Fakta Menarik Seputar Profesi Dosen Yang Dapat Anda Ketahui

Menjadi seorang dosen merupakan sebuah impian dari sebagian orang. Jalan untuk menjadi seorang dosen pun memiliki lika-liku kesulitan tersendiri, mulai dari keharusan memiliki gelar strata tertentu, hingga kewajiban-kewajiban yang di embannya. Bukan cuma menjadi seorang pendidik mahasiswa, namun ia juga memliki kewajiban untuk mencipta dan menghasilkann sebuah penelitian yang tepat guna bagi masyarakat.

Meskipun begitu menjadi dosen memiliki suka dukanya tersendiri, mulai dari keseruan dalam menciptakan suasana mencekam di saat mahasiswanya sidang skripsi, mendapat limpahan dana penelitian, hingga menemukan sebuah penemuan yang menjadi hits dan tepat guna di tengah masyarakat.

Selain itu pahitnya menjadi seorang dosen pun mengiri di samping sukanya seperti kewajiban yang terkadang tak sesuai dengan pendapatan yang didapatkannya, khususnya bagi mereka yang masih menyandang sebagai dosen honor, hingga kerwetan mengurusi beberapa administrasi yang harus di lewati apabila hendak mengurus pendanaan, hingga kenaikan pangkat.

Entahlah keruwetan administrasi yang sebenarnya bisa di persingkat namun apalah daya, jika birokrasi tak jua di “Revolusi Mental” seperti cita-cita presiden kita saat ini. Bahkan janji reformasi birokrasi pun belum jua menyeluruh dirasakan oleh beberapa diantara mereka kaum dosen.

Meskipun begitu memang menjadi seorang dosen merupakan sebuah tugas mulia yang mana dari mereka tak sedikit para pionir perubahan peradaban di sebuah Negara.

Berikut ini adalah 10 Fakta Menarik Seputar Profesi Dosen yang Jarang Diketahui

 1. Tugas Dosen

Fakta Menarik Seputar Profesi Dosen Yang Dapat Anda Ketahui

Di dalam Undang-Undang yang ada, tugas utama seorang guru adalah menjadi seorang pendidik bagi murid-murid sedangkan dosen di bebankan menjadi seorang pendidik sekaligus peneliti.

Tanpa mengesampingkan tugas utama seorang guru yang selalu disematkan pahlawan tanpa tanda jasa, menjadi dosen pun sebenarnya layak disematkan pula pahlawan penemu tanpa tanda jasa. Hal itu akan sangat beralasan jika melihat, kewajiban mereka yang tertera di dalam Tri dharma perguruan yang salah satunya adalah penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tak heran kewajiban untuk melakukan penelitian pun akan selalu harus dilakukannya sesibuk apapun ia mengurusi para mahasiswanya atau beberapa “proyek” yang tengah dilakukannya.

2. Selalu Belajar

Fakta Menarik Seputar Profesi Dosen Yang Dapat Anda Ketahui

Selalu belajar harus dilakukan oleh siapa saja yang berprofesi sebagai seorang pendidik. Disamping karena diharuskan menghadapi murid atau mahasiswa, para pendidik baik itu kalangan guru ataupun dosen diwajibkan untuk selalu berproses dan selalu belajar.

Karena dosen juga merupakan seorang ilmuwan, maka ia harus selalu memperbaharui ilmunya dan siap menghadapi perubahan zaman yang terus menerus berlari memperbaharui dirinya. Jika dosen tak belajar maka penelitian maupun metode mengajarnya pun akan ketinggalan dan membosankan.

 3. Pendidikan Tinggi

Fakta Menarik Seputar Profesi Dosen Yang Dapat Anda Ketahui

Untuk menjadi seorang dosen, memang minimal orang tersebut harus memiliki minimal gelar strata 2 atau magister di bidang yang tengah ditekuninya.

Bahkan untuk saat ini gelar strata dua atau megister pun tak bisa di ambil secara campur acak. Ia harus linier dengan gelar strata 1.

Misalkan saja untuk dosen psikologi sendiri ia harus berasal dari sarjana psikologi dan magister psikologi. Namun hingga saat ini masih banyak perguruan tinggi yang belum menerapkan hal tersebut dalam merekrut seorang dosen.

 4. Bisa Bahasa Inggris

Fakta Menarik Seputar Profesi Dosen Yang Dapat Anda Ketahui

Seorang dosen dianjurkan hingga mencapai level wajib untuk memiliki skor Toefel di atas 500 dan juga skor ELTS di atas 5.5. apabila ingin menjadi seorang dosen maka sebaiknya ia harus terlebih dahulu berlatih mulai dari sekarang dengan mengikuti tes TOEFL.

Kemampuan bahasa inggris yang bagus tentu akan mempermudah para dosen untuk memperbaharui ilmunya dari jurnal-jurnal penelitian internasional. Apabila kemampuan bahasa inggrisnya lemah, tentu akan sangat kesulitan jika harus membaca penelitian terbaru dari jurnal internasional.

Untuk di Indonesia sendiri kemampuan berbahasa inggris yang baik dari para dosen juga sangat menunjang apabila ia ingin menerbitkan jurnal yang berstandar internasional. Membanggakan sekali bukan apabila para dosen psikologi di Indonesia khususnya dan jurusan lain pada umumnya apabila hasil penelitiannya nampang di jurnal terakreditasi internasional.

Keren nih jika sebagian besar dosen psikologi di Indonesia hasil penelitiannya berhasil menghiasi jurnal APA (American Pschological Association)

 5. Masa Kerja

Fakta Menarik Seputar Profesi Dosen Yang Dapat Anda Ketahui

Profesi pendidik memiliki batas masa kerjanya tersendiri. Terlebih apabila ia berstatus pegawai negeri sipil, maka batas ia menjadi pendidik adalah 65 tahun bagi dosen dan yang paling lama adalah 70 tahun untuk mereka yang menyandang sebagai professor.

Berapapun batas umur semoga tak membatasi para dosen untuk selalu berkarya dan membagikan ilmu yang di milikinya ya. Masa kerja ini merupakan salah satu fakta menarik seputar dosen yang memang hampir sama dengan para pendidik pada umumnya

6. Dapat Beasiswa

Fakta Menarik Seputar Profesi Dosen Yang Dapat Anda Ketahui

Salah satu hal yang sangat menggembirakan bagi seorang dosen adalah kesempatan beasiswa yang sangat besar dari pemerintah. Kemudahan tersebut, ditunjang oleh anggaran pendidikan yang juga kian meningkat di Indonesia.

Selain beasiswa pelatihan-pelatihan yang di lakukan oleh dosen di dalam ataupun luar negeri tak sedikit yang di fasilitasi oleh anggaran Negara.

Namun memang, fasilitas beasiswa yang di janjikan oleh pemerintah saat ini terkadang masih banyak yang suka telat di dapatkan, sehingga para dosen yang gajinya sudah mepet ditambah tanggungan keluarga yang begitu tinggi, harus rela dianggarkan sementara untuk membayar biaya pendidikan lanjutan.

 7. Tenaga Profesional

Fakta Menarik Seputar Profesi Dosen Yang Dapat Anda Ketahui

Mayoritas para dosen merupakan seorang tenaga professional di bidangnya masing-masing. Contohya saja ada yang nyambi sebagai seniman, pakar IT, Politikus, dan lain sebagainya.

Terlebih dosen yang nyambi menjadi para politikus atau konsultann politikus pun sangat banyak. Kita bisa melihat anggota DPR pusat hingga daerah yang sebelum nyambi menjadi politikus berprofesi sebagai seorang dosen. Kita masih ingat seorang dosen yang telah tenar di dalam dunia politik macam Prof. Amin Rais, Prof. Hamid Awaludin, Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, Dr. Bima Arya, Hingga Prof. Yusril Ihza Mahendra.

 8. Jurnal Ilmiah

Fakta Menarik Seputar Profesi Dosen Yang Dapat Anda Ketahui

Tiap Dosen tentu memiliki satu buah artikel yang biasanya di muat di beberapa jurnal Ilmiah, baik itu nasional maupun internasional. Atau minimal jurnal lokalan Universitas tempat ia bertugas. Karena jurnal tersebut merupakan salah satu indicator dosen telah melakukan penelitian.

9. Tidak Hanya Mengajar

Fakta Menarik Seputar Profesi Dosen Yang Dapat Anda Ketahui

Seorang dosen tak hanya diharuskan mengajar saja, namun ia memiliki beban tanggungan untuk menyebarluaskan dan menerapkan keilmuannya atau penelitiannya di tengah masyarakat. Karena hal tersebut telah di atur dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

10. Seorang Pakar

Fakta Menarik Seputar Profesi Dosen Yang Dapat Anda Ketahui

Menjadi seorang dosen pun memiliki keuntungan tersendiri. Ia akan selalu berpotensi untuk di undang menjadi seorang pembicara dalam acara-acara formal maupun informal sebagai seorang pakar.

Menjadi pembicara televisi pun tak kalah surut terlebih para dosen Psikologi yang memang tengah naik daun. Di media lokalan atau nasional para dosen psikolgi ini kerap menjadi narasumber untuk mengomentari kondisi kejiwaan seseorang. Entah itu membicarakan artis, fenomena yang lagi ngehits, atau menjadi pakar di dunia politik.

Itulah beberapa fakta menarik seuputar profesi dosen yang dapat anda ketahui, apakah anda tertarik menjadi dosen? jika ia, tunggu apa lagi bagi kalian yang ingin menjadi seorang dosen yuk mari mulai dari sekarang di persiapkan segala sesuatunya dengan baik. By: Muhamad Fadhol Tamimy