10 Hal ini Akan Kamu Alami ketika Kamu Masuk ke dalam Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi merupakan salah satu jurusan yang sudah cukup lama berdiri di Indonesia, apalagi di dunia. Saat ini jurusan Psikologi terdiri dari berbagai macam peminatan, mulai dari psikologi klinis, pendidikan, industry dan organisasi, criminal, sosial, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang ingin masuk ke dalam jurusan psikologi sebagai jurusan kuliah kamu, maka berikut ini adalah hal – hal yang nantinya akan kamu temukan di dalam kuliah jurusan psikologi :

  1. Berkenalan dengan teori – teori menarik yang tidak pernah diajarkan di SMA

Apapun jurusan kamu waktu SMA, pasti tidak ada yang membahas secara khusus mengenai teori – teori psikologi. Ketika masuk ke dalam jurusan psikologi, kamu akan menemukan teori – teori yang jauh berbeda dan sangat menarik yang tidak kamu peroleh di SMA. Katakan saja teori – teori mengenai psikoanalisa, mekanisme pertahanan diri, modifikasi perilaku, client centered therapy, dan masih banyak lagi teori yang akan kamu peroleh.

  1. Lebih memahami mengenai diri sendiri

10 Hal ini Akan Kamu Alami ketika Kamu Masuk ke dalam Jurusan PsikologiSalah astu hal yang bisa kamu temukan di dalam psikologi adalah pemahaman mengenai diri kamu sendiri. Di dalam psikologi akan belajar banyak sekali mengenai teori – teori kepribadian. Kamu akan lebih mudah dalam megnenal kepribadian kamu,d an seperti apa sebenarnya diri kamu. Atau mungkin kamu malah menemukan apa saja masalah masalah yang sedang kamu alami.

  1. Mungkin bisa ikut membantu menangani masalah kamu sendiri

Nah, ketika sudah menemukan masalah, kamu harus segera mencari jalan keluarnya bukan? Masuk ke dalam jurusan psikologi, sedikit banyak akan membantu kamu dalam menyelesaikan masalah kamu sendiri loh. Paling tidak, dengan menyadari dan mengenal masalah yagn kamu alami, hal ini akan membatu kamu menjadi lebih mudah dalam menyelesaikan masalah kamu.

  1. Akan bertemu banyak psikolog
Sumber: www.harnas.co
Sumber: www.harnas.co

Namanya saja jurusan psikologi, sudah pasti akan banyak sekali psikolog yang juga ikut mengajar di dalam jurusan psikologi. Nah, kamu bisa konsultasi sedikit tuh dengan psikolog yang mengajar di jurusan kamu. Biasanya, dosen – dosen yang bergelar psikolog akan dengan senang hati membantu anak didiknya ketika ada masalah. Ketika kamu belum mampu menyelesaikan masalah kamu sendiri, maka kamu bisa minta bantuan dengan dosen – dosen tersebut, dan gratis loh. Bayangkan jika kamu harus konsultasi ke psikolog yang bukan dosen, pasti harus merogoh kocek yagn dalam bukan?

  1. Mengenal berbagai macam alat tes psikologi

10 Hal ini Akan Kamu Alami ketika Kamu Masuk ke dalam Jurusan PsikologiTest psikologi merupakan salah satu ilmu yagn dipelajari di dalam jurusan psikologi. Sebagai mahasiswa psikologi, kamu nantinya akan belajar mengenai beberapa macam alat test yang populer. Hal ini nantinya akan menjadi bekal kamu dalam bekerja, magang, ataupun melanjutkan kuliah. Kamu akan terbiasa untuk mengadministrasikan alat test, melakukan skoring, hingga membuat laporan psikologis, yang tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak orang, maupun perusahaan nantinya.

  1. Mengenal intervensi dan juga bentuk – bentuk psikoterapi

Selain alat test, intervensi berupa psikoterapi juga merupakan salah satu materi yang nantinya akan kamu pelajari di dalam jurusan psikologi. Kamu akan belajar bentuk bentuk intervensi ataupun psikoterapi populer, dan mudah diadministrasikan. Nantinya kamu bisa mempraktekan psikoterapi tersebut, dan bisa membantu diri kamu sendiri, bahkan membantu orang lain juga.

  1. Memahami masalah dan juga gangguan – gangguan psikologis

Dalam jurusan psikologi, terdapat mata kuliah psikologi abnormal dan juga psikologi klinis. Dua mata kuliah ini akan membantu kamu dalam memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai gangguan – gangguan psikologis. Apakah introvert termasuk gangguan kepribadian? Atau bagaimana seseorang bisa mengalami fobia?

  1. Seringkali dianggap bisa membaca pikiran orang lain

Hal ini merpakan salah satu hal yang sering terjadi pada kamu yang masuk ke dalam jurusan psikologi. Meskipun merupakan ilmu yang mempeklajari perilaku dan juga kejiwaan, bukan berarti mahasiswa psikologi mampu membaca pikiran loh. Kamu nanti akan sering ditanya – tanya oleh teman kamu, dan seringkali dianggap bahwa kamu bisa membaca pikiran mereka setiap saat.

  1. Mengenal fase – fase kehidupan manusia dari berbagai aspek, mulai dari lahir hingga mati

Dalam kehidupan, terdapat berbagai macam fase, mulai dari seseorang dilahirkan, hingga kematian. Apabila kamu masuk ke dalam jurusan psikologi, kamu akan mendalami hal ini di dalam Psikologi Perkembangan. Mulai dari masalah yang muncul pada tiap fase, apa saja yagn harusnya sudah bisa dicapai oleh seseorang pada masing – masing fase, dan sebagainya. Hal ini akan membantu kamu dalam memahami diri sendiri dan orang lain, dari sudut pandang psikologi perkembangan.

  1. Mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang Psikolog

10 Hal ini Akan Kamu Alami ketika Kamu Masuk ke dalam Jurusan Psikologi

Bagi kamu yang bercita – cita menjadi seorang psikolog, maka jurusan psikologi adalah hal yang sangat tepat. Kamu bisa masuk ke dalam jurusan psikologi, dan lulus dengan gelar sarjana psikologi, lalu melanjutkan ke program pendidikan profesi untuk dilatih menjadi seorang psikolog yang kompeten dan juga professional.

Jadi, kalau kamu memiliki cita – cita menjadi psikolog, atau ingin membantu orang lain, maka psikologi adalah jurusan yang tepat untuk kamu. Bagaimana? Menarik bukan masuk ke dalam jurusan psikologi sebagai jurusan kuliah kamu? by: Eduardus Pambudi