10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia. Jurusan psikologi saat ini menjadi salah satu jurusan yang di minati oleh sejumlah lulusan sekolah menengah atas yang ada di indonesia. Hal tersebut di karenakan oleh beragam faktor yang melatar belakanginya, mulai dari karakteristik jurusan psikologi itu sendiri, akses lapangan pekerjaan yang lebih mudah, hingga ke unikan jurusan psikologi yang memang berbeda dari jurusan yang lainnya. Akibatnya saat ini banyak universitas yang mulai untuk membuka jurusan psikologi di kampusnya.

Ada universitas yang memang memiliki status favorit dan terbaik namun ada pula universitas yang jurusan psikologinya tak begitu di favoritkan, oleh para calon mahasiswa baru di setiap tahunnya. Universitas terbaik ini di dasarkan pada akriditasinya yang mencakup nilai A oleh Ban-PT. Berikut ini adalah 10 jurusan psikologi terbaik yang ada di indonesia, menurut versi ban-pt universitas. Selamat membaca.

 10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

1. Universitas Indonesia (UI)

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia. Lahirnya jurusan Psikologi di Indonesia salah satu asal muasalnya adalah dari Universitas Indonesia. Sejarah itu dimulai ketika Prof. Dr. Slamet Iman Santoso yang memberikan pidato ilmiah atas pengukuhannya sebagai guru besar Universitas Indonesia dalam rangka Dies Natalis UI pada tahun 1952. Sebagai kelanjutan dari pidato tersebut, di lingkungan kementrian pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan (PP7K), di tanggal 3 Maret 1953 akhirnya di selenggarakanlah kursus Asisten Psikologi, yang di pimpin oleh Prof. Dr. Selamet itu sendiri. Tak lama setelah itu, oleh kementrian PP&K di dirikanlah Lembaga Psikologi, yang pada akhirnya nanti berubah statusnya menjadi Lembaga Pendidikan Asisten Psikologi yang memang secara langsung berada di bawah pimpinan UI. Dan pada akhirnya berdirilah Fakultas Psikologi yang diresmikan oleh Mentri Pendidikan dan pengajaran pada tanggal 1 Juli 1960.

Jurusan Psikologi di UI telah banyak melahirkan para peneliti, dan para tokoh. Selain memang  bapak psikologi indonesia sendiri pak Slamet Iman Santoso yang berasal dari UI masih ada banyak lagi tokoh yang berasal dari universitas Indonesia. salah satunya adalah Seto Mulyadi atau yang kerap di sapa kak seto. Ia merupakan tokoh psikolog anak di Indonesia.

2. Universitas Gajah Mada (UGM)

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

Universitas Gajah mada yang hampir seluruh jurusannya menjadi favorit dan dikatakan memiliki akreditas baik ini memang masih menjadi yang terbaik di indonesia. Begitu pula dengan jurusan psikologinya. Penilaian UGM menjadi universitas dengan jurusan psikologi terbaik ini dikarenakan oleh beberapa faktor pendukung lainnya, yaitu kualitas pendidikan dosen pengajarnya, fasilitas kampus, jumlah penelitian, dan kegiatan mahasiswanya, hingga rata-rata angka kelulusan mahasiswa. Beberapa guru besar UGM pun tak jarang menghiasi buku-buku panduan mahasiswa psikologi yang ada di indonesia.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

Universitas Airlangga adalah universitas yang berlokasi di Surabaya, tepatnya di jalan Airlangga No. 4-6 Surabya untuk jurusan psikologinya. Dikatakan salah satu yang terbaik di indonesia karena sejumlah fasilitas seperti laboratoriumnya menjadi salah satu yang terlengkap di indonesia, untuk jurusan psikologi. Selain itu keunggulan dari jurusan psikologi di Universitas Airlangga adalah bidang industrinya yang memang menjadi yang terbaik di indonesia.

4. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di IndonesiaBerdirinya Fakultas Psikologi UNPAD terhitung di muali dari tanggal 1 September 1961 melalui SK Mentri PTIP No. 037/SEK/PU/61. Dan di resmikan pada tanggal 2 September 1961.

Jurusan psikologi unpad merupakan salah satu jurusan psikologi yang menghasilkan lulusan terbaik  di indnonesia. Jurusan psikologi di Unpad bandung ini pun memasukan jurusan psikologi ke dalam lingkup bidang ilmu pengetahuan lainnya. Hal itu dikarenakan, memang banyak sekali lulusan psikolog di bidang klinis yang berasal dari Universitas Padjajaran.

Baca Juga Fakta Menarik 3 Universitas Jurusan Psikologi Terbaik Indonesia

5. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

Fakultas Psikologi Di Universitas Mercu Buana Yogyakarta ini telah berdiri sejak tahun 1993. Semenjak berdiri hingga pada tahun 2010 tersebut, fakultas psikologi telah meluluskan hingga 1.459 Sarjana psikologi yang sudah bekerja di berbagai instansi dan perusahaan di seluruh indonesia. semenjak 2000 hingga saat ini, fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta telah tiga kali berturut-turut meraih Akreditasi A dari Ban PT.

 

6. Universitas Sanata Dharma

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

Telah didirikan sejak tahun 1996 oleh Dirjen Pendidikan tinggi dan kebudayaan RI No. 162/DIKTI/Kep/1996 tanggal 4 Juni. Universitas ini menjadi salah satu peraih Akreditasi A untuk jurusan psikologi di Indonesia. Disamping itu fasilitas pendukung yang terbilang lengkap, menjadikan Jurusan Psikologi Universitas Sanata Dharma masuk ke dalam 10 Jurusan Psikologi terbaik di Indonesia.

7. Universitas Muhammadiyah Malang

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

Universitas Muhamadiyah malang yang juga di kenal sebagai kampus putih ini, memiliki jurusan psikologi yang termasuk ke dalam 10 terbaik di indonesia. Hal tersebut dikarenakan akreditasinya yang A, di samping itu Universitas Muhamadiyah malang telah melahirkan banyak psikolog profesional di bidangnya. Para lulusannya pun banyak menjadi dosen di beberapa universitas yang memiliki jurusan psikologi.

8. Universitas Gunadarma

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

Universitas yang identik dengan warna ungunya ini menjadi salah satu Universitas yang memiliki jurusan psikologi terbaik di indonesia, yang berdasarkan Akreditas oleh BAN PT. Fakultas Psikologi Gunadarma hanya memiliki 1 pilihan dari program studi, yaitu prodi psikologi. Program studi psikologi telah mendapatkan akreditasi A semenjak tahun 2005 dengan berdasarkan surat keputusan BAN-PT No.002/BAN-PT/Ak-VIII/S1?II?2005.

9. Universitas Persada YAI

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

Program studi YAI merupakan salah satu kampus dengan jurusan psikologi berpredikat A untuk akreditasinya. Disamping itu pengajarnya pun berkualitas, hal ini di dukung pula oleh dekan fakultas psikologi yang memang menjadi salah satu tokoh psikologi di indonesia yaitu Bapak Sarlito Wirawan Sarwono.

10. Universitas Islam Indonesia (UII)

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

Universitas Islah indonesia, menjadi Universitas jurusan psikologi terakhir yang masuk ke dalam 10 besar jurusan psikologi terbaik di Indonesia. Universitas yang terletak di provinsi Yogyakarta ini memiliki khas dalam jurusan psikologinya, yaitu Psikologi Islam. Maka tak jarang apabila UII kerap kali menjadi penggagas confrensi ataupun seminar internasional yang membahas tentang Psikologi dalam prespektif  Islam.

Selain kesepuluh jurusan psikologi terbaik di atas sebenarnya di pulau jawa masih ada lagi beberapa jurusan psikologi yang dapat menjadi referensi anda masuk di dalamnya. Karena kualitas pun hampir sama atau bahkan setara dengan jurusan psikologi Universitas di atas seperti psikologi Universitas Diponegoro, dan Juga Psikologi Universitas Atmajaya. By: Psikologi Mania