terbagi 2 seri dimana setiap seri membahas seri berbeda, yang akan saling melengkapi.

  1. Psikologi Kepribadian

11 Buku Wajib Psikologi Yang Harus Anda Miliki Untuk Menguasai Ilmu PsikologiBuku lain yang tak kalah penting dalam menunjang cita-cita menjadi seorang psikolog adalah buku psikologi kepribadian. Buku psikologi kepribadian ini mengupas tentang beberapa teori-teori mengenai kepribadian dari seseorang. Dengan mempelajari buku ini anda akan memahami bagaimana setiap kepribadian dari teori-teori psikologi yang tentunya telah di validasi berdasarkan keilmiahan. Jadi mempelajari kepribadian seseorang tidak bisa di pelajari berdasarkan ilmu “Nebak”, “Ramal” dan golongan darah ya guys.

  1. Psikologi Perkembangan

Aspek perkembangan dari setiap manusia merupakan kajian yang juga menjadi fokus dasar utama dalamm keilmuan psikologi. Dengan memahami ilmu psikologi perkembangan anda akan lebih paham tentang rentang usia yang tentu akan berbeda-beda kondisi psikologisnya.

  1. Biopsikologi

Beranjak dari Psikologi perekembangan, buku selanjutnya yang menjadi prioritas nomer 4 adalah buku Biopsikologi. Buku ini adalah buku yang lebih mendetail dalam mempelajari beberapa fungsi-fungsi tubuh yang memiliki pengaruh terhadap kondisi psikologi dari seseorang. Beberapa pembahasan paling popular di dalamnya terkait dengan fungsi-fungsi otak, dan bagian-bagian yang berperan penting dalam menggerakan umat manusia dalam berprilaku tertentu.

  1. Psikologi Kognitif

Dan urutan 5 buku wajib yang harus dimiliki seorang psikolog atau mahasiswa psikologi adalah buku psikologi kognitif. Buku ini adalah lanjutan secara lebih mendalam mengenai mekanisme berfikir dari umat manusia. Yang menjadi pembeda antara buku biopsikologi dan buku psikologi kognitif adalah terlebtak pada struktur beserta fungsi itu sendiri dalam pembahasan buku biopsikologi, sedangkan buku psikologi kognitif akan membahas mengenai mekanisme dan cara kerja dari fungsi-fungsi kognitif itu sendiri.

  1. Psikologi Perilaku

Setelah kuat dan lekat anda memahami tentang ke lima pembahasan dari buku di atas, hal selanjutnya yang harus dipelajari agar anda menguasai ilmu psikologi adalah ilmu tentang berfikir dan perilaku. Ini dia buku yang menjadi rekomendasi untuk menguasai berpikir dan perilaku dari ilmu psikologi. Buku yang berjudul PSYCHOLOGY THE SCIENCE OF MIND AND BEHAVIOR edisi keenam.

Setelah anda mempelajari ke 6 buku di atas atau mengkhatamkan langkah selanjutnya adalah pemilihan minat atau konsentrasi penjurusan. Apakah anda ingin mengambil jurusan klinis, perkembangan, sosial, ataukah pendidikan. Buku di bawah ini adalah beberapa buku yang sekiranya akan membantu anda dalam memilih jurusan konsentrasi dalam psikologi.

  1. Psikologi Klinis Pengantar Terapan

Buku psikologi klinis terapan adalah buku yang membahas beberpa case study tentang penerapan psikologi di bidang klinis dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mempelajari buku ini kita di ajarkan pula hal-hal yang dasar mengenai penyikapan terhadap sebuah gangguan yang di akibatkan oleh aktivitas sehari-hari.

  1. Handbook Psikologi Assessment

Buku wajib psikologi yang kedelapan adalah asseessment. Buku ini menjadi begitu krusial, bagi anda yang memutuskan untuk terjun di dunia psikolog. Khususnya bidang klinis. Karena seorang psikolog akan dihadapkan pada metode penanganan dan cara-cara tindak lanjut untuk membantu klien dalam mengatasi permasalahan psikologis yang sedang di hadapinya. Dan hal itu tidak akan berjalan dengan baik jika kita tidak menguasai metode assessment. Oleh sebab itu, buku ini adalah buku wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin menguasai atau menjadi seorang psikolog.

  1. Konseling Anak-anak

Jika anda ingin mengambil secara mendetail lagi di bidang anak-anak atau pendidikan usia dasar, maka buku ini adalah buku panduan yang harus anda miliki. Isi di dalamnya mengajarkan sebuah pandangan dan studi kasus bagaimana cara menghadapi anak-anak dengan menggunakan metode konseling.

  1. Psikologi Sosial

Psikologi sosial merupakan cabang dari ilmu psikologi yang konsen terhadap beberapa masalah-masalah sosial yang ada di sekitar kita. Yang menjadi pembeda antara ilmu psikologi sosial dan sosiologi terletak pada objek keilmuannya. Jika sosiologi membahas mengenai masyarakat itu sendiri, sedangkan psikologi sosial membahas hal-hal lebih dalam seperti individu dalam masyarakat itu sendiri. Selain itu psikologi sosial juga akan membawa kita kepada bentuk-bentuk ketertarikan seperti cinta, persepsi, interaksi, kelompok dan lain sebagainya. Bahkan psikologi politik dan kepemimpinan itu sendiri adalah konsentrasi dari ilmu psikologi sosial.

  1. Psikologi Abnormal

Buku wajib psikologi yang terakhir aadalah psikologi abnormal. Psikologi abnormal adalah cabang dari keilmuan psikologi klinis. Buku psikologi abnormal juga penting utuk dimiliki oleh anda yang berminat di bidang psikologi klinis. Dalam buku ini akan di bahas mengenai beberapa gangguan-gangguan yang cendrung abnormal/ di luar normal. Buku ini terdiri dari 2 seri yaitu seri 1 dan juga seri 2. Tentunya akan lebih baik jika anda memiliki keduanya.

12. Sharing-Mu, Personal Branding-Mu

Sharing-mu, Personal Branding-mu
Rp 75,000

Selain 11 buku wajib di atas, maka anda juga harus mempersenjatai diri anda dengan psikologi terapan populer agar kemampuan ilmu psikologi anda dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu buku yang dapat menjadi referensi anda para pembaca adalah buku Sharing-mu, Personal Branding-mu.

BACA JUGA 27 DAFTAR BUKU PSIKOLOGI TERLENGKAP YANG HARUS ANDA MILIKI UNTUK MENGUASAI ILMU PSIKOLOGI

Buku ini membahas mengenai bagaimana caranya memaksimalkan personal branding agar diri kita memiliki value yang pada akhirnya menjadi potensi bagi kesuksesan karir ataupun usaha kita nantinya. Buku ini juga dilengkapi dengan metode praktis bagaimana cara membaca kepribadian seseorang melalui media sosial serta segmentasi media sosial apa saja yang dapat digunakan untuk meningkatkan branding diri ataupun usaha kita nantinya.

Itulah Buku wajib psikologi yang harus anda miliki jika anda ingin menguasai ilmu psikologi. Semoga cita-cita anda untuk menjadi seorang psikolog diberikan kesuksesan dan kemudahan selalu. Pemesanan buku Sharing-mu, Personal Branding-mu dapat langsung menghubungi via WA di link berikut ini http://bit.ly/2u9t2ot

Itulah 11 buku psikologi dan 1 Buku psikologi populer terapan yang wajib anda miliki sebagai senjata menguasai keilmuan psikologi.