10 Hal Yang Dipelajari Dari Psikologi IndustriPsikologi Industri dan Organisasi (I/O) adalah sebuah ilmu dari cabang psikologi yang mempelajari bagaimana perilaku manusia ketika berada di dunia kerja. Dalam ilmu psikologi ini tidak hanya karyawan dan pimpinan saja yang dipelajari tingkah lakunya. Ilmu psikologi ini juga memperhatikan tingkah laku konsumen. Untuk lebih lengkapnya di bawah ini telah terangkum apa yang dipelajari dalam cabang ilmu psikologi ini.

Motivasi Kerja

10 Hal Yang Dipelajari Dari Psikologi IndustriMotivasi merupakan dorongan yang berasal dari unsur psikologis dari manusia. Kebanyakan motivasi kerja didorong oleh unsur pemenuhan kebutuhan. Sering kali penelitian yang dilakukan menemukan bahwa motivasi kerja berpengaruh terhadap prestasi kerja di dalam perusahaan. Motivasi kerja sendiri dibagi menjadi dua yaitu aktif (bekerja tanpa menunggu perintah) dan reaktif (menunggu tawaran dari lingkungan atau rekan kerja).

Kepuasan Kerja

10 Hal Yang Dipelajari Dari Psikologi IndustriSetiap individu memiliki tingkat kepuasan yang berbeda. Jika seseorang merasa puas bekerja di kantor maka kinerja dari pekerja yang diberikan akan meningkat dan begitu pula sebaliknya. Tingkat kepuasan sendiri kebanyakan dipengaruhi oleh besarnya gaji maupun lingkungan kerja.

Tingkat Stres

Psikologi Industri (I/O) juga mempelajari bagaimana tingkat stress dari karyawan. Karyawan yang stress secara berlebihan dapat membuat kinerjanya di kantor menjadi menurun. Walaupun begitu karena berasal dari emosi manusia, tingkat stress karyawan tidak bisa disamakan.

Kepemimpinan

Kepemimpinan dari suatu industri atau organisasi mutlak harus ada. Hal ini bertujuan membawa karyawan di dalam organisasi mampu mencapai target yang telah ditetapkan saat perusahaan berdiri.

Gaya, Aktivitas dan Ketrampilan Kepemimpinan

Memberi dorongan semangat kepada karyawannya adalah salah satu ketrampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Selain itu pemimpin harus secara aktif dalam melakukan pemantauan kinerja anah buahnya. Pemimpin yang baik pula dapat memberikan reward untuk karyawannya yang berprestasi. Selain itu pemimpin diharuskan juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik terhadap klien maupun anak buahnya.

Dinamika Dalam Kelompok Dan Tim

Kelompok terbagi menjadi dua yaitu kelompok formal dan informal. Pada kelompok formal terdiri dari hirarki yang dibentuk perusahaan. Sedangkan yang informal terdiri dari rekan kerja. Dengan terbentuknya tim informal banyak dari karyawan menemukan ikatan kekeluargaan saat bekerja. Hal ini baik untuk menambah semangat dan meningkatkan kinerja. Sedangkan Tim adalah sebuah kumpulan pekerja dimana kemampuan satu sama lain saling berkaitan dan melengkapi dalam mencapai target pekerjaan.

Konflik Organisasi

Psikologi industri juga mengkaji bagaimana konflik dapat mempengaruhi kinerja. Di lapangan banyak sekali terjadi konflik termasuk konflik individu sampai konflik tujuan. Konflik tujuan dapat juga menjadi pemicu peningkatan kreatifitas antar divisi tapi akan menjadi bumerang jika konfliknya melibatkan penjegalan antar organisasi.

Ketrampilan Negosiasi

Negosiasi diperlukan agar perusahaan yang bernegosiasi mendapatkan perjanjian sesuai dengan keinginannya.

Teknologi Komunikasi dan Proses Interpersonal

Komunikasi adalah penyampaian pesan antara komunikan dan komunikator. Untuk penggunaan teknologi komunikasi maka penyampaian pesan akan lebih mudah apalagi jika terbentur masalah jarak padahal ada hal penting yang harus diputuskan segera. Psikologi ini juga mempelajari bagaimana komunikasi antar individu terjadi. Biasanya para pelakunya memperhatikan penampilan dan gestur dari karyawannya saat berbincang.

Psikologi Konsumen

10 Hal Yang Dipelajari Dari Psikologi IndustriSebuah perusahaan, apapun itu selalu membutuhkan konsumen untuk memasarkan produknya. Biasanya ditujukan untuk memberikan informasi apakah barang yang dijual memerlukan perbaikan atau tidak. Oleh: Nur Dwi Ratnasari