10 Trik Menentukan Jurusan Kuliah Trik Menentukan Jurusan Kuliah. Kuliah adalah salah satu fase terbaru dari seorang remaja. Peminatan baru, lingkungan baru, sistem yang baru, dan semuanya yang baru. Karena itu, ada baiknya dalam memilih jurusan kuliah, jangan melakukan kesalahan. Karena kesalahan dalam menentukan jurusan kuliah hanya akan membuang-buang waktu kamu, dan membuat kamu merasa menyesal. Nah, berikut ini adalah 10 trik menentukan jurusan kuliah yang bisa kamu coba :

  1. Fokus pada jurusan yang diinginkan, bukan Kampus yang diinginkan

10 Trik Menentukan Jurusan Kuliah

Trik pertama tentang Trik Menentukan Jurusan Kuliah adalah kita harus focus pada jurusan, bukan focus pada kampus. Banyak kejadian dimana orang – orang masih berfokus pada kampus tertentu karena gengsi. Yang penting masuk kampus X, tidak peduli apa jurusannya. Kamu harus menghindari hal ini, karena akan menghambat kamu, apalagi ketika kamu ternyata tidak suka dengan jurusan yang dipilih nantinya.

  1. Lihat akreditasi dari jurusan yang akan dipilih

Akreditasi itu penting nggak penting. Akreditasi menunjukkan bagaimana kualitas dari kampus tersebut dalam menyelenggarakan program studi. Pilihlah jurusan dengan akreditasi minimal B, lebih bagus lagi kalau akreditasinya A. Ingat, focus pada akreditasi jurusannya ya, bukan akreditasi kampusnya saja.

  1. Ingat kembali, pelajaran apa yang disukai dan dinikmati ketika di SMA dulu

10 Trik Menentukan Jurusan Kuliah

Ketika SMA, atau mungkin sejak SD, ingatlah kembali pelajaran apa yang paling kamu senangi. Salah satu dampak positif dari sistem pembelajaran di Indonesia adalah semua mata pelajaran diberikan, sehingga anak – anak sudah tahu, mata pelajaran apa yang disenangi, dan mana yan tidak disenangi. Untuk jurusan kuliah, pastikan kamu memilih jurusan yang sesuai dengan pelajaran yang kamu nikmati dulu.

  1. Tidak ada salahnya mengikuti jalan yag ditempuh idola kamu

Lihat idola kamu. Misalnya idola kamu adalah orangtua kamu. Tidak ada salahnya kamu masuk ke dalam jurusan yang dulunya ditempuh oleh orangtua kamu.

  1. Sesuaikan juga jurusan kuliah dengan cita-cita

10 Trik Menentukan Jurusan Kuliah

Kuliah merupakan salah satu fase yang bisa ditempuh bagi siapa saja dalam mencapai keinginan atau cita – cita mereka. kerika kamu bercita-cita untuk menjadi dokter, ya silakan pilih jurusan kedokteran, atau bisa juga kesehatan masyarakat. Kalau ingin menjadi olahragawan, bisa memiliki universitas yang menyediakan program studi jurusan yang brhubungan dengan olahraga.

  1. Sesuaikan hobi dan minat kamu

10 Trik Menentukan Jurusan Kuliah

Apa hobi dan minat kamu? Apakah kamu senang berorganisasi, dan bersosialisasi dengan orang lain? kalau begitu jurusan sosial politik mungkin menarik bagi kamu. Atau kamu suka dan minat dengan masak memasak? Jurusan perhotelan dan akademi perhotelan bisa menjadi pilihan. Hal terpenting yang harus kamu ketahui adalah bagaimana minat dan juga obi yang kamu miliki. Ketika kamu berhasil masuk ke dalam jurusan yang sesuai dengan hobi dan minat kamu, maka kuliah kamu dijamin akan lancar.

  1. Pahami materi apa saja yang nantinya akan dipelajari di dalam jurusan

Hal ini juga penting untuk dipahami, agar nantinya tidak kaget dengan sistem perkuliahan yang sudah dipilih. Misalnya, ketika akan memiliki mata kuliah teknik mesin. Maka kamu juga harus melihat, kira – kira nanti apa saja yang akan dipelajari, bagaimana praktekya, dan apa saja yang kira-kira harus dimiliki untuk masuk ke dalam jurusan tersebut. hal ini akan membantu kamu supaya lebih mengerti tentang jurusan yang kamu pilih, dan membantu kamu survive di jurusan tesebut nantinya.

  1. Jurusan yang populer belum tentu cocok untuk kamu loh

Masalah ini adalah masalah sejuta umat, alias banyak dialami oleh mereka yang masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah. Akhirnya, mereka hanya memilih jurusan yang populer saja, contohnya, jurusan ekonomi. Ekonomi adalah jurusan yang sangat populer, dan banyak juga mereka yagn “terjebak” di jurusan ini karena tidak tahu harus memilih jurusan apa. Ada baiknya kamu menghindari hal seperti ini, karena nantinya hanya akan membuat kamu merasa lelah dan malas dengan kuliah kamu saja.

  1. Konsultasikan dengan guru, orang tua, dan mereka yang lebih senior serta berpengalaman

10 Trik Menentukan Jurusan Kuliah Konsultasi adalah trik lainnya yang bisa kamu lakukan. Konsultasi degna mereka yagn lebih berpengalaman, guru, orangtua, senior, atau siapa saja. Tanyakan kepada mereka kira – kira jurusan apa yang bisa kamu ambil, dan sesuai untuk kamu. Tanyakan juga suka duka masuk ke dalam jurusan tertentu sebagai bahan pertimbangan kamu.

  1. Tidak ada salahnya beristirahat terlebih dahulu

10 Trik Menentukan Jurusan Kuliah

Beberapa kondisi memaksa kamu untuk tidak memilih kuliah. Hal ini mungkin disebabkan karena kamu belum menemukan minat yang tepat. Beristirahat dari dunia pendidikan sebentar tidakalah salah. Hal ini lebih baik dilakukan sebagai bagian dari trik menentukan jurusan kuliah dibandingkan dengan masuk ke dalam jurusan yang salah.

Namun perlu diingat, kamu tidak boleh menganggur selama periode ini. kamu harus menjadi orang yang produktif, entah dengan bekerja, ataupun mencari-cari informasi megenai jurusan-jurusan kuliah yang menarik untuk kamu. Itu adalah 10 trik menentukan jurusan kuliah yang bisa kamu coba. Semoga berhasil. By: Eduardus Pambudi