10 Fakta Menarik Tentang Guru

Menjadi guru merupakan bentuk pengorbanan yang dilakukan seorang manusia, baik dalam hal pengorbanan secara fisik, maupun waktu. Namun pernahkah kalian tau menjadi guru tak melulu identik dengan sebuah pengorbanan, pengabdian, maupun keikhlasan tanpa batas, karena gaji yang tak kunjung sesuai dengan tanggung jawab. Mungkin dari itu semua merupakan hal yang tak dapat di pungkiri, namun kali ini kita akan mencoba untuk mengulik sebuah fakta yang tak semua orang mengetahuinya. 10 Fakta menari tentang guru ini merupakan sebuah fakta yang ada namun kerap kali tak banyak orang yang mengetahuinya.

Sebuah fakta yang lebih humanis dan menyeluruh dari sebuah gambaran para pahlawan tanda jasa ini. Ia akan berada pada multidimensional waktu mulai dari seting kondisi social, dan juga moral lingkungaan sekitarnya

Berikut adalah 10 Fakta Menarik Tentang Guru

1. Guru Adalah Orang Tua

10 Fakta Menarik Tentang Guru

Taukah anda bahwa guru memiliki peran ganda dalam hidupnya. Ia memiliki peran ganda sebagai seroang pendidik, namun juga dituntut untuk menggantikan peran orang tua di sekolahnya. Sudah sering pula kita mendengar kalimat “Orang Tua Seorang Siswa Di Sekolah Adalah Guru”, Jadi apapun yang terjadi di sekolah gurulah yang bertanggung jawab terhadap para siswanya.

2. Pendongeng Yang Baik

10 Fakta Menarik Tentang Guru

Kebanyakan guru merupakan para pendongeng yang hebat. Ia tak kenal lelah untuk memberikan motivasi ataupun shareing pengalaman ketika kondisi pelajaran di kelas tengah mengalami kejenuhan. Dengan semangatnya ia menceritakan nostalgia masa lalu, atau memberikan kisah-kisah sukses orang-orang hebat yang telah ia didik selama ini.

Yah begitulah, para guru dituntut untuk menceritakan kembali pula apa yang i abaca dan pelajari agar mudah di pahami para siswanya.

3. Suka Bergosip

10 Fakta Menarik Tentang Guru

Fakta menarik tentang guru yang satu ini memang kerap terlupa dari pengamatan kita. Taukah anda bahwa ternyata guru suka bergosip juga loh hehe. Meskipun memang sebagian besar gossip yang di lakukannya bukan gossip tentang artis atau rumah tangga melainkan menggosipkan para siswanya. Mungkin kalaupun bergosip rumah tangga ataupun artis, hal tersebut merupakan selingan pemanis dari pembicaraan. Ia akan selalu bersemangat menggosipkan para siswanya ataupun mantan siswanya yang telah sukses dalam hal mata pelajaran maupun prestasi non akademiknya.

Selain prestasi para muridnya yang di gosipkan, ternyata menggosip hal-hal buruk dari siswanya juga kerap terjadi loh, seperti membicarakan kenakalan siswa dan lain sebagainya.

4. Sedihnya Guru

10 Fakta Menarik Tentang Guru

Sudah sering kita mendengar kalimat “Orang tua seorang siswa di sekolah adalah guru”, Jadi apapun yang terjadi di sekolah, gurulah yang bertanggung jawab penuh terhadap siswanya. Ia akan selalu dituntut orang tua di rumah untuk mendidik para siswanya. Bahkan perilaku siswa yang sedikit nakal pun yang menjadi bahan persalahan terkadang didikan guru di sekolahnya.

5. Saat Guru Kecewa

10 Fakta Menarik Tentang Guru

Guru pun juga dapat kecewa juga loh, yah karena memang guru pun juga seorang manusia. Dokter yang mengobati orang lain agar sehat saja juga bisa sakit, apa lagi guru yang melihat muridnya nakal, tentu juga bisa kecewa. Ia akan merasa sangat sedih dan sangat kecewa jika tidak ada siswanya yang memperhatikan saat ia sedang mengajar. Sebisa mungkin bagi para murid perhatikanlah ketika ia sedang mengajar. Kerjakanlah apa yang ditugaskan pada anda selama tugas yang di berikan dalam koridor yang wajar. Jangan malah berbuat seenaknya pada mereka hingga memfitnah dan melaporkan pada orang tua, sampai mengeroyok atau memenjarakannya. Miris sekali jika ada yang begitu.

6. Harus Profesional

10 Fakta Menarik Tentang Guru

Apapun yang terjadi di rumah, seorang guru dituntut untuk selalu bersikap professional saat mengajar. Seorang guru tidak boleh membawa persoalan pribadi di dalam kelas apalagi melibatkan muridnya. Karena keprofesionalan tersebut, terkadang guru harus siap kapan saja ia di butuhkan di sekolah, bahkan ia harus pandai untuk menyimpan dukanya di depan para murid dengan senyuman kala sedang mengajar.

7. Daya Ingat Super

10 Fakta Menarik Tentang Guru

Daya ingat seorang guru ini terkadang super sekali. Dari beberapa banyak para siswa yang telah lulus, namun ia masih saja mengingat para muridnya. Bahkan biasanya ia pun masih mengingat wajah satu per satu para siswanya meskipun sudah lama lulus, namun lucunya seringkali para guru ini tak menghafal persis nama murudinya itu. Maklumlah pasti sudah ribuan siswa yang harus diingatnya.

8. Ketika Guru Marah

10 Fakta Menarik Tentang Guru

Sama seperti orang tuamu nak, saat guru sedang marah sebenarnya ia hanya menginginkan muridnya sukses. Marahnya guru tersebut adalah bentuk kasih sayangnya dengan para murid. Zaman dahulu sebelum jaman gadget seperti sekarang ini, mungkin para orang tua akan sangat berterimakasih ketika guru memarahi anaknya yang memang melakukan kesalahan, namun saat ini terkadang marahnya guru di buat sebagai ajang untuk memidanakannya ke meja hijau.

9. Tugas Seorang Guru

10 Fakta Menarik Tentang Guru

Tugas seorang guru selain mengajarkan pelajaran formal, namun ia juga memiliki tugas lain, yaitu mengajarkan siswa-siswa tentang bagaimana menjadi manusia yang baik. Oleh sebab itulah, menjadi guru tak bisa dinilai dengan kepunya atau ketidakpunyaan sebuah sertifikasi semata, namun menjadi guru merupakan orang yang cerdas untuk mendidik seorang anak manusia yang dari tidak bisa menjadi bisa.

10. Penentu Masa Depan

10 Fakta Menarik Tentang Guru

Fakta menarik tentang guru terakhir yang bisa kita ketahui dari seorang guru adalah, guru menjadi salah satu aktor yang ada di balik suksesnya seseorang. Apa yang membentukmu di masa depan bisa jadi ditentukan dari cara para guru mengajar di kelasnya.

Jadi menghormati guru bukan semata karena ia orang yang mengajarkan kita di sekolah, namun menghormati guru adalah cara terbaik kita untuk mendapatkan berkah dari ilmu yang di berikannya pada kita. By: Muhamad Fadhol Tamimy