Tanda-tanda Jika Anda Telah Puas Dengan Pekerjaan Anda Saat IniSudah Puaskah Anda dengan Pekerjaan Anda?

Kerja merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan oleh manusia untuk bertahan hidup. Dengan bekerja, kita mampu mendapatkan penghasilan, dan mampu untuk menghidupi kebutuhan kita sehari – hari. Tentu saja di dalam pekerjaan, tidak semuanya baik, terdapat banyak masalah, tekanan, dan juga tugas – tugas yang harus diselesaikan dalam bekerja. Namun demikian, salah satu hal positif yang bisa kita peroleh dari pekerjaan kita adalah bagaimana kita mensyukuri pekerjaan kita, dan bagaimana kita merasa puas terhadap pekerjaan kita.

Apa itu kepuasan kerja?

Apabila kita berbicara mengenai kepuasan kerja, pasti banyak yang mengarahkan ke gaji, honor, pembayaran, dan bonus-bonus dari pekerjaan itu. Namun demikian, kepuasan kerja bukan hanya dilihat dari honor dan bayaran saja. Terdapat beberapa macam definisi mengenai kepuasan kerja. Robbins, misalnya mengatakan bahwa kepuasan kerja itu merupakan sebuah sikap umum dari karyawan terhadap pekerjaannya sendiri. Bisa sikap yagn positif, ataupun sikap yang negative, pokoknya sikap itu dipengaruhi oleh pekerjaannya yang dilakukan. Senang dan tidak senang adalah salah satu contoh sikap yang ditunjukkan oleh karyawan dalam konteks kepuasan kerja.

Selain itu, menurut Spector, kepuasan kerja sendiri merupakan refleksi dari bagaiamana perasaan seorang karyawan  mengenai pekerjaannya secara umum. Dari dua definisi ini, maka bisa kita simpulkan sedikit, bahwa memang yang namanya kepuasan kerja itu tidak dilihat dari gaji saja, namun lebih kepada bagaimana seorang karyawan mampu bersikap terhadap pekerjaannya tersebut.

Tanda/Indikator Kepuasan Kerja?

Nah, lalu bagaimana kita bisa menentukan kepuasan kerja seseorang? bisakah kita melihat kepuasan kerja kita sendiri sebagai seorang karyawan? Tentu saja bisa. Mudah sekali. Anda cukup melihat mengenai beberapa indikator mengenai kepuasan kerja. Ada banyak sekali hal yang bisa mengindikasikan kepuasan dalam bekerja. Berikut ini adalah beberapa indikator kepuasan kerja, yang diambil dari rangkuman berbagai tokoh, 10 Tanda Kepuasan Kerja Karyawan yang Jarang Diketahui :

1. Pekerjaan itu sendiri

Maksud dari point ini adalah, rasa puas dalam melakukan pekerjaan bisa diperoleh karyawan melalui sikapnya terhadap pekerjaannya itu sendiri. Kita bisa melihat dari bagaimana potensi karyawan dalam bekerja, keragaman pekerjaan, kesulitan pekerjaan, tanggung jawab yagn diberikan, dan seluruh aspek – aspe internal pekerjaan itu sendiri.

Misalnya, seorang yang lulusan terbaik S1 Ekonomi, namun hanya ditempatkan di kantor sebagai karyawan magang yang kerjanya hanya membantu mengetik administrasi, fotokopi, ataupun duduk saja tanpa diberi tugas dan tanggung jawab. Hal ini tentu saja akan mengurangi kepuasannya dalam bekerja. Berbeda dengan mereka yang diberi tanggung jawab besar, akan merasa puas ketika berhasil menjalankan tanggung jawabnya dengan baik.

2. Faktor imbalan

Dalam bekerja, sudah selayaknya seseorang diberi imbalan. Imbalan dapat diberikan secara material, maupun non-material. Imbalan material misalnya gaji, honor, makan siang, lokasi kantor yang nyaman. Sedangkan imbalan non-material misalnya pujian, kenaikan pangkat, boss yang ramah, dan sebagainya. Imbalan ini dapat membantu karyawan puas adlam bekerja. Semakin baik imbalan, maka semakin baik pula sikap karyawan terhadap pekerjaannya.

3. Penyeliaan

Kata lain dari penyeliaan adalah pengawasan. Pengawasan ini biasa dilakukan oleh atasan. Atasan yang mampu berkomunikasi dengan baik, mampu menghargai bawahan, dan mampu membimbing bawahan dengan baik akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan. Nah, bagaimana dengan anda? Apakah atasan anda mampu untuk menjalankan fungsi penyeliaannya dengan baik, atau malah sebaliknya?

4. Rekan kerja

Yap, rekan kerja adalah salah satu poin penting yang membuat pekerjaan anda terasa menyenangkan. Rekan kerja yang kooperatif, baik, sering bercanda, mau berteman, ramah, dan supel adalah salah satu faktor yang membuat kepuasan kerja karyawan menjadi meningkat. Sebaliknya, rekan kerja yang dingin, mau menang sendiri, saling serang, dan jutek, pastinya akan membuat karyawan merasa malas, dan menurunkan kepuasan kerja mereka. Setuju?

5. Kesesuaian antara kepribadian dan pekerjaan

Kepribadian adalah apa yang anda bawa dan anda miliki setiap hari. Tentu saja anda akan merasa puas dengan pekerjaan anda, apabila pekerjaan tersebut sesuai dengan kepribadian anda, dan juga siapa diri anda. Misalnya anda adalah orang yang senang bertualang, senang berada di lapangan, dan senang menganalisa, apakah anda akan puas ketika anda diberi tugas bekerja di depan komputer seharian? Atau anda adalah lulusan IT, namun anda hanya menjadi tenaga administrasi saja. Hal ini akan mempengaruhi kepuasan kerja anda sebagai karyawan.

6. Fasilitas

Fasilitas yang diberikan oleh perusahaan seperti mobil, kredit perumahan, atau kredit keuangan juga memiliki andil dalam menentukan kepuasan kerja seorang karyawan.

7. Komunikasi

Komunikasi yang dimaksud disini adalah komunikasi antara karyawan dengan perusahaan, komunikasi berkaitan dengan kebijakan-kebijakan yang di terapkan dan juga pola komunikasi dalam organisasi tersebut.

8. Kondisi Kerja

Kondisi kerja fisik juga menentukan, misalnya jarak rumah dengan tempat kerja, kondisi dalam kantor, ventilasi, penataan tempat, jumlah karyawan dalam satu ruangan, kebiasan dari masing-masing karyawan. Lokasi kerja yang jauh juga menentukan, misalnya lokasi kerja yang ada di remote area, di hutan, atau di off shore.

9. Budaya Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki budaya perusahaan tersendiri, baik itu secara nature maupun nurture. Budaya perusahaan yang sifatnya nurture (diciptakan) terkadang tidak sesuai dengan nilai-nilai individu, bisa juga budaya perusahaan yang membawa iklim positif di tempat kerja, budaya safety atau budaya anti korupsi.

10. Kesempatan untuk Berkembang

Kesempatan untuk berkembang untuk karyawan, tidak selalu sama antar satu perusahaan dengan perusahaan lain. Kesempatan ini misalnya adalah pemberiaan pelatihan, kursus, pendidikan, sertifikasi, promosi, kenaikan pangkat, kenaikan jabatan.

Nah, itu adalah 10 indikator atau tanda-tanda dari kepuasan kerja. Bagaiaman dengan diri anda? dengan membaca kelima tanda – tanda tersebut, apakah anda sudah puas dengan pekerjaan anda? By: Eduardus Pambudi&Tke